www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Harimau Sumatera Teror Warga Siak, BBKSDA Riau Beri Imbauan Penting
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Muncul Isu Perubahan Dapil DPRD Riau, Ini Kata KPU
Kamis, 12 Januari 2023 - 15:30:52 WIB

PEKANBARU - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, Ilham Muhammad Yasir merespons kabar wacana perubahan daerah pemilihan (Dapil) DPRD Riau pada Pemilu 2024.

"KPU Provinsi Riau belum melakukan uji publik karena tetap harus menunggu perintah dari KPU RI," kata Ilham, Kamis (12/1/2023).

Dia menyebut pihaknya hanya audiensi biasa dengan pimpinan DPRD Riau terkait dukungan pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 yang sedang dijalankan KPU Riau. 

Terkait tindak lanjut putusan MK No.8/2022 terkait penataan Dapil di DPRD Provinsi, menurutnya akan ada forum resmi yang disebut uji publik.

"Namun jika dibuat simulasi bisa dilakukan dengan beberapa opsi yang tentunya harus mengacu kepada prinsip-prinsip penyusunan dapil sebagaimana pasal 185 UU tentang Pemilu," demikian diungkapkan Ilham menjawab beberapa pertanyaan terkait munculnya polemik seolah-olah KPU Provinsi sudah menetapkan Dapil DPRD Provinsi.

Misalnya, lanjut Ilham, di pemberitaan ada menyebutkan, akan ada penggabungan Dapil Pelalawan-Kampar dan Siak-Meranti.

"Penetapan Dapil barus melalui mekanisme uji publik baik itu Dapil DPRD kab/kota maupun Dapil DPRD Prov. Selanjutnya kewenangan menetapkan ada di KPU RI. KPU Ri juga melalui proses pembahasan bersama DPR RI dan juga Pemerintah," kata Ilham.

Ilham menegaskan sejauh ini belum ada perintah tahapan ke arah sana. Dengan demikian pihaknya belum bisa melakukan uji publik.

"Jika pun ada opsi-opsi itu sebatas diskusi karena para pimpinan DPRD Prov tadi meminta penjelasan KPU Prov, seandainya nantinya dilakukan tahapan uji publik,"ujar Ilham. 

Sejumlah wacana yang muncul dalam penyusunan Dapil baru untuk DPRD Riau, berdasarkan informasi dari sejumlah anggota DPRD Riau, terdapat beberapa perubahan dapil.

Pertama, memisahkan Siak dengan Pelalawan yang selama ini satu dapil, Siak bergabung dengan Kepulauan Meranti, sedangkan Pelalawan gabung dengan Kampar.

Selanjutnya menggabungkan kembali Kabupaten Rokan Hulu dengan Kabupaten Rokan Hilir yang sempat dipisah. Kemudian menyisakan Kabupaten Bengkalis dan Dumai, sebelumnya masuk di dalamnya Kabupaten Kepulauan Meranti.

Penulis: Rico Mardianto
Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Harimau Sumatera.(ilustrasi/int)Harimau Sumatera Teror Warga Siak, BBKSDA Riau Beri Imbauan Penting
Jalan Mustika Pekanbaru.(foto: int)Jalan Mustika Pekanbaru Segera Berlaku Satu Arah, Ini Skemanya
Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun.(foto: int)Tak Sekedar Ganti Nama Jadi PSPS Pekanbaru, Muflihun: Manajemen Usulan Ganti Logo
Suzuki Jimny 5-Door di event IIMS 2024.(foto: istimewa)Antusiasme Tinggi Pengunjung IIMS 2024 Terpikat Jimny 5-Door dan Unit Hybrid Suzuki
Pusat Kuliner Kelapa Gading ditutup Pemkab Inhil.(foto: mcr)Banyak Warung Remang-remang, Pemkab Inhil Tutup Pusat Kuliner Kelapa Gading
  Polda Riau sebar foto dan identitas buronan pemilik 640 butir pil ekstasi.(foto: tribunpekanbaru.com)Sebar Foto dan Identitas, Polda Riau Buru Pemilik 640 Ekstasi di Pekanbaru
Jalan rusak di Pekanbaru diserahkan ke Pemprov Riau.(ilustrasi/int)Pemko Targetkan Serah Terima 36 Ruas Jalan di Pekanbaru ke Pemprov Rampung Maret 2024
Rider Gresini Ducati, Marc Marquez.(foto: int)Ini 3 Rider yang Masih Sulit Dikejar Marquez di MotoGP 2024
Pabrik Suzuki di Cikarang.(foto: int)Suzuki Siap Produksi Model Baru di Indonesia, Jimny 5 Pintu Masuk Daftar?
Event HSMS 2024 di Living World Pekanbaru dari Capella Honda Riau.(foto: mg1/halloriau.com)Jangan Lewatkan Ragam Promo Capella Honda Riau di HSMS 2024 Living World Pekanbaru
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Banjir di Pekanbaru, Pemilik Kendaraan Dorong Mobil di Jalan Jembatan Siak 4
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved