www.halloriau.com
Politik
BREAKING NEWS :
Pemenang LKT Pembauran Kebangsaan Diumumkan di Semniar FPK Riau Besok
 
Penetapan Paslon Pilkada Bengkalis Diumumkan Melalui Website
Selasa, 22 September 2020 - 15:18:00 WIB
KPU Bengkalis berharap semua proses tahapan Pilkada berjalan sesuai dengan standar Covid-19 dan semua peserta pemilihan wajib patuhi protokol kesehatan.
KPU Bengkalis berharap semua proses tahapan Pilkada berjalan sesuai dengan standar Covid-19 dan semua peserta pemilihan wajib patuhi protokol kesehatan.

BENGKALIS - KPU Bengkalis mengumumkan penetapan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati  pada tanggal 23 September 2020 nanti diumumkan di laman KPU kabupaten/kota.

Hal itu disampaikan Komisioner KPU Bengkalis Bidang SDM dan Parmas, Feri Herlinda, Selasa (22/9/2020). 

"Tanggal 23 September 2020 tahapan penetapan Paslon, pengumuman penetapan hasil penetapan paslon bisa dilihat dipapan pengumuman, di laman KPU kabupaten/kota, hal ini mengacu pada pasal 68 angka (2) dan (3) PKPU Nomor 9 Tahun 2020,” kata Feri Herlinda.

Menurutnya lagi, berdasarkan ketentuan tersebut pelaksanaan pleno bersifat internal atau tidak mengundang para pihak dan tidak melaksanakan pleno terbuka. Namun, pengumuman hasil hasil penetapan Paslon, hanya bisa dilihat di laman website.

“Kemudian tanggal 24 September 2020 dilaksanakan pengundian nomor urut. Tahapan pengundian nomor urut Paslon, sekaligus penetapan nomor urut, mengacu pada PKPU Nomor 394 Tahun 2020,” paparnya.

Lebih lanjut Feri mengatakan, untuk tahapan pengundian nomor urut Paslon. KPU Bengkalis akan memastikan masing-masing Paslon hadir pada Rapat Pleno terbuka. Sebab, pengundian ini dilakukan melalui pleno terbuka. Bagi Paslon yang berhalangan hadir dalam pleno, wakib ada alasan tertulis yang dapat dipertanggungjawabkan.

“Pada  pengundian nomor urut dan penetapan nomor urut, Paslon wajib hadir dan jika berhalangan harus melampirkan alasan tertulis yang bisa dipertanggungjawabkan. Paslon juga dapat memberikan mandat secara tertulis kepada petugas yang diberikan mandat untuk mengambil nomor urut,” katanya lagi.

Kedua tahapan ini sangat penting, sambung Feri. Namun, sepanjang pelaksanaan pencabutan nomor urut dan penetapan nomor urut, peserta atau paslon wajib mengikuti protokol kesehatan dan pencegahan pengendalian Covid-19.

“Dalam pengambilan nomor undian, yang boleh hadir setiap paslon sebanyak 5 orang yaitu 1 orang pengubung Paslon (LO), 2 orang tim kampanye, 1 orang calon Bupati dan 1 Calon Wakil Bupati,” ujarnya.

Usai tahapan tersebut, katanya Feri. Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah penandatanganan fakta integritas Paslon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis, tentang kepatuhan Protokol Kesehatan dalam pemilihan kepala daerah serentak 2020, dimasa bencana non alam Covid-19.

Feri mengatakan, merujuk pada PKPU Nomor 5 Tahun 2020, tentang Tahapan Pemilihan Kepala Daerah, tiga hari setelah penetapan Paslon, maka dimulai masa kampanye, yang dilakukan oleh Paslon dan Tim Kampanye dari tanggal 26 September sampai 5 Desember 2020. Jumlah hari sebanyak 71 hari, masa kampanye.

“Dalam pelaksanaan kampanye nantinya, KPU Bengkalis akan melaksanakan sosialisasi dan rakor kampanye terlebih dahulu. Insya Allah akan dilaksanakan tanggal 25 September 2020. Sosialisasi itu membahas tentang pelaksanaan kampanye, pengamanan dimasa kampanye, rekomndasi tentang pelaksanaan kampanye pengawasan, pelaksanaan kampanye dan rekomendasi pelaksanaan kampanye," ujarnya.

Pihaknya berharap semua proses tahapan berjalan sesuai dengan standar Covid-19 dan semua peserta pemilihan wajib patuhi protokol kesehatan, semoga ini menjadi perhatian semua semua Paslon yang telah ditetapkan oleh KPU Bengkalis.

Penulis: Zulkarnaen
Editor: Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Parno Komisioner KPU Dumai, Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM, menyerahkan sertifikat kepada perwakilan Relawan Demokrasi Basis Warganet, Rabu (2/12/2020) di Gedung Pendopo.Tugas Bantu Sosialisasikan Pemilu 2020 Selesai, KPU Dumai Bubarkan Tim Relasi
IlustrasiAlfedri-Husni Tampil Beda, Arif dan Reni Akui Tak Puas dengan Debat Publik
Salah seorang anggota KPPS mencoba aplikasi Si Rekap di android saat kegiatan Bimtek di aula Kantor Lurah Jayamukti, Senin (30/11/2020). Foto ISTKPU Dumai Gunakan Aplikasi Si Rekap untuk Perhitungan Suara
  Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad YasirJalani Rapid Test, KPU Ganti Petugas TPS yang Reaktif
Sekretaris KPU Pelalawan, Sapran Daulay. 5 Desember, Logistik Pilkada Mulai Dikirim ke Semua Kecamatan
Ketua KPU Dumai DarwisKPU Kota Dumai Gelar Debat Publik Kedua pada 28 November 2020

BERITA LAINNYA    
Ilustrasi flyer seminarPemenang LKT Pembauran Kebangsaan Diumumkan di Semniar FPK Riau Besok
Ilustrasi Ekspor Nonmigas Masih Jadi Unggulan Ekonomi Riau
Kepala BKD Riau Ikhwan RidwanHingga Akhir Tahun, Tak Akan Ada Rotasi Pejabat Riau
  Webinar Magister Ilmu Komunikasi Unri mengangkat tema "Transformasi Media Massa dan Urgensi Literasi Digital".Webinar Magister Ilmu Komunikasi Unri, Pakar Ingatkan Be Creative, Be Responsible dan Be Sensitive
Ilustrasi Paslon Alfedri-Husni Dukung Penuh Polda dan Bawaslu Riau Patroli Money Politic
OPPO Reno5 Tampak DepanSemakin Jelas Wujud Perangkat OPPO Reno5
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Alfedri Tetima SK Dukungan dari PKB
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved