www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Berita Baik, Obat Semprot Hidung untuk Cegah Corona Ditemukan
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Ini Penjelasan KPU Dumai soal Paslon Pilkada yang Meninggal atau Berhalangan Tetap
Kamis, 26 November 2020 - 15:55:56 WIB
Konferensi pers dipimpin ketua KPU Dumai Darwis, didampingi Komisioner KPU Dumai yaitu Edi Indra, Parno, Siti Khadijah, dan dihadiri Komisioner Bawaslu Kota Dumai Supratman serta undangan lainnya di ruang rapat kantor KPU Kota Dumai, Kamis (26/11/2020).
Konferensi pers dipimpin ketua KPU Dumai Darwis, didampingi Komisioner KPU Dumai yaitu Edi Indra, Parno, Siti Khadijah, dan dihadiri Komisioner Bawaslu Kota Dumai Supratman serta undangan lainnya di ruang rapat kantor KPU Kota Dumai, Kamis (26/11/2020).

DUMAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai menggelar konferensi pers tentang penetapan pasangan calon yang berhalangan tetap sekaligus menjawab pertanyaan masyarakat terkait pasangan calon (Paslon) Pilkada Dumai 2020 yang meninggal dunia.

KPU Dumai menegaskan mekanisme penggantian bakal calon kepala daerah yang meninggal dunia tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2017.

Konferensi pers dipimpin ketua KPU Dumai Darwis, didampingi Komisioner KPU Dumai yaitu Edi Indra, Parno, Siti Khadijah, dan dihadiri Komisioner Bawaslu Kota Dumai Supratman serta undangan lainnya di ruang rapat kantor KPU Kota Dumai, Kamis (26/11/2020).

Ketua KPU Dumai, Darwis mengatakan, salah satu calon dari Pasangan Calon berhalangan tetap atau dijatuhi pidana berdasarkan Putusan Pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap dalam jangka waktu 29 hari sebelum hari pemungutan suara, Partai Politik atau Gabungan Partai Politik tidak dapat mengusulkan calon pengganti.

"Berdasarkan PKPU Nomor 3 Tahun 2017, Tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, Pasal 82 Huruf e, berbunyi, dalam hal salah satu calon dari Pasangan Calon berhalangan tetap atau dijatuhi pidana berdasarkan Putusan Pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap dalam jangka waktu 29 hari sebelum hari pemungutan suara, Partai Politik atau Gabungan Partai Politik tidak dapat mengusulkan calon pengganti," kata Darwis.

Lanjutnya, salah satu calon dari Pasangan Calon yang tidak berhalangan tetap atau tidak dijatuhi pidana berdasarkan Putusan Pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap ditetapkan sebagai Pasangan Calon.

Di Pasal 84, dalam hal terdapat keadaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 82 huruf e dan Pasal 83 huruf d, KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota melanjutkan pemilihan dengan salah satu calon dari Pasangan Calon yang tidak berhalangan tetap sebagai Pasangan Calon peserta pemilihan.

Ditegaskannya lagi, berdasarkan ketentuan dan aturan di atas, dalam hal salah satu calon dari pasangan calon berhalangan tetap dalam jangka waktu 29 hari sebelum hari pemungutan suara, maka dapat disampaikan bahwa, Partai Politik atau Gabungan Partai Politik tidak dapat mengusulkan calon pengganti dan salah satu calon dari Pasangan Calon yang tidak berhalangan tetap ditetapkan sebagai Pasangan Calon.  

Terkait ada salah satu calon Walikota yang meninggal dunia, kata Darwis, KPU Kota Dumai akan mengumumkan kepada masyarakat tentang meninggalnya salah satu calon dari Pasangan Calon baik tertulis melalui papan pengumuman di TPS dan akan disampaikan langsung oleh KPPS.

Berkenaan dengan surat suara untuk Pilkada Dumai 2020, Edi Indra Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan, menambahkan, tidak ada perubahan surat suara.

"Untuk surat suara tidak ada perubahan dan tetap menggunakan surat suara yang sudah kita cetak yaitu ada 4 Paslon pada pemilihan walikota dan wakil walikota Dumai serentak lanjutan Tahun 202," terangnya.

Lanjutnya, nanti pada saat pemilihan 9 Desember 2020 akan mengumumkan melalui papan pengumuman di TPS dan akan disampaikan secara lisan oleh KPPS.

Terakhir Darwis mengajak masyarakat Kota Dumai yang punya hak pilih untuk datang ke TPS 9 Desember 2020. "Mari sukseskan pemilihan walikota dan wakil walikota Dumai serentak lanjutan Tahun 2020," pungkasnya.

Untuk diketahui, calon walikota Dumai nomor urut 2, Eko Suharjo SE, meninggal dunia pada Rabu (25/112020) di Rumah Sakit Awal Bross, Pekanbaru sekitar Pukul 02.30 WIB.

Eko Suharjo diusung oleh Partai Demokrat, Golkar dan Hanura, berpasangan dengan Syaripah sebagai calon wakil walikota Dumai.

Penulis : Bambang
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Ketua KPU Dumai Darwis menyerahkan Berita Acara hasil Pleno kepada calon wakil walikota Dumai terpilih, Amris di Hotel Comforta Jalan Jenderal Sudirman Dumai, Kamis (21/1/2021).KPU Tetapkan Paisal-Amris Pemenang Pilkada Dumai
Penyerahan SK CPNS Rohil.Satu Meninggal Dunia, Wabup Rohil Serahkan SK CPNS 2019
dr Syaipul juru bicara Satgas Covid-19 Kota Dumai
Lagi, Satu Pasien Covid-19 di Dumai Meninggal Dunia
  IlustrasiBukan Sinovac, 33 Orang di Norwegia Meninggal Usai Disuntik Vaksin Pfizer
Ketua KPU Dumai Darwis (kanan) tengah berbincang dengan Plh Walikota Dumai Herdi Salioso dan Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudisthira usai coffe morning baru-baru ini.KPU Tetapkan Pemenang Pilkada Dumai 20 Januari
IlustrasiSudah 24.367 Orang di Riau Terpapar Covid-19, 567 Pasien Meninggal

BERITA LAINNYA    
IlustrasiBerita Baik, Obat Semprot Hidung untuk Cegah Corona Ditemukan
ilustrasiSabar Ya, Subsidi Gaji 2021 akan Disalurkan Lagi, Asalkan
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo YuwonoKasus Rasisme Natalius Pigai, Polri Terapkan Konsep Presisi
  ilustrasiRamalan Zodiak: Leo Kehilangan Uang, Taurus Finansial Stabil
Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Tito KarnavianMendagri: Vaksin Covid-19 Bukan Obat
Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Riau, dr Wildan Asfan Hasibuan12 Kecamatan di Pekanbaru Sudah Berstatus Zona Kuning Covid-19
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved