www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
H Adil Janjikan Gaji Naik Jadi Rp2 Juta, Namun Jumlah Pegawai Honorer Akan Dikurangi
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Jika Ada Perubahan UU, Pilkada Pekanbaru Digelar 2022
Sabtu, 23 Januari 2021 - 15:24:07 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PEKANBARU- Hingga kini, belum ada kepastian mengenai pelaksanaan Pilkada Kota Pekanbaru, seiring habisnya masa jabatan Walikota Pekanbaru Firdaus MT dan Wakilnya Ayat Cahyadi pada tahun 2022 mendatang. 

Di sisi lain, tersiar informasi Pilkada Pekanbaru akan digelar tahun 2024. Kondisi ini tentunya menjadi pertanyaan besar di sejumlah kalangan. Termasuk kalangan partai politik di Pekanbaru.

Ketua KPU Pekanbaru Anton Merciyanto tidak menampik informasi yang beredar di tengah masyarakat tersebut. Bahkan, saat ini banyak partai politik dan masyarakat menanyakan kepada KPU soal Pilkada Pekanbaru, apakah dilaksanakan tahun 2022 atau 2024.

"Kami jelaskan, saat ini KPU Pekanbaru masih mengikuti regulasi yang ada, yakni berdasar UU No 10 tahun 2016, bahwa Pemilu serentak dilakukan di Indonesia pada tahun 2017, 2018, 2020 dan 2024," terang Anton Merciyanto saat berkunjung ke kantor DPD Partai Golkar Pekanbaru bersama rombongan pengurus KPU Pekanbaru, Jumat (22/1/2021) dikutip dari riaupos .

Dijelaskannya, berdasarkan UU No 10 Tahun 2016 tersebut, bahwa kepala daerah yang habis masa jabatannya pada tahun 2022, maka kekosongan itu akan digantikan oleh penjabat (PJ) kepala daerah.  Masih disampaikannya, jika mengikuti regulasi yang ada saat ini, maka otomatis karena Walikota Pekanbaru berakhir masa jabatannya tahun 2022, terjadi kekosongan dan akan diisi oleh Penjabat Walikota sampai dengan tahun 2024.

"Namun tidak tertutup kemungkinan pilkada Pekanbaru akan dilaksanakan tahun 2022 jika  nantinya terjadi perubahan UU tersebut," jelas Anton. Ditambahkannya, dari informasi yang didapatkan sekarang, di DPR RI sedang membuat rancangan perundangan-undangan mengenai Pilkada dan Pemilu.  Informasinya ada normalisasi jadwal. Artinya, jadwal Pilkada akan dikembalikan ke jadwal sebelumnya. Jika ini terjadi, maka akan ada Pilkada di tahun 2022 untuk Kota Pekanbaru dan 2023 untuk Pilgubri.

"Ini lah tujuan kami datang ke Kantor DPD Golkar Pekanbaru ini, selain untuk menyosialisasikan Pilkada dan Pemilu, juga me nyosialisasikan pemutahiran data pemilih berkelanjutan," katanya. Sosialisasi Pemilih Pemula, serta mensosialisasikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang saat ini juga sudah di siapkan di KPU.

Disampaikan Anton juga, bahwa kunjungan ke Kantor Golkar Pekanbaru ini merupakan yang kelima. "Utamanya silaturahmi awal tahun,  serta menyampaikan beberapa informasi penting kepada seluruh partai yang ada di Pekanbaru, " bebernya lagi.

Kedatangan rombongan KPU Pekanbaru disambut secara kekeluargaan oleh pengurus harian Golkar Pekanbaru, yang dikomandoi Roni Amriel SH MH selaku Sekretaris Golkar Pekanbaru.  "Alhamdulillah, kami senang dengan kedatangan tamu kami yang terhormat, KPU Pekanbaru. Kami apresiasi ini, luar biasa kinerja KPU yang mau turun gunung menyampaikan informasi yang berharga ke kami," kata Roni.  Makanya dalam pertemuan ini pihaknya bertanya-tanya jadi atau tidak pilkada Pekanbaru 2022 atau 2024.

"Dengan kedatangan KPU ini, kita dan pengurus juga sudah paham dan diberikan penjelasan secara rinci," sebutnya. (*)

 

 

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
 

BERITA LAINNYA    
Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad AdilH Adil Janjikan Gaji Naik Jadi Rp2 Juta, Namun Jumlah Pegawai Honorer Akan Dikurangi
Salah seorang konsumen yang menerima New Pajero Sport perdanaSerahkan 10 New Pajero Sport ke Konsumen, Showroom Festival Dipo Bukukan 15 SPK
PPPK yang lolos seleksi 2019 teken kontrak kerja.PPPK Lolos Seleksi 2019 Teken Kontrak Kerja
Ilustrasi Helikopter Water BombingHelikopter Water Bombing Tiba di Riau, Besok Langsung Padamkan Karhutla di Rohil
Satgas Karhutla Kota Dumai berjibaku memadamkan Karhutla di Kecamatan Sungai Sembilan baru-baru ini.Karhutla Meluas, Sekitar 82,35 Hektare Lahan di Dumai Terbakar
  Kampus UPP RohulUPP Buka Penjaringan Calon Rektor, Syaratnya Pernah Publikasi Jurnal Internasional
Suasana silaturahmi media dalam rangka alih kelola wilayah kerja Rokan di salah satu Hotel di Pekanbaru, Senin (1/3/2021). Peran Media Dibutuhkan dalam Proses Alih Kelola Blok Rokan
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani NazirKadiskes Riau: Tak Perlu Khawatir dengan Efek Samping Vaksin
Sekdakab Siak, Arfan Usman hadiri peringatan HUT ke-102 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan melalui zoom meeting, Senin, (1/3/2021). Foto Diana
Selain Memadamkan, Damkar Harus Fokus ke Penyelamatan
Wawako Dumai Amris menyerahkan surat rekomendasi pembelajaran tatap muka terbatas kepada kepala SMPN2 Dumai, Senin (1/3/2021).Sekolah Tatap Muka Tingkat SMP Dibuka, Sekolah Dingatkan Patuhi Prokes
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved