www.halloriau.com
Politik
BREAKING NEWS :
Positif Covid-19 Riau Bertambah 227 Kasus, Sembuh 178 Orang, 5 Meninggal
 
Panwascam se-Rohul Dapat Penyuluhan Etik dari DKPP RI
Sabtu, 10 Oktober 2020 - 19:00:43 WIB
Petugas Panwascam se Rohul, dapat penyuluhan etika dari DKPP RI, di Hotel Glora Bakti.
Petugas Panwascam se Rohul, dapat penyuluhan etika dari DKPP RI, di Hotel Glora Bakti.

PASIR PANGARAIAN - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Republik Indonesia (DKPP RI), beri penyuluhan ke Petugas Adhoc, Panwascam se-Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Sabtu (10/10/2020).

Kegiatan digelar di Hotel Gelora Bakti Pasir Pangaraian, dengan penerapkan Protokol Kesehatan dihadiri anggota DKPP RI Dr H Alfitra Salam sebagai keynote Spyeker. Juga hadir Ketua Bawaslu Rohul Fajrul Islami Damsir, Anggota Bawaslu Fany Ariandi dan Yurnalis, serta Panwascam dari 16 Kecamatam se- Rohul.

Anggota DKPP RI Alfitra Salam menyatakan, bahwa etik penyelenggara Pemilu menjadi pedoman perilaku bagi penyelenggaraan Pemilu berupa kewajiban atau larangan, tindakan dan / atau ucapan yang patut atau tidak patut dilakukan penyelenggara Pemilu.

Karena tambah Alfitra Salam, orang penyelenggara Pemilu harus paham terhadap peraturan-peraturan
Pemilu. Namun yang jauh lebih penting terkait etika dilakukan terkait integritas, kejujuran profesional yang harus diaplikasikan.

"Seorang Penyelenggara Pemilu diharapkan tidak hanya peka terhadap hukum (sense of regulation), namun mereka juga  harus memiliki kepekaan terhadap etika (sense of ethics)," imbaunya.

Alfitra Mengingatkan ke seluruh penyelenggara, agar benar-benar memahami regulasi dan agar bertindak sesuai regulasi KPU dan Bawaslu. Kemudian, agar jangan sampai ada masyarakat yang melaporkan adanya pelanggaran etik penyelenggara. Karena, selama ini perkara yang sampai ke DKPP umumnya disebabkan jarena  kelalaian dalam memahami regulasi.

"Perkara lainya, adanya keberpihakan ke salah satu calon yang umumnya di Pilkada serta ,oney politik yang jumlahnya tidak dominan," katanya.

Kemudian Ketua Bawaslu Rohul Fajrul Islami Damsir mengatakan, melalui  pembekalan etika penyelenggara ke Panwascam se-Rohul bentuk komitmen Bawaslu Rohul dalam menyempurnakan proses mengawal Pilkada.

"Ini tentunya bertujuan agar penyelenggara sempurna tidak hanya paham regulasi saja, namun mereka juga diperkuat  jati dirinya dengan memiliki integritas yang kuat," ucap Fajrul.

Fajrul juga menambahkan, melalui pembekalan etika bagi Panwascam adalah momen strategis dalam memberikan artikulasi bagi petugas adhoc di jajaran Bawaslu Rohul, agar memperhatikan proses pengawasan sehingga tahapan pilkada dapat berjalan, baik dari sisi moril, etika termasuk dalam prilaku serta substansi pengawasan.

Penulis : Feri Hendrawan
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Kegiatan bertajuk SIPS bagi Partai Politik di Rohil.Dihadiri Parpol dan Panwascam, Bawaslu Rohil Taja Kegiatan Penyelesaian Sengketa Pilkada
Ketua Bawaslu Kota Dumai, Zulfan ST.Bawaslu Dumai: Pengawas Pemilu Kecamatan Harus Jaga Integritas dan Netralitas
BawasluBawaslu Gelar Uji Tertulis Socrative 3 Sesi dan Wawancara Calon Panwascam Pilkada Serentak
   Plt ketua KNPI Kepulauan Meranti, Phadil bersama ketua Ketua Majlis Pertimbangan Indonesia (MPI) KNPI Kepulauan Meranti, Jhonny.KNPI Soroti Kinerja Bawaslu Kepulauan Meranti Terkait Perekrutan Panwascam
Pameran hasil pengawasan Pemilu.Bawaslu Riau Gelar Pawai Budaya dan Pameran Hasil Pengawasan Pemilu
Gumer Siregar.257 Calon Panwascam Pilkada Rohul Lulus Seleksi Administrasi, Tes Socrative 13-17 Desember 2019

BERITA LAINNYA    
Kadiskes Riau, Mimi Yulianis NazirPositif Covid-19 Riau Bertambah 227 Kasus, Sembuh 178 Orang, 5 Meninggal
Pembekalan bimbingan teknis dan orientasi di Gedung Pertemuan Paguyuban Hangudi Tomo, Jalan Pelabuhan Baru, Rabu (2/12/2020)Lewat Bimtek dan Orientasi, Bawaslu Bekali Pengawas TPS
Pengurus partai pengusung paslon walikota dan wakil walikota Dumai nomor urut 2 foto bersama di posko pemenangan Eko Suharjo-Syarifah.Pakde Parto Gantikan Almarhum Eko Suharjo Dampingi Syarifah
  Suasana pertemuan untuk hindari Pilkada politik uangAntisipasi Politik Uang, Gakkumdu Gandeng Pihak Perbankan
Juru Bicara Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra YoviPemprov Riau Batasi dan Perketat Aktivitas Kantor
Sejumlah kendaraan besar terjebak di jalan Provinsi Riau yang rusak sepanjang 2 km di kawasan Desa Mahato, Tambusai UtaraJalinprov Dalu Dalu-Pujut Kembali Rusak Berat, Aktivitas Lalin Lumpuh
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Alfedri Tetima SK Dukungan dari PKB
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved