www.halloriau.com
Politik
BREAKING NEWS :
Ahli Epidemiologi Riau Rekomendasikan Beberapa Langkah Penanganan Covid19
 
Bentuk Patroli Siber, Bawaslu Kepulauan Meranti Bakal Polisikan Black Campaign di Medsos
Rabu, 24 Juni 2020 - 09:50:08 WIB
Tim Gakkumdu Kepulauan Meranti yang terdiri dari pihak Bawaslu, Kepolisian, dan Kejaksaan sedang melakukan rapat untuk memetakan potensi kerawanan Pilkada
Tim Gakkumdu Kepulauan Meranti yang terdiri dari pihak Bawaslu, Kepolisian, dan Kejaksaan sedang melakukan rapat untuk memetakan potensi kerawanan Pilkada

SELATPANJANG - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kepulauan Meranti akan membentuk patroli siber guna mendukung pengawasan kampanye di media sosial (medsos).

Dimana jika ditemukan ada ujaran kebencian atau kampanye hitam (black campaign), maka Bawaslu segera meminta kepada platform medsos tersebut untuk menurunkannya dan akan dilaporkan ke pihak kepolisian.

Saat ini pembentukan itu segera dimatangkan, hanya saja masih menunggu instruksi pusat.

"Terkait pembentukan tim patroli siber di Kepulauan Meranti, kami masih menunggu intruksi dari Bawaslu RI. Tim tersebut bertujuan untuk mendukung pelaksanaan pengawasan kampanye di media sosial. Jika ditemukan kampanye hitam, ujaran kebencian, maka Bawaslu kabupaten akan meneruskan ke Bawaslu RI meminta kepada platform tersebut untuk menurunkannya," kata Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Lembaga, Bawaslu Kepulauan Meranti, Romi Indra.

"Terkait ujaran kebencian dan kampanye hitam kami juga sudah berkoordinasi dengan Polres Kepulauan Meranti, bahwa tim siber Polres juga sudah ada, terkait dengan pelanggaran UU ITE tentu akan kita teruskan juga ke pihak kepolisian," kata Romi lagi.

Dikatakan Romi, berkampanye di media sosial diperbolehkan dan hal itu diatur dalam PKPU kampanye, namun akun tersebut harus terdaftar di KPU.

Ditambahkan dalam melakukan penindakan terhadap akun palsu yang melakukan kampanye, Bawaslu memiliki ruang yang terbatas, makanya koordinasi dengan pihak kepolisian sangat diperlukan.

"Meski peran Bawaslu sangat diharapkan dalam melakukan fungsi pengawasan dan penindakan, tetapi kewenangannya terbatas hanya dalam Pasal 69 UU 10/2016 semata. Itulah kenapa kerja sama Bawaslu dengan pihak Kepolisian sangat diperlukan untuk melakukan penindakan, apabila ditemukan adanya dugaan pelanggaran yang terkait dengan UU lain," ungkapnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Kepulauan Meranti AKP Ario Damar, S.IK mengatakan untuk menciptakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti perlu intervensi dari Gakkumdu agar situasi ketentraman ketertiban masyarakat kondusif.

"Kita perlu juga melakukan pemetaan terkait daerah rawan dalam penyelenggaran Pilkada nantinya seperti Kampanye Hitam, politik uang dan mobilisasi ASN, dapat juga kita lakukan pemetaan terkait dengan basis pasangan calon yang nantinya bisa dianggap rawan dalam pemetaan," ungkap AKP Ario Damar.

Ario menambahkan terhadap akun media sosial yang tidak bertanggung jawab di luar yang didaftarkan di KPU juga berdampak terhadap Kamtibmas, preventif juga merupakan strategi yang dapat dilaksanakan dengan sosialisasi kepada masyarakat dan ASN misalnya terkait dengan aturan tindak pidana.

"Akun Medsos yang tidak didaftarkan ke KPU lalu melakukan kampanye hitam juga berdampak terhadap keamanan Pilkada, untuk itu perlu juga ditertibkan," ujarnya.

Penulis: Ali Imroen
Editor: Yusni Fatimah




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiBlokir Kirim Gambar dan Video di WA dan Medsos, Kata Wiranto Upaya Amankan Negeri
Seminar Milenial Anti-Hoax di UI (Divisi Humas Polri)Hoaks Kian Tersebar Jelang Pilpres 2019, Persentasenya Naik 85 Persen
Anggota DPRD Pekanbaru dari Fraksi PPP Zulkarnain SAgPolitik Memanas, Masyarakat Harus Bijak Gunakan Medsos
  Jubir TKN Jokowi-MaTKN Bantah Menristek Kampanyekan Jokowi-Maruf saat Bilang 'Coblos Satu Saja'
Ahmad Tamimi, Anggota Bawaslu Devisi Penyelesaian Sengketa PemiluBawaslu Inhil Ingatkan ASN, Perangkat Desa, dan TNI yang Aktiv di Medsos agar Pahami Aturan
Mahfud Md. Foto : DetikMahfud: Black Campaign Bisa Dipidana, Negative Campaign Dilawan dengan Argumen

 
Berita Lainnya :
  • Ahli Epidemiologi Riau Rekomendasikan Beberapa Langkah Penanganan Covid19
  • KPID Riau Siap Sukseskan Pilkada Serentak di 9 Kabupaten Kota
  • Bikin Heboh, Beredar Rekaman Sepasang Warga Binaan Bermesraan di Lapas Bangkinang
  • Semester I 2020, Ekspor Riau Naik 6,96 Persen
  • Ayo Buruan, Kuliah di AMIK Selatpanjang Gratis dan Dapat Uang Saku, Kuota Terbatas
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Alfedri Tetima SK Dukungan dari PKB
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved