www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Security PT SLS Juara 3 Lomba PBB se-Pelalawan Sempena HUT ke-43 Satpam
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Pengamat: Dr Afni Si 'Kuda Hitam' Pileg Riau dari Nasdem
Senin, 30 Januari 2023 - 21:43:51 WIB

PEKANBARU - Jelang Pemilu 2024 mulai bermunculan bakal calon legislatif (Bacaleg) dari berbagai Partai Politik (Parpol). Salah satu figur yang mulai mengemuka diantaranya Dr Afni Z MSi dari daerah pemilihan (Dapil) Siak-Pelalawan.

Ia menjadi perbincangan dan menghiasi polling pertarungan Calon Legislatif (Caleg) Provinsi Riau 2024 mendatang. Meski baru pertama kali terjun ke politik, sebenarnya nama Bacaleg Partai Nasdem ini tidak asing bagi kalangan pemerintah, insan jurnalis, dan akademisi di Riau.

"Saya kira dengan semua pengalaman dan koneksi yang dimilikinya, juga bukti-bukti karya dan kerjanya selama ini, nama Dr afni layak diperhitungkan sebagai 'kuda hitam' di Pileg riau 2024," kata Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Muhammadiyah Riau (Umri), Dr Aidil Haris MSi, Senin (30/1/2023).

Aidil Haris menuturkan, ada berbagai hal pendukung yang menjadi kelebihan Afni jika ikut bertarung memperebutkan kursi legislatif Riau. Pertama, usianya yang masih sangat muda, sudah berpendidikan Doktor dan menambah kiprah politisi perempuan yang masih jarang muncul di Riau.

Afni juga bukan berasal dari 'darah biru' politisi dinasti ataupun pengusaha. Ia cuma anak muda asal Siak yang berasal dari kalangan keluarga biasa, sehingga mudah dikomunikasikan sebagai politisi dari rakyat untuk rakyat.

"Afni juga mampu berkiprah di nasional dan terbukti berbuat untuk kepentingan masyarakat lokal. Bahkan pak gubernur di medsos beliau pun pernah khusus memposting soal kiprah afni untuk riau," ungkap Aidil.

"Dia bisa berkomunikasi baik dengan rakyat biasa sampai pejabat negara. Saya kira ini jadi kelebihan yang tidak semua Bacaleg miliki," sambungnya.

Afni menjadi Tenaga Ahli Menteri di usia 30 tahun, salah satu Tenaga Ahli termuda yang pernah ada di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Alih-alih duduk manis di kantor Jakarta, mantan Pemimpin Redaksi (Pemred) di Jawa Pos National Network (JPNN) TV ini lebih memilih sering berada di Riau, mengunjungi, mendengar, dan aktif menyelesaikan persoalan rakyat.

Ia turun langsung ke kampung-kampung, melakukan pendampingan dan menjembatani berbagai kepentingan masyarakat yang berkaitan dengan lingkup kerjanya di KLHK.

Berbagai program Nasional telah dibawanya sampai ke tingkat tapak, seperti Rehabilitasi Hutan dan Lahan, Kebun Bibit Desa, Kebun Bibit Rakyat, Program Mangrove dan Program Kampung Iklim (Proklim).

Afni juga ikut terlibat langsung mengawal kebijakan 'Kerja Bareng Jemput Bola' (Jareng Jebol) yang digagas Menteri LHK, Siti Nurbaya untuk distribusi Perhutanan Sosial dan Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA).

Perjuangan hak masyarakat adat untuk dapat segera masuk dalam peta indikatif Wilayah Hutan Adat atau Wilha, juga menjadi salah satu konsentrasinya.

Selain itu sosoknya juga tercatat sebagai Dosen Fakultas Ilmu Administrasi di Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru. Aktif menjadi pembicara dalam berbagai forum seminar Nasional, mengeluarkan berbagai artikel ilmiah hasil riset tentang kebijakan lingkungan, serta menjadi delegasi Indonesia mengikuti Konferensi PBB tentang Perubahan Iklim di Glasgow, Skotlandia pada tahun 2020 dan Sharm El Sheik, Mesir pada tahun 2021.

Sebagai seorang jurnalis, Afni juga dikenal sebagai penulis berita investigasi. Tak hanya di lingkup lokal dan Nasional, ia sudah mengunjungi banyak Negara untuk melakukan tugas jurnalistik.

Menjadi satu-satunya wartawan Indonesia yang berhasil mengunjungi Kamboja untuk menulis tentang skandal judi online internasional yang melibatkan anak-anak Indonesia.

Mantan Pemred Pekanbaru Pos ini juga pernah secara khusus diundang Pemerintah Arab Saudi untuk peliputan kerjasama kedua negara. Menjuarai lomba karya jurnalistik, dan menjadi lulusan terbaik uji kompetensi wartawan (UKW) dari Lembaga Pers Dr Sutomo, Jakarta.

Selain aktif di dunia pemerintahan dan akademik, Afni juga menjadi penggagas 'Generasi Penggerak' yang menjadi wadah anak-anak muda melakukan kegiatan sosial.

"Saya meyakini satu kebaikan akan bisa menginspirasi kebaikan lainnya," kata alumni Pondok Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru ini suatu ketika.(rilis)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Security PT SLS Juara 3 Lomba PBB HUT ke-43 Satpam.(foto: andi/halloriau.com)Security PT SLS Juara 3 Lomba PBB se-Pelalawan Sempena HUT ke-43 Satpam
Mendagri Tito Karnavian melantik Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto di Gedung Kemendagri, Jakarta (foto/Mg1)Resmi Jabat Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto Siap Emban Amanah dan Berikan Contoh Baik
Karhutla.(ilustrasi/int)BPBD Pekanbaru Ingatkan Masyarakat Bahaya Karhutla
Bupati Pelalawan H Zukri bersama Apindo berdiskusi mengenai upaya pencegahan stunting (foto/Andy)Diskusi Penanganan Stunting, Bupati Pelalawan Ajak Apindo Bersinergi
Telkomsel dan ZTE menandatangani sebuah Strategic Partnership Agreement di Mobile World Conference 2024 Barcelona, Selasa (27/2/2024). Foto IstTelkomsel dan ZTE Perkuat Kolaborasi Strategis di MWC 2024 Barcelona
  Baznas Provinsi Riau borong 3 kategori penghargaan di Baznas Award 2024 (foto/Mg1)Baznas Riau Borong 3 Penghargaan di Baznas Award 2024
BBPOM Pekanbaru sita 4.007 pcs produk kosmetik ilegal yang mengandung bahan berbahaya dan kedaluwarsa (foto/Mg2)BPOM Pekanbaru Sita 4.007 Kosmetik Ilegal Berbahaya Senilai Rp 128 Juta
Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Muhammad Sabarudi soroti anggaran Pemko yang terbatas (foto/int)Dewan Soroti Anggaran Penanganan Jalan Rusak dan Banjir Pekanbaru Selalu Defisit
ICDX Group Journalist Class untuk edukasi masyarakat (foto/ist)ICDX Gandeng Media Massa Edukasi ke Masyarakat Soal Perdagangan Berjangka Komoditi
Mendagri Tito Karnavian melantik Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto (foto/ist)Mendagri Ingatkan Kinerja Pj Gubernur Riau SF Hariyanto Dievaluasi Tiap 3 Bulan
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
SF Hariyanto Resmi Jabat Pj Gubernur Riau
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved