www.halloriau.com
Politik
BREAKING NEWS :
Kadis Kominfotik Riau Chairul Rizki Positif Covid-19
 
Waspadai Covid-19 di Tahapan Pilkada, Paslon Kampanye Virtual Patut Diacungi Jempol
Kamis, 01 Oktober 2020 - 08:48:34 WIB
Pilkada aman dari Covid-19 bila semua pihak terkait patuhi protokol kesehatan dan aturan yang ditetapkan.
Pilkada aman dari Covid-19 bila semua pihak terkait patuhi protokol kesehatan dan aturan yang ditetapkan.

JAKARTA - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 akan dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19. Alhasil, penyelengara pilkada harus mewaspadai adanya penyebaran klaster baru virus yang berasal dari China itu

Menanggapi hal itu, Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI), Jeirry Sumampow mengungkapkan, akan ada tren positif pada masa awal digelarnya kampanye Pilkada Serentak 2020. Pasalnya, pelanggaran terhadap protokol kesehatan minim terjadi.

"Dalam masa kampanye awal ini, ada tren positif terkait dengan kepatuhan peserta pemilu terhadap protokol kesehatan Covid-19 dalam kampanye," kata Jeirry, Rabu (30/9/2020).

Meskipun terjadi beberapa pelanggaran, kata dia, namun tak sebanyak atau semasif dalam tahapan sebelumnya. Dalam hal ini, dia pun mengapresiasi tindakan tegas Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum) serta Kepolisian terhadap paslon yang melanggar.

"Ada proses penindakan yang lebih tegas oleh Bawaslu, maupun oleh aparat kepolisian," ungkapnya.

Jeirry pun mendorong agar kerjasama kedua lembaga penegak hukum tersebut penting, agar kasus-kasus yang muncul bisa segera bisa ditangani dan diberikan sangsi, baik jika dilakukan oleh peserta pemilu atau pun oleh masyarakat.

"Jika penegakan hukumnya tegas, disiplin dan kepatuhan bisa kita harapkan terwujud secara menyeluruh. Ke depan, penindakan tegas oleh pihak dan aparat yang berwewenang perlu terus kita dorong," imbuhnya.

Pada masa awal digelarnya kampanye, diketahui ada sejumlah kontestan yang menerapkan metode kampanye virtual. Jeirry pun menyampaikan apresiasinya terhadap calon kepala daerah yang telah mengubah gaya kampanye ke dunia maya di tengah Pandemi Covid-19.

"Kita perlu memberi apresiasi kepada para calon yang melakukan kampanye secara virtual, dengan memanfaatkan media yang ada," tutur Jeirry, dikutip okezone.

Menurutnya, model dan metode kampanye tersebut tepat diterapkan oleh paslon di masa Pandemi Covid-19 sekarang. Dia pun mengajak kontestan lain agar melakukan kampanye secara virtual dan aman. Karena cara ini minimalisir resiko terpapar Covid-19, sebab tak perlu berkerumun.

"Jika tren positif ini terus dikembangkan, kita bisa menikmati terwujudnya kampanye sehat. Artinya, kampanye dalam pilkada serentak tahun ini tidak mengancam keselamatan rakyat sebagaimana yang sering dikuatirkan sebelumnya. Proses kampanye dapat terus berlangsung dan keselamatan pemilih juga terjamin," pungkasnya. (*)

 

Pesan Redaksi :

Jadilah bagian dari aksi penyelamatan bangsa! Mari bersama lawan Covid-19 dengan berperan aktif mengkampanyekan gerakan 3M Lawan Covid-19, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari. MEMAKAI masker saat keluar rumah, MENCUCI tangan sesering mungkin dan selalu MENJAGA jarak, serta hindari kerumunan.


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Calon Wali Kota Depok nomor urut 02 Mohammad Idris.Usai Debat, Calon Walikota Ini Positif Covid-19
dr Ersan Saputra56 Anggota KPPS Bengkalis Positif Covid-19, Ini Kata Kadiskes...
Wakapolres Dumai Kompol, Ermis Sitinjak meninjau logistik Pilkada Dumai 2020 di gudang KPU Jalan Soekarno Hatta, Selasa kemarin.Jumat, KPU Dumai Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara Pilkada 2020
  IlustrasiAntisipasi Cluster Pilkada, Jumlah Pemilih Tiap TPS Akan Dibatasi agar Tidak Terjadi Kerumunan
Simulasi pemungutan dan perhitungan suara yang digelar KPU Bengkalis.Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pilkada, Kental dengan Penerapan Prokes Covid-19
IlustrasiPilkada 2020, KPU Riau Mulai Distribusikan Logistik Covid-19 ke Daerah

BERITA LAINNYA    
Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau, Chairul Rizki Kadis Kominfotik Riau Chairul Rizki Positif Covid-19
Kadiskes Riau, Mimi Yulianis NazirPositif Covid-19 Riau Bertambah 227 Kasus, Sembuh 178 Orang, 5 Meninggal
Pembekalan bimbingan teknis dan orientasi di Gedung Pertemuan Paguyuban Hangudi Tomo, Jalan Pelabuhan Baru, Rabu (2/12/2020)Lewat Bimtek dan Orientasi, Bawaslu Bekali Pengawas TPS
  Jalan tol Pekanbaru - DumaiTabrak Fuso di Tol Pekanbaru-Dumai, Sopir Innova Tewas
Suasana pertemuan untuk hindari Pilkada politik uangAntisipasi Politik Uang, Gakkumdu Gandeng Pihak Perbankan
Juru Bicara Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra YoviPemprov Riau Batasi dan Perketat Aktivitas Kantor
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Alfedri Tetima SK Dukungan dari PKB
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved