www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
TKA di Riau Beri Kontribusi Sumber PAD yang Signifikan
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Sejumlah Politisi Senior Riau Gabung PKB Jelang Pemilu 2024, Pengamat Sebut Begini
Jumat, 21 Oktober 2022 - 16:29:28 WIB

PEKANBARU - Sejumlah tokoh di Riau bergabung ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) jelang Pemilu 2024. Baru-baru ini mantan Ketua Demokrat Riau Asri Auzar dan mantan Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir berlabuh ke PKB untuk maju sebagai calon legislatif DPR RI.

Sebelumnya ada Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto sempat berlabuh ke PKB sebelum akhirnya ke Gerindra baru-baru ini. Ada juga dari Partai Gerindra Taufik Arrakhman yang kemudian dipercaya jadi Ketua DPC Pekanbaru.

Pengamat politik Universitas Riau (Unri) Saiman Pakpahan menilai ada dua alasan melatarbelakangi para politisi senior di Riau itu bergabung ke PKB bukan ke partai pemenang pemilu seperti Golkar dan PDIP.

"Pertama, mereka butuh Parpol baru untuk membangun kembali eksistensi mereka yang pernah menduduki jabatan penting setelah tak lagi memungkinan untuk berkiprah di partai lama," kata Saiman saat dihubungi, Jumat (21/10/2022).

"Menariknya, kenapa mereka tidak pilih Golkar atau PDIP yang merupakan pemenang Pemilu dan partai besar di Riau dan Indonesia? Karena partai besar seperti Golkar dan PDIP sudah dihuni tokoh-tokoh yang punya kaliber. Tentu ini akan 'mengganggu' ketika tokoh yang pernah aktif di partai lain masuk ke sana," terangnya.

Menurut dia, kehadiran tokoh berpengaruh di sebuah partai politik bisa menimbulkan persaingan di internal partai tersebut.

"Sehingga ada semacam pemahaman dari mereka untuk tidak masuk partai besar tadi dan justru memilih PKB," tuturnya.

Faktor kedua, Saiman melihat Ketua PKB Riau Abdul Wahid mempunyai komunikasi politik yang relatif bagus. Sehingga, dia bisa menangkap dengan baik pesan-pesan dan sinyal politik yang muncul untuk diinternalisasikan di partainya. 

"Kita lihat banyak tokoh yang dia tampung ada Irwan Nasir dan terakhir Asri Auzar. Mereka ini kan tokoh-tokoh besar di Riau yang aktif di politik," tuturnya.

Di samping itu, dia menduga PKB juga butuh sosok untuk mendongkrak perolehan suara pada pemilu akan datang. Asri Auzar dan Irwan Nasir dinilai punya basis massa di daerah asal masing-masing.

"Paling tidak pemilih fanatik mereka pasti akan ngikut. Seperti Asri Auzar di Rohil dengan basis politik identitas melayu Rohil dan Irwan Nasir bupati kepulauan meranti dua periode. Jadi minimal pada basis kantong-kantong mereka suara PKB bisa terangkat," katanya.

Di sisi lain, pengajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unri ini berpendapat faktor ideologi bukan alasan utama mereka memutusakan bergabung ke partai politik.

Padahal, menurut Saiman ideologi seharusnya menjadi hal mendasar dalam politik untuk mewujudkan tujuan partai politik.

"Namun, fakta di lapangan keputusan politik individual jarang berdasarkan ideologi tapi berdasarkan peluang mereka bisa masuk. Banyak riset mengatakan bahwa ideologi bukan faktor yang mempengaruhi seorang politikus lompat sana lompat sini," pungkasnya.

Penulis: Rico Mardianto
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Kepala Bapenda Riau, Eva Refita.(foto: mcr)TKA di Riau Beri Kontribusi Sumber PAD yang Signifikan
Enam Kepala OPD Pemprov Riau jalani uji kompetensi besok (foto/int)6 Kepala OPD Pemprov Riau Jalani Uji Kompetensi Besok, Rotasi Besar-besaran Menanti
Pembangunan Flyover Panam Pekanbaru masih tahap pembebasan lahan (foto/tribunpku)Butuh Rp57 M Lagi, Pemprov Riau Kebut Lunaskan Ganti Rugi Lahan Flyover Simpang Panam
Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso (foto/int)Travel Gelap Merajalela, Dishub Pekanbaru Minta Pengusaha Segera Lengkapi Izin Operasional
Ekspos kasus pembunuhan pacar di Rokan Hilir (foto/detik)Terbongkar, Pemuda di Rohil Perkosa Pacar Sebelum Dibunuh
  Ketua ASN PPPK 2022 Riau, Eko Wibowo mendesak kepastian jadwal seleksi (foto/ist)Honorer di Riau Risau, Minta Kepastian Jadwal Seleksi PPPK 2024
Petugas Bapenda Kepulauan Meranti saat melakukan pengecekan di salah satu penangkar sarang waletBapenda Kepulauan Meranti Klaim Realisasi PAD Capai Target, OPD Penghasil Retribusi Diharapkan Bersinergi
Ilustrasi Dinkes Pekanbaru launching PIN Polio besok (foto/int)Besok Dinkes Pekanbaru Gelar PIN Polio Serentak, Ini Lokasinya
Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Muhammad Sabarudi (foto/int)Ketua DPRD Pekanbaru Soroti Penemuan Narkoba di Razia THM
Wako Paisal dan Kapolres AKBP Dhovan Oktavianton beri kejutan ke Kajari Dumai (foto/bambang)Momen Keakraban, Walikota dan Kapolres Beri Kejutan ke Kajari Dumai
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved