www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Hadiri Perayaan Natal, Samuel Marpaung Ajak BKAG Riau Bangun Kolaborasi
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Antisipasi Bencana Alam, Jhony Charles Tekankan Penting Lakukan Langkah Ini
Jumat, 25 November 2022 - 09:46:44 WIB
Sekjen DPW Partai NasDem Provinsi Riau, Jhony Charles (foto/int)
Sekjen DPW Partai NasDem Provinsi Riau, Jhony Charles (foto/int)

PEKANBARU - Sekjen DPW Partai NasDem Provinsi Riau, Jhony Charles, menilai pentingnya pada saat ini, dilakukan persiapan yang matang dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana alam.

Hal itu mengingat kondisi alam yang saat ini kerap berubah secara drastis. Khususnya dalam mengantisipasi banjir, mengingat hujan sudah kerap turun. Bahkan di beberapa daerah, banjir sudah terjadi, meski masih dalam skala kecil.

"Mau tak mau, kita harus siap menghadapi segala kemungkinan. Bencana alam memang tidak kita harapkan, tapi bila terjadi, kita semua harus tanggap," ujarnya, Selasa (22/11/2022).

Lebih lanjut, Jhony menyorot beberapa daerah di luar Riau, yang kini mulai tertimpa musibah bencana alam, khususnya banjir. Karena itu, ia mengapresiasi langkah yang dilakukan Forkopimda Riau, yang melaksanakan apel siaga bencana alam. "Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah daerah kita tanggap dan sudah siap menghadapi segala kemungkinan yang mungkin terjadi," tambahnya.

Ia menyarankan, untuk saat ini ada beberapa langkah yang bisa ditempuh pemerintah, dalam rangka mitigasi terhadap bencana alam tersebut.

Di antaranya dengan meninjau kembali peta wilayah yang rawan terjadi bencana alam di Riau. Baik secara geologis, klimatologis dan biologis.

Selain itu, ada baiknya dilakukan penyuluhan atau mitigasi bencana kepada masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah rawan. Dengan rencana dan antipasi yang maksimal, diharapkan hasilnya juga serupa.

Sedangkan untuk mengurangi resiko bencana alam, bisa dilakukan beberapa langkah teknis, seperti pengenalan dan pemantauan resiko bencana, menyusun rencana partisipatif penanggulangan bebcana, hingga pengembangan budaya sadar bencana.

"Saya yakin dan percaya petugas di lapangan juga sudah mulai siaga. Ditambah pengalaman selama ini, kita harapkan penanganan bencana alam akan lebih baik lagi dibanding tahun sebelumnya," ujarnya lagi.

Perhatian Partai

Bagi Partai NasDem, bencana alam juga mendapat perhatian serius. Hal itu pula yang mendasari dibentuknya Badan Rescue Partai NasDem.

Sejauh ini, Badan Rescue Partai NasDem sendiri telah menunjukkan kiprahnya di tengah masyarakat. Tidak hanya di Riau, namun juga di daerah lain.

Para personel di badan ini, selalu sedia jika ada pihak atau masyarakat yang membutuhkan pertolongan. Khususnya terkait bencana alam. Untuk memaksimalkan kemampuan dan peran anggota tim rescue di lapangan, Partai NasDem juga berupaya memberikan pelatihan secara rutin.

"Bencana alam kan tidak bisa diperkirakan secara pasti kapan akan terjadi. Karena itu, personel rescue Partai Nasdem kita ingatkan untuk selalu siaga. Sehingga bila ada masyarakat yang butuh pertolongan, kita selalu sedia," terangnya.

Sebelumnya, Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal mengatakan, sekitar 4.000 personel gabungan dari TNI/Polri dan instansi terkait lainnya, disiagakan untuk mengantisipasi bencana alam di Riau.

Menurut Iqbal, tindakan pencegahan juga amat penting untuk menghadapi bencana. Seperti lingkungan yang bersih dari sampah sehingga dapat meminimalisir potensi banjir, longsor dan lainnya.

"Setelah apel ini, seluruh kabupaten dan kota harus ada kesiapsiagaan. Kalau hal buruk terjadi sudah tahu apa yang harus dilakukan, kapan harus dilakukan, rumah sakit rujukan dan siapa yang bertanggungjawab," tegas Kapolda Riau. (rilis)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ketua Umum DPP GM BKAG, Samuel MarpaungHadiri Perayaan Natal, Samuel Marpaung Ajak BKAG Riau Bangun Kolaborasi
Ilustrasi.(int)Semalaman Diguyur Hujan, Pagi ini Hotspot di Riau Nihil
Ruas jalan dalam Kota Pekanbaru rute TDSi 2022 ditutup sementara besok.(foto: bayu/halloriau.com)Besok City Race Pekanbaru, Mulai Jam 9 Rute Etape III TDSi 2022 Ditutup Sementara
Peserta TDSi Etape II melintas di Jalan Hangtuah Ujung Pekanbaru.(foto: mcr)Warga Tenayan Raya Antusias Sambut Peserta TDSi 2022 di Etape II
Pemain Timnas Argentina, Lionel Messi.(foto: int)Argentina Bakal Menang Meyakinkan Hadapi Australia Dini Hari Nanti
  Ilustrasi.(int)Gemini Harus Lebih Tenang, Pisces Tegas Jangan Mau Dimanfaatkan
Ilustrasi.(int)Cuaca Pekanbaru Hari ini Cerah, Pebalap Bakal Nyaman Gowes Etape III TDSi 2022
Ilustrasi.(int)CFD Pekanbaru Tetap Digelar Sampai Jam 9, Ini Rute TDSi 2022 Etape III
Gubernur Riau, Syamsuar.(foto: mcr)Hari Bhakti ke-77 PU, Gubri: Peresmian SPAM Durolis Tunggu Menteri PUPR
Telkomsel melakukan pengembangan dan perubahan layanan MyAds yang meliputi tampilan website, article page, offdeck display banner, report & insight campaign, dan diskon khusus komunitas.(foto: istimewa)Telkomsel MyAds Hadirkan Ragam Fitur Baru untuk Pengalaman Terbaik Beriklan Digital
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
JNE Pekanbaru bersilaturahmi ke kantor Halloriau.com
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved