www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Diskes Riau Imbau Kabupaten/Kota Ajukan Proposal Pembangunan RSUD ke Pusat
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Politik Uang Jadi Tantangan Bawaslu Riau di Pemilu 2024
Senin, 21 November 2022 - 20:53:55 WIB
Mantan Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan (baju putih) jadi pembicara diskusi Bawaslu Riau.(foto: rico/halloriau.com)
Mantan Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan (baju putih) jadi pembicara diskusi Bawaslu Riau.(foto: rico/halloriau.com)

PEKANBARU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau menekankan upaya pencegahan pelanggaran terutama berupa money politic alias politik uang pada Pemilu 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal mengatakan, pihaknya melakukan sosialisasi secara masif untuk membangun kesadaran publik terhadap pentingnya partisipasi dalam mengawasi penyelengaraan pemilu.

"Oleh karena itu, kami mengadakan diskusi mengundang kawan-kawan dari media, OKP, LSM dan mahasiswa. Kami hadirkan narasumber yang kompeten di bidang pemilu," kata Alnof, Senin (21/11/2022).

Menurut Alnof, kegiatan bincang-bincang dengan kelompok strategis tersebut diharapkan jadi media sosialisasi ke masyarakat luas. Sebab, Bawaslu Riau memiliki keterbatasan SDM, kesempatan dan waktu.

Pada kesempatan itu, Mantan Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan mengatakan, masalah politik uang menjadi tantangan dalam penyelenggaraan pemilu. Sebab, masyarakat berpersepsi politik uang merupakan hal biasa.

"Parahnya, anggapan itu juga dijustifikasi kalangan mahasiswa dengan dalih cuman lima tahun sekali. Ini bahaya besar bagi penyelanggaraan pemilu," kata Rusidi Rusdan.

Oleh karena itu, menurutnya Bawaslu perlu berupaya memberdayakan kelompok masyarakat dalam mengatasi politik uang agar tidak hanya bergantung pada anggaran.

"Perlu sosialisasi secara masif, pada masa saya, kami mendapuk ustaz abdul somad (UAS) sebagai duta anti money politic, tiap desa kami pasang dua baliho UAS dekat masjid," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, Bawaslu Riau melakukan MoU dengan sejumlah perguruan tinggi dan ormas seperti Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama dalam menyosialisasikan pencegahan politik uang.

"Tapi kesadaran masyarkat masih rendah tentang bahaya politik uang. Maka Bawaslu harus masif dan melakukan sosialisasi berkelanjutan," sebutnya.

Sementara itu, mantan Ketua KPU Riau, Nurhamin menyoroti masalah sengketa pemilu. Diantaranya yang marak terjadi konflik calon kepala daerah, calon legislatif dan partai politik.

"Ranah peradilan dan penyelesaian masalah kepemiluan itu ada di Bawaslu. Jadi ada dua point penting di Bawaslu, yaitu jujur dan adil," tegasnya.

Dia mendorong kelompok sipil dan wartawan membantu Bawaslu mengawasi pemilu. Keikutsertaan berbagai pihak untuk membantu fungsi pengawasan Bawaslu akan lebih baik dalam melaksanakan slogan pemilu jujur dan adil.

Kegiatan itu juga menghadirkan pembicara lainnya yakni mantan anggota Bawaslu Riau Gema Wahyu Adinata dan Neil Antariksa.

Penulis: Rico Mardianto
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
RSUD Bangkinang, Kabupaten Kampar.(foto: int)Diskes Riau Imbau Kabupaten/Kota Ajukan Proposal Pembangunan RSUD ke Pusat
Kadiskes Riau, Zainal Arifin.(foto: int)Tahun ini Pemerintah Pusat Bangun RSUD Tipe C di Pulau Rupat Bengkalis
Puluhan jerigen berisi BBM subsidi jenis solar yang diamankan dari tangan AL dan AA ke Mapolsek Tambang.(foto: mcr)Kedapatan Suling Solar, 2 Pelaku Penyalahguna BBM Subsidi Diringkus Polsek Tambang
Kapolres Inhil saat ekspos kasus pengungkapan narkoba melibatkan seorang mahasiswa di Mapolres Inhil.(foto: antarariau.com)Pulang Kampung Bawa Ganja, Seorang Mahasiswa Asal Tembilahan Diciduk Polisi
Manajemen HK menyerahkan GPS Collar kepada BBKSDA Riau untuk memantau gajah Sumatera di sekitar Tol Permai.(foto: int)Awal Feburari 2023 HK dan BBKSDA Riau Pasang GPS Collar untuk Gajah Liar Sekitar Tol Permai
  Gubernur Riau, Syamsuar menyerahkan benih udang vaname untuk nelayan di Kota Dumai.(foto: antarariau.com)Beri 300 Ribu Benih Udang Vaname dari Pemprov Riau untuk Sejahterakan Nelayan Dumai
Harimau Sumatera.(int)BBKSDA Riau Masih Lakukan Mitigasi, Petani di Siak Kembali Temukan Jejak Harimau Sumatera
Bunga bangkai setinggi 3 meter di kawasan Hutan Lindung Bukit Tui Padang Panjang.(foto: detik.com)Warga Padang Panjang Heboh Ada Bunga Bangkai Raksasa di Bukit Tui
Gubernur Riau, Syamsuar saat meresmikan penegerian SMKN 1 Langgam.(foto: mcr)Resmi Dinegerikan, SMKN 1 Langgam Harap Bantuan Pemprov Riau untuk Prasarana
Sovia Septiana S Sos yang baru saja dilantik jadi Ketua DPD HWK Pekanbaru periode 2022-2027.(foto: int)Tekad Sovia Ciptakan Perempuan Tangguh Bekarya dan Punya Skill
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Bacalon DPD Riau, Ichwanul Ihsan Serahkan Syarat Dukungan Minima
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved