www.halloriau.com
Politik
BREAKING NEWS :
Inilah Elektabilitas Paslon di Pilkada Bengkalis Berdasarkan Survei dan Polling
 
32.234 Pemilih Tak Masuk Daftar A.KWK, KPU Bengkalis akan Pelajari Temuan Bawaslu
Kamis, 30 Juli 2020 - 17:41:11 WIB
Anggi Ramadhan.
Anggi Ramadhan.

BENGKALIS – KPU Bengkalis akan mempelajari adanya temuan Bawaslu Bengkalis terkait adanya 32.234 pemilih yang tidak masuk dalam daftar A.KWK atau tidak masuk dalam daftar pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Jumlah tersebut kalau dipersentasekan cukup besar, yaitu mencapai 10 persen dari data DPTD Kabupaten Bengkalis saat Pileg 2019.
            
Hal itu disampaikan anggota KPU Bengkalis Kordiv Perencanaan, Data dan Informasi, Anggi Ramadhan S, kepada wartawan, Kamis (30/7/2020). Pernyataan pria yang akrab disapa Anggi ini menindaklanjuti adanya pemberitaan di sejumlah media online yang mengekspos temuan Bawaslu tersebut.

"Terima kasih atas masukan yang berharga dari hasil pengawasan jajaran Bawaslu Bengkalis. Kami akan tetap mempelajari atas data-data yang disampaikan tersebut.  Prinsip utamanya ini dalam rangka mengawal dan menjaga hak pilih para pemilih nantinya, mumpung ini masih awal di tahapan pemutakhiran data pemilih," ujarnya.

Menurut Anggi,  selanjutnya KPU konsisten terus mendengarkan dan menerima masukan-masukan dari Bawaslu. 

"Apalagi ini kan disampaikan dalam bentuk data angka-angka. Harapannya nanti kami akan minta lebih terperinci misalnya di TPS mana dan di desa/ kelurahan mana saja sehingga kami dapat dengan cepat menindaklanjutinya," harap Anggi.

Anggi mengatakan, jumlah calon pemilih sekitar 32 ribu orang yang tidak masuk ke dalam A.KWK tentunya ini jumlah yang cukup besar, atau sekitar 10% dari data DPT Kabupaten Bengkalis di Pileg 2019. "Jika data Bawaslu ini terperinci kami di jajaran KPU akan mudah menindaklanjutinya,” ujar Anggi.

Tidak hanya itu, sambung Anggi, KPU juga bisa menjelaskan bagaimana jumlah sebesar itu bisa tidak masuk dalam A.KWK. Soalnya selama proses pemutakhiran data pemilih ini, KPU juga punya alat monitoring atas hasil kerja petugas PPDP kami di lapangan.  

“Dengan alat kerja yang kami miliki dan Bawaslu miliki nantinya akan disandingkan, dan bisa memberikan penjelasan yang utuh kepada masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Bawaslu Kabupaten Bengkalis menemukan sebanyak 32.234 pemilih yang tidak masuk dalam daftar pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Penemuan ini berdasarkan hasil pengawasan Bawaslu Bengkalis terhadap pelaksanaan Pencocokan dan peneltian (Coklit) daftar pemilih Pilkada Bengkalis tahun 2020.

Anggota Bawaslu Bengkalis Usman mengatakan, terhadap hasil pengawasan tersebut, pengawas pemilu telah memastikan semua pemilih yang tidak masuk dalam A.KWK harus didata oleh petugas pemuktahiran daftar pemilih. 

"Sepanjang pemilih tersebut memiliki Kartu Keluarga dan penduduk setempat harusnya mereka masuk dalam data AKWK," ujar Usman seraya menambahkan bahwa Bawaslu akan terus melakukan pengawasan terhadap proses coklit ini. 

Penulis: Zulkarnaen
Editor: Yusni Fatimah



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Ketua KPU Dumai DarwisPandemi Covid-19, KPU Dumai Ajak Pemilih Patuhi Prokes
Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad YasirJalani Rapid Test, KPU Ganti Petugas TPS yang Reaktif
IlustrasiAlfedri-Husni Tampil Beda, Arif dan Reni Akui Tak Puas dengan Debat Publik
  Parno Komisioner KPU Dumai, Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM, menyerahkan sertifikat kepada perwakilan Relawan Demokrasi Basis Warganet, Rabu (2/12/2020) di Gedung Pendopo.Tugas Bantu Sosialisasikan Pemilu 2020 Selesai, KPU Dumai Bubarkan Tim Relasi
Ketua KPU Riau Ilham Muhammad YasirMulai 6 Desember, KPU Riau Distribusikan Surat Suara ke TPS
Sekretaris KPU Pelalawan, Sapran Daulay. 5 Desember, Logistik Pilkada Mulai Dikirim ke Semua Kecamatan

BERITA LAINNYA    
IstInilah Elektabilitas Paslon di Pilkada Bengkalis Berdasarkan Survei dan Polling
Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar NasutionWagubri Buka Seminar Percepatan Pembauran Dalam Pembangunan Daerah Riau
IlustrasiJarang Disadari, Berikut 6 Gejala Covid-19 Terbaru Selain Batuk dan Pilek
  Musyawarah Kerja Provinsi (Mukerprov), pada tanggal 5-6 Desember 2020 di Hotel Furaya Pekanbaru.Dukung Penuh Perkembangan Bulutangkis Riau, Ini Pesan Kadispora ke Pengprov PBSI
Dandrem 031/Wirabima Brigjen TNI M Syech IsmedDandrem 031/WB Ingatkan Setiap Kegiatan Patuhi Protokol Kesehatan
Penyerahan SK oleh Pimpinan Pusat PT Ameera Mekkah H Salman Ponimin Lc kepada Kepala Cabang
 PT Ameera Mekkah Cabang Kepulauan Meranti, Fitria Ningsih, JumAmeera Mekkah Cabang Kepulauan Meranti Berangkatkan Ratusan Jemaah Umroh Tahun 2021
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Alfedri Tetima SK Dukungan dari PKB
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved