www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Ada 7.297 Kuota, Gubri Ingin Guru Honorer di Riau Manfaatkan Peluang PPPK
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Bawaslu Pekanbaru Wanti-wanti Penyebaran Hoaks dan SARA Jelang Pemilu 2024
Selasa, 22 November 2022 - 20:32:01 WIB
Ketua Bawaslu Pekanbaru, Indra Khalid Nasution.(foto: rico/halloriau.com)
Ketua Bawaslu Pekanbaru, Indra Khalid Nasution.(foto: rico/halloriau.com)

PEKANBARU - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pekanbaru, Indra Khalid Nasution mewanti-wanti penyebaran kabar bohong alias hoaks dan provokasi berbau SARA pada Pemilu 2024.

Menurutnya, ancaman terhadap integritas Pemilu di Pekanbaru tidak banyak berbeda dengan ancaman secara nasional. Dia menyebut masyarakat mulai terpolarisasi akibat maraknya hoaks.

"Berita hoaks memanaskan suasana pesta demokrasi ini tetap ancaman terbesar. Juga isu-isu politisasi perbedaan SARA bagaikan bola panas yang terus bergulir. Ini tanggungjawab kita bersama untuk menghentikannya," kata Indra, Selasa (22/11/2022).

Oleh sebab itu, dia meminta penyelenggara pemilu menjaga netralitas dan independensi. Dan tak kalah penting memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat untuk menangkal berita hoaks.

Selain itu, partai politik juga harus tahu batasan yang boleh dan tidak boleh mereka lakukan dalam kontestasi perebutan suara rakyat.

"Jangan sampai ada niat meraih kekuasaan dengan mengorbankan persatuan dan kesatuan bangsa. Itu tidak boleh terjadi," tegas Indra.

Menurutnya kebebasan dalam demokrasi mesti dibarengi dengan aturan-aturan sebagai batasan.

"Itu yang harus dipahami penyelenggara, peserta maupun pemilih agar tujuan dan cita-cita demokrasi tercapai substansinya" ujar dia.

Dia juga menekankan kepada pengawas untuk mempelajari pengetahuan kepemiluan agar dapat mencegah sedini mungkin potensi-potensi pelanggaran.

"Harus melek setiap informasi yang beredar di masyarakat. Jaga loyalitas terhadap peraturan dan pimpinan agar kekuatan kelembagaan terjaga dan dapat ditularkan ke masyarakat," sebutnya.

Indra berkata, Bawaslu sendiri selain menghadapi semakin padatnya kegiatan tahapan pemilu juga semakin meningkatkan intensitas kerja dan pengawasannya.

"Mulai dari penguatan kelembagaan dengan sudah direkrutnya pengawas adhoc tingkat kecamatan yang nanti akan disusul oleh pengawas adhoc tingkat di bawahnya," pungkasnya.

Penulis: Rico Mardianto
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi.(int)Ada 7.297 Kuota, Gubri Ingin Guru Honorer di Riau Manfaatkan Peluang PPPK
Seorang Polantas di lokasi kejadian kecelakaan maut Bus PMH vs motor di Simpang Pasar Pagi Arengka, Pekanbaru.(foto: bayu/halloriau.com)Bus PMH vs Motor di Simpang Pasar Pagi Arengka Pekanbaru, Satu Orang Tewas
Dirjen Industri Agro Kemenperin, Putu Juli Ardika menyerahkan penghargaan kepada Head of Government Relations APRIL, Henky Setiawan Budyanto.(foto: istimewa)Terapkan Prinsip Industri Hijau, APRIL Kembali Terima Penghargaan dari Kemenperin
Kegiatan Goes to Campus Yayasan Rizki Bakti Negeri di Kampus UIN Suska Riau.(foto: diana/halloriau.com)Edukasi Ekonomi dan Kesehatan, Yayasan Rizki Bakti Negeri Goes to Campus di UIN Suska Riau
Ilustrasi.(int)Sore ini 23 Titik Panas Terdeteksi di Sumatera, 7 di Riau
  Ilustrasi.(int)Dapat Dana Hibah dari AS, Riau Bakal Bangun Jalan dan Dermaga Baru di Pulau Rupat
Dekan FEB UIR Dr Hj Eva Sundari SE MM CRBC, Wakil Direktur I Pascasarjana UIR Dr H Efendi Ibnususilo SH MH dan Wakil Dekan III FEB UIR Dr H Zulhelmy SE MSi AK CA ACPA saat menerima SK Mendikbudristekdikti untuk Prodi Magister Akuntansi.(foto: istimewa)Direstui Mendikbud, UIR Resmi Memiliki Prodi Magister Akuntansi
SVP-Head of Region Sumatera IOH, Fahd Yudhanegoro (kiri) dalam Collabonation Tour Medan.(foto: istimewa)Collabonation Tour Medan Hadirkan Isyana Sarasvati, Kunto Aji, dan Tuan TigaBelas
Ilustrasi.(int)Gajah Liar di Tol Pekanbaru-Dumai Bakal Dipasangi Kalung GPS dari Afrika
DLHK Riau berikan Jasa Prestasi untuk Sekolah Adiwiyata di Riau Expo 2022.(foto: mcr)DLHK Riau Kucurkan Rp92 Juta untuk 23 Sekolah Adiwiyata
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
JNE Pekanbaru bersilaturahmi ke kantor Halloriau.com
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved