www.halloriau.com
Politik
BREAKING NEWS :
Diserang Rumor Calon Boneka, Ini Tanggapan Hery Saputra
 
Coklit Pilkada Serentak, KPU Bengkalis Sasar ODGJ
Senin, 10 Agustus 2020 - 15:07:11 WIB
Anggi Ramadhan S
Anggi Ramadhan S

BENGKALIS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis menyasar seluruh masyarakat untuk masuk pada kegiatan pencocokan dan penelitian (Coklit) Pilkada serentak tahun 2020, termasuk orang dalam gangguan jiwa (ODGJ). Kegiatan ini sendiri akan berlangsung hingga 13 Agustus 2020.

Hal itu disampaikan Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Anggi Ramadhan S, Senin (10/8/2020).  "ODGJ termasuk sasaran, karena regulasi yang mengatur. Tetap kita masukan, kalau sesuai dengan regulasi pemilihan dengan disabilitas gangguan jiwa itu tidak menjadi lagi bahwa ia tetap memenuhi syarat bisa didaftarkan. Tetap berbasiskan data dan KTP el. Harus ada NIK," ujarnya.

Terkait temuan Bawaslu beberapa waktu lalu adanya ribuan pemilih tidak masuk dalam data AKWK l, KPU sebut Anggi, akan merespon itu.  "Terkait temuan Bawaslu tentunya kami meminta data yang lebih terperinci. Kami sangat apresiasi dengan masukan Bawaslu, kami berharap ada juga dari masyarakat. Coklit ini masih permulaan. Proses selanjutnya ada lagi yaitu DPS (Daftar pemilih sementara)," ujarnya lagi.

Sebelumnya, KPU Bengkalis juga sudah menyampaikan akan mempelajari adanya temuan Bawaslu Bengkalis terkait adanya 32.234 pemilih yang tidak masuk dalam daftar A.KWK atau tidak masuk dalam daftar pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Jumlah tersebut kalau dipersentasekan cukup besar, yaitu mencapai 10 persen dari data DPTD Kabuapten Bengkalis saat Pileg 2019.

"Terima kasih atas masukan yang berharga dari hasil pengawasan jajaran Bawaslu Bengkalis. Kami akan tetap mempelajari atas data-data yang disampaikan tersebut. Prinsip utamanya ini dalam rangka mengawal dan menjaga hak pilih para pemilih nantinya, mumpung ini masih awal di tahapan pemutakhiran data pemilih," ujar Anggi.

Menurut Anggi, selanjutnya KPU konsisten terus mendengarkan dan menerima masukan-masukan dari Bawaslu. "Apalagi ini kan disampaikan dalam bentuk data angka-angka. Harapannya nanti kami akan minta lebih terperinci misalnya di TPS mana dan di desa/ kelurahan mana saja sehingga kami dapat dengan cepat menindaklanjutinya," harap Anggi.

Anggi mengatakan, jumlah calon pemilih sekitar 32 ribu orang yang tidak masuk ke dalam A.KWK tentunya ini jumlah yang cukup besar, atau sekitar 10% dari data DPT Kabupaten Bengkalis di Pileg 2019. "Jika data Bawaslu ini terperinci kami di jajaran KPU akan mudah menindaklanjutinya,” ujar Anggi.

Tidak hanya itu, sambung Anggi, KPU juga bisa menjelaskan bagaimana jumlah sebesar itu bisa tidak masuk dalam A.KWK. Soalnya selama proses pemutakhiran data pemilih ini, KPU juga punya alat monitoring atas hasil kerja petugas PPDP kami di lapangan.  “Dengan alat kerja yang kami miliki dan Bawaslu miliki nantinya akan disandingkan, dan bisa memberikan penjelasan yang utuh kepada masyarakat,” ujarnya.

Penulis : Zulkarnaen
Editor : Fauzia



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Deklarasi pasangan ESA di kediaman Indra Gunawan Eet.Jelang Daftar ke KPU, ESA Gelar Makan Bersama Masyarakat Bengkalis
Anggi Ramadhan SCoklit Pilkada Serentak, KPU Bengkalis Sasar ODGJ
KPU Bengkalis menunggu Paslon Independen yang akan mendaftar.Pilkada Bengkalis, KPU Pastikan Tidak Ada Paslon Independen
  Massa tampak mengiringi pasangan Abi Bahrun – Heman mendaftar ke KPU.Berjalan Kaki dan Naik Becak, Dua Bapaslon Daftar ke KPU Bengkalis di Hari Pertama
Acara sosialisasi pemantauan pemilihan Pilkada.Sosialisasi Pemantau Pemilihan Pilkada 2020, KPU Bengkalis Paparkan Mekanisme Masyarakat Berpartisipasi
Sosialisasi Penyusunan DPK, DPTb dan perbaikan DPT Pilpres 2019.Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Gelar Bimtek Penyusunan DPK DPTb dan Perbaikan DPT

 
Berita Lainnya :
  • Diserang Rumor Calon Boneka, Ini Tanggapan Hery Saputra
  • Riau Urutan 4 Nasional Tertinggi Kasus Baru Covid-19 Hari Ini
  • PT TGI Serahkan Bantuan 35 Ribu Lembar Masker kepada Pemprov Riau
  • Total Positif Corona RI 252.923 Orang, 184.298 Sembuh & 9.837 Meninggal
  • Fraksi MNB Pertanyakan Anggaran Covid-19, Kasus Meningkat Anggaran Naik 470 Persen
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Alfedri Tetima SK Dukungan dari PKB
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved