www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Security PT SLS Juara 3 Lomba PBB se-Pelalawan Sempena HUT ke-43 Satpam
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Mappilu-PWI Riau Audiensi ke KPU Riau, Ini yang Dibahas
Jumat, 24 November 2023 - 18:22:13 WIB

PEKANBARU - Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau melakukan audiensi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau. Banyak hal yang dibahas terkait optimisme pelaksanaan pemilu.

Ketua Mappilu PWI Riau, Muhammad Amin dan jajaran diterima Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad Yasir bersama jajaran, Jumat (24/11/2023) di Lantai 2 KPU Riau, bertepatan dengan tinggal 81 hari lagi pencoblosan.

Ketua Mappilu PWI Riau, Muhammad Amin mengutarakan, maksud kedatangan ke KPU Riau ingin menjalin sinergitas, terutama terkait penerapan fungsi pers sebagai kontrol sosial.

Saat ini, selain berkecimpung di bidang pers, PWI juga memiliki organisasi di bawahnya bernama Mappilu-PWI, yang anggotanya sejumlah wartawan.

Menanggapi itu, Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad Yasir menyambut baik kedatangan Mappilu PWI Riau, meski sejak sebulan lalu, namun karena kesibukan KPU Riau, baru sempat dilaksanakan pertemuan kali ini.

Ilham mengutarakan, beberapa hal yang perlu dicermati bersama, termasuk bagi Mappilu-PWI Riau, terutama Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Riau, dengan total pemilih 4.732.174.

Dari DPT itu katanya, akan ada pemilih tambahan sesuai ketentuan yang ada, bisa saja masyarakat belum mengetahui secara pasti aturan yang ditetapkan, sehingga nanti bisa menimbulkan kesalahpahaman di tengah masyarakat.

Juga ada pemilih yang pas tanggal 14 Februari 2024 nanti genap berumur 17 tahun, dan dinyatakan sudah bisa memilih, namun belum memiliki KTP elektronik.

Karena Mappilu-PWI Riau anggotanya wartawan, diminta bersama untuk menyosialisasikannya.

"Dari DPT itu, kita sudah lebihkan surat suara 2 persen," kata Ilham.

Kekurangpahaman masyarakat yang berpotensi itu katanya untuk Daftar Pemilih Khusus (DPK), di mana untuk DPK ini, akan dilayani sesuai ketentuan, sepanjang ketersediaan surat suara ada.

Kalau sudah habis dan telah diupayakan meminjam ke TPS terdekat juga tidak ada, maka tidak bisa memilih.

Tetapi kalau satu saja surat suara kurang untuk yang sudah ada dalam DPT belum bisa mencoblos, maka sesuai ketentuan akan dilakukan Pemilihan Suara Ulang (PSU).

Ditambahkan Komisioner KPU Riau, Joni Suhaidi, Divisi Teknis Penyelenggaraan, untuk DPK, jika dia pindah memilih, maka tidak mendapatkan seluruh surat suara.

Di antaranya, jika dari Dapil Riau 1 pindah memilih ke Dapil Riau 2, maka dia hanya dapat surat suara untuk Pemilihan Presiden dan DPD saja. Sedangkan untuk surat suara DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota tidak dapat.

Dalam pada itu, Ketua Mappilu PWI Riau, Muhammad Amin didampingi Sekretaris Adi Jondri, pengurus lain, Afrizal, Martalena, Noprio Sandi dan Kornel Panggabean.

Sedangkan Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad Yasir didampingi Komisioner Joni Suhaidi, Divisi Teknis Penyelenggaraan, Ketua KPU Kuansing Irwan Yuhendi, Ketua KPU Rohul Elfendri serta sejumlah pejabat KPU lain.(rilis)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Security PT SLS Juara 3 Lomba PBB HUT ke-43 Satpam.(foto: andi/halloriau.com)Security PT SLS Juara 3 Lomba PBB se-Pelalawan Sempena HUT ke-43 Satpam
Mendagri Tito Karnavian melantik Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto di Gedung Kemendagri, Jakarta (foto/Mg1)Resmi Jabat Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto Siap Emban Amanah dan Berikan Contoh Baik
Karhutla.(ilustrasi/int)BPBD Pekanbaru Ingatkan Masyarakat Bahaya Karhutla
Bupati Pelalawan H Zukri bersama Apindo berdiskusi mengenai upaya pencegahan stunting (foto/Andy)Diskusi Penanganan Stunting, Bupati Pelalawan Ajak Apindo Bersinergi
Telkomsel dan ZTE menandatangani sebuah Strategic Partnership Agreement di Mobile World Conference 2024 Barcelona, Selasa (27/2/2024). Foto IstTelkomsel dan ZTE Perkuat Kolaborasi Strategis di MWC 2024 Barcelona
  Baznas Provinsi Riau borong 3 kategori penghargaan di Baznas Award 2024 (foto/Mg1)Baznas Riau Borong 3 Penghargaan di Baznas Award 2024
BBPOM Pekanbaru sita 4.007 pcs produk kosmetik ilegal yang mengandung bahan berbahaya dan kedaluwarsa (foto/Mg2)BPOM Pekanbaru Sita 4.007 Kosmetik Ilegal Berbahaya Senilai Rp 128 Juta
Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Muhammad Sabarudi soroti anggaran Pemko yang terbatas (foto/int)Dewan Soroti Anggaran Penanganan Jalan Rusak dan Banjir Pekanbaru Selalu Defisit
ICDX Group Journalist Class untuk edukasi masyarakat (foto/ist)ICDX Gandeng Media Massa Edukasi ke Masyarakat Soal Perdagangan Berjangka Komoditi
Mendagri Tito Karnavian melantik Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto (foto/ist)Mendagri Ingatkan Kinerja Pj Gubernur Riau SF Hariyanto Dievaluasi Tiap 3 Bulan
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
SF Hariyanto Resmi Jabat Pj Gubernur Riau
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved