www.halloriau.com
Politik
BREAKING NEWS :
PGN SAKA Kejar Penyelesaian dan Efisiensi Proyek Lapangan Sidayu
 
Diduga Memihak ke Salah Satu Bacalon, Oknum ASN Akan Dipanggil Bawaslu Kepulauan Meranti
Minggu, 09 Agustus 2020 - 16:11:58 WIB
Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti, Syamsurizal
Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti, Syamsurizal

SELATPANJANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kepulauan Meranti akan memanggil salah seorang ASN di Kabupaten Kepulauan Meranti yang diduga kedapatan mendukung salah satu Bacalon yang akan maju di Pilkada Kepulauan Meranti.

Temuan tersebut didapatkan Bawaslu dari hasil laporan salah satu warga berupa video. Dimana dalam tayangan tersebut salah seorang ASN diduga mengumpulkan massa dan menampung aspirasi serta ada dugaan unsur mengajak untuk memihak ke salah satu Bacalon.

Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti, Syamsurizal mengatakan terkait adanya laporan tersebut diindikasikan adanya keberpihakan ASN ke salah satu Bacalon, dan hal itu sudah melanggar kode etik ASN karena dianggap tidak netral.

Namun walaupun sudah ada indikasi yang mengarah, Bawaslu tetap akan melakukan investigasi di lapangan dan meminta klarifikasi terhadap yang bersangkutan.

"Walaupun sudah ada indikasi, kita akan tetap menelusuri untuk mencari saksi di lapangan. Minggu depan kita akan panggil dan meminta klarifikasi terhadap yang bersangkutan," kata Syamsurizal, Sabtu (8/8/2020) malam.

Lebih lanjut dikatakan, berdasarkan surat edaran dari Kemenpan RB pada Peraturan pemerintah Nomor 42 Tahun 2004 Pasal 11 huruf C menyatakan tentang etika terhadap diri sendiri PNS wajib menghindari konflik kepentingan pribadi, kelompok ataupun golongan. 

Maka dengan demikian ASN dilarang melakukan perbuatan yang mengarah kepada keberpihakan salah satu calon atau perbuatan yang mengindikasikan terlibat dalam politik praktis.

Sehingga aturan inilah yang menjadi dasar pemanggilan oleh Bawaslu Kepulauan Meranti kepada oknum ASN tersebut. Bawaslu pun segera melakukan pengkajian dalam menentukan status dugaan pelanggaran tersebut. Selanjutnya berkas hasil penanganan pelanggaran sesuai dengan amanat perbawaslu akan direkomendasikan ke KASN.

"Jika terbukti dan melanggar aturan menurut pandangan Bawaslu, maka langkah selanjutnya akan kita rekomendasikan ke KASN," ujarnya.

Lebih jauh dikatakan, pencegahan pelanggaran dalam Pilkada menjadi tugas utama sebagai pengawas pemilu. Untuk itu pihaknya memilih untuk menggunakan metode preventif.

Tindakan tersebut dilakukan Bawaslu Kepulauan Meranti jauh-jauh hari dengan sudah mengeluarkan surat edaran.

"Kami sudah melakukannya dengan membuat surat edaran yang ditujukan kepada Pemerintah Kabupaten. Sementara melalui Panwascam juga sudah menyurati kecamatan," pungkasnya. 

Penulis : Ali Imron
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiPDI-P Riau Serahkan SK Dukungan Bacalon Kepala Daerah di Pilkada Serentak Hari Ini
Komisioner KPU Bidang Parmas dan SDM, Hanafi SSos saat menjelaskan kepada tim sukses Bacalon terkait persyaratan pencalonan Pilbup Kepulauan Meranti 2020.Pilkada Kepulauan Meranti, Bacalon Diminta Segera Berkoordinasi dengan KPU
Pelantikan PPS dilakukan oleh Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Mukhtar dan dihadiri Panwascam, serta Bhabinkamtibmas. Antisipasi Covid-19, Camat 3T Minta Pencoblosan Pakai Shift
  Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti, SyamsurizalDiduga Memihak ke Salah Satu Bacalon, Oknum ASN Akan Dipanggil Bawaslu Kepulauan Meranti
Relawan AOK dilantik.Jelang Pilkada Kepulauan Meranti, Ribuan Relawan Bacalon Adil- Asmar Dilantik
Sejumlah Bacalon sudah mengambil formulir kepada kantor DPD PKS Rohil.Baru Buka Penjaringan, Lima Bacalon Bupati Rohil Melamar ke PKS

 
Berita Lainnya :
  • PGN SAKA Kejar Penyelesaian dan Efisiensi Proyek Lapangan Sidayu
  • Jelang MotoGP Catalunya, Rossi Sebut Tak Keberatan Dikalahkan Anak Didiknya
  • Mengapa Waktu Cepat Berlalu Saat Merasa Bahagia? Ini Alasannya
  • 340 Pasien Covid-19 Riau Sembuh Hari Ini, Meninggal Belasan
  • Siswi SMPN 1 Bangko Dinobatkan Sebagai Putri Remaja Kebudayaan 2020
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Alfedri Tetima SK Dukungan dari PKB
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved