www.halloriau.com
Politik
BREAKING NEWS :
Karena Salahnya Sendiri, Oezil Terbuang dari Arsenal
 
Bawaslu Kepulauan Meranti Ingatkan KPU Patuhi PKPU Nomor 19
Senin, 31 Agustus 2020 - 19:28:56 WIB
Kordiv Pengawasan, Humas dan Hubungan Lembaga Bawaslu Kepulauan Meranti, Romi Indra
Kordiv Pengawasan, Humas dan Hubungan Lembaga Bawaslu Kepulauan Meranti, Romi Indra

SELATPANJANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kepulauan Meranti mengingatkan kepada Komisi Pilihan Umum (KPU) untuk mematuhi Peraturan KPU (PKPU) Nomor 19 Tahun 2019.

Rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran tingkat desa/kelurahan yang berlangsung sejak 30 Agustus hingga Selasa (1/9/2020) besok, menjadi perhatian serius Bawaslu Kepulauan Meranti.

Pasalnya, Bawaslu Kepulauan Meranti telah mendapatkan laporan dari Panwaslu Kecamatan, bahwa dalam rapat pleno yang dilaksanakan di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang sudah dilaksanakan sejak Sabtu (29/8/2020) kemarin jajaran Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) belum mendapatkan salinan softcopy atau hardcopy seperti yang telah diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 19 Tahun 2019, Pasal 12 ayat (11).

Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan, Humas dan Hubungan Lembaga Bawaslu Kepulauan Meranti, Romi Indra mengungkapkan bahwa dalam pasal ini disebutkan, PPS menyampaikan daftar pemilih kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), PPL/PKD dan KPU/KIP Kabupaten/Kota dalam bentuk softcopy dan hardcopy. 

"Hari ini dan besok, tahapan rekapitulasi masih berlangsung di tingkat kelurahan dan desa. Kami berharap, KPU Kepulauan Meranti dan jajaran adhock KPU mematuhi PKPU 19," tegas Romi Indra, Senin (30/8/2020). 

Tentunya lanjut Romi, KPU Kepulauan Meranti juga harus taat asas dalam penyelenggaraan pemilihan diantaranya keterbukaan atau transparansi dan kepastian hukum, bagaimana jajaran pengawas mau memastikan bahwa temuan-temuan coklit yang didapat dan sudah diserahkan dalam bentuk saran perbaikan ke jajaran KPU ditindaklanjuti atau belum, jika hanya salinan rekapitulasi daftar pemilih dalam bentuk rekap angka-angka saja yang diberikan ke PKD, yang tidak terdapat data by name by addressnya.

Selain memberikan salinan hasil pleno pemutakhiran data, menurut Romi, PPS juga harus mengumumkan kepada masyarakat sebagai salah satu bentuk uji publik untuk mendapatkan tanggapan dari masyarakat. 

"Bahwa daftar pemilih yang dimutakhirkan saat ini harus dilakukan dengan cara berkesinambungan, mutakhir, akuntabel, dan bertangungjawab," bebernya.

Kemudian, kata Romi, apabila nanti ada proses yang tidak dipatuhi oleh jajaran KPU, maka ini menjadi salah satu bentuk dugaan pelanggaran administrasi, prosedur, mekanisme dan tata cara. 

"Karena itulah, sebagai bentuk perlindungan hak pilih Warga Negara Indonesia (WNI), Bawaslu akan terus mengawasi tahapan pemutakhiran data ini secara melekat. Proses ini akan terus kami awasi sampai proses penetapan DPT (Daftar Pemilih Tetap), agar hak pilih warga negara benar-benar terlindungi," pungkasnya.

Penulis : Ali Imron
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Ketua KPU Dumai Darwis memimpin rapat kerja terkait sosialisasi Pilkada Dumai 2020 bersama tim Relawan Demokrasi Kota Dumai, Selasa (6/10/2020) di ruang rapat KPU Dumai. Buka Pendaftaran KPPS, KPU Dumai: Syarat Usia Maksimal 50 Tahun
Ketua Koalisi Pemenangan pasangan ESA, Syahrial BasriBanyak Warga Belum Tahu Tahapan Pilkada Serentak, Tim ESA Bantu KPU Sosialisasi
Satpol PP dan Bawaslu Meranti bongkar APS salah satu paslon.Timses Paslon di Kepulauan Meranti Meradang, Tolak Penertiban APS oleh Bawaslu
  Komisioner Bawaslu Kepulauan Meranti, Romi Indra SEBawaslu Temukan Ratusan Pemilih Ganda di DPS Pilkada Kepulauan Meranti
IlustrasiHalim-Komperensi Tertinggi, KPU Kuansing Umumkan Laporan Awal Dana Kampanye
BawasluHingga KPU Atur Titik dan Jumlah APK, Bawaslu Rohul Surati Peserta Pilkada Agar Tertibkan Atribut Paslon

BERITA LAINNYA    
Mesut Oezil terbuang dari Arsenal karena salahnya sendiri 2020. Foto: Detik
Karena Salahnya Sendiri, Oezil Terbuang dari Arsenal
Tol PermaiMelintas Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Tak Lagi Gratis, Mulai 2 November Berbayar
Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bengkalis, Ns Popy Yulia Santisa SkepPositif Covid-19 Tembus 800 Kasus, Masyarakat Diimbau Hindari Stigma Negatif
  IlustrasiPandemi Covid-19, Tempat Usaha dan Kegiatan Masyarakat di Meranti Dibatasi hingga 10 Malam
DPRD PekanbaruKomisi I DPRD Pekanbaru Sorot Konflik Kepemilikan Lahan Warga dengan PLTU
Protokol Kesehatan harus diterapkan di kampanye Pilkada.Kampanye Pilkada di Kepulauan Meranti Wajib Terapkan Protokol Kesehatan
Komentar Anda :

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Potret Lensa
Alfedri Tetima SK Dukungan dari PKB
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved