www.halloriau.com
Politik
BREAKING NEWS :
Ahli Epidemiologi Riau Rekomendasikan Beberapa Langkah Penanganan Covid19
 
Keuangan Sulit, DPRD Minta Pemerintah Pusat Bantu Anggaran Pilkada Rohul
Kamis, 18 Juni 2020 - 06:41:54 WIB
Ketua DPRD Rohul, Novliwanda Ade Putra
Ketua DPRD Rohul, Novliwanda Ade Putra

PASIR PANGARAIAN - Saat ini tahapan Pilkada Rohul dilanjutkan di tengah ancaman pandemi Covid-19. Keputusan tersebut berdampak terhadap membengkaknya kebutuhan anggaran Pilkada Rohul, karena KPU harus menyesuaikan pelaksanaan tahapan Pilkada dengan protokol kesehatan.

Dari penyusunan ulang anggaran Pilkada yang sudah dilakukan, KPU Rohul butuh suntikan anggaran Rp12,8 miliar di luar anggaran Pilkada yang sudah disepakati dengan Pemkab Rohul dalam NPHD Rp28,5 miliar.

Tambahan anggaran tersebut digunakan untuk memenuhi sarana prasarana protokol kesehatan, seperti pengadaan APD bagi penyelenggara, penambahan TPS, hingga penyesuaian honorium Adhoc yang disebabkan penambahan TPS.

Dengan membengkaknya anggaran pelaksanaan Pilkada di tengah Covid 19, sangat memberatkan keuangan daerah yang kini "terpuruk" akibat adanya pemangkasan dana perimbangan oleh pemerintah pusat, yang difokuskan untuk penanganan Covid-19, serta tidak maksimalnya PAD akibat dampak Covid-19.

Menyikapi hal itu, Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra mengatakan, dengan kondisi keuangan daerah yang tidak stabil seperti sekarang, membengkaknya anggaran Pilkada untuk penyesuaian protokol kesehatan tentunya akan sangat membebani keuangan daerah.

Sehingga, dibutuhkan campur tangan dari Pemerintah Pusat dan Provinsi agar pelaksanaan Pilkada di Rohul dapat berjalan sukses dan lancar.

"Perubahan asumsi penerimaan khususnya dana perimbangan dan PAD membuat kondisi keuangan daerah juga tidak stabil. Saya minta pemerintah pusat ikut campur tangan terhadap tambahan pembiayaan Pilkada ini, sehingga tidak memberatkan anggaran daerah yang sudah melakukan beberapa kali optimalisasi dan rasionalisasi," tegas Novliwanda, Rabu (17/6/2020).

Novliwanda juga menegaskan dari optimalisasi dan rasionalisasi yang dilakukan, menyebabkan kondisi keuangan Rohul tidak stabil karena harus diakui potensi keuangan Rohul masih bergantung dari Penerimaan Dana Perimbangan Pusat.

"Sejauh ini Asusmi Penerimaan kita tidak seperti yang diasumsikan dalam APBD Murni.  Ini jadi PR kita baik dari Pemerintah ataupun DPRD. Seandainya asumsi penerimaan dana perimbangan 100 persen disalurkan ke daerah oleh pusat, saya rasa kitapun tidak keberatan jika anggaran Pilkada itu ditambah Rp10 hingga Rp13 miliar lagi," ucapnya.

Wanda juga menambahkan, pihaknya akan segera memanggil KPU, Bawaslu dan TAPD terkait kesiapan anggaran Pilkada terutama terkait realisasi anggaran Pilkada yang sudah dianggarkan dalam APBD Murni 2020 sekitar Rp50 miliar.

Penulis : Feri Hendrawan
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
H.Hafith Syukri- Erizal.STHafit Syukri - Erizal Optimis Dapat Dukungan Golkar di Pilkada Rohul 2020
Pasangan calon bupati Wakil Bupati, Sukiman- Indra Gunawan, resmi dapat dukungan PKS maju di Pilkada Rohul Desember 2020 mendatang.Setelah Demokrat, Giliran PKS Deklarasikan Sukiman-Indra Gunawan di Pilkada Rohul
IlustrasiKPU: Ada 4 Tahapan Pilkada Berpotensi Tularkan Covid-19
  Sekjen PKB Rohul Gading Marwardi.Hadapi Petahana, Kader PKB Rohul Siap Menangkan Hafit Syukri-Erizal di Pilkada Rohul
H.Sukiman didampingi Ketua DPC Demokrat Rohul Kelmi Amri, menunjukan SK ketua Umim DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, yang mengusung Sukiman di Kantor DPP Partai Demokrat, di Jalan Proklamasi, Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.Demokrat Resmi Usung Sukiman- Indra Gunawan di Pilkada Rohul, Kelmi Amri Siap Gerakkan Mesin Partai
Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan dan petinggi DPP PAN lainnya, serahkan SK mengusung Ir H Hafith Syukri MM dan Erizal ST, sebagai pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati maju di Pilkada Rohul Desember 2020 mendatang.Terima SK DPP PAN, Hafith Syukri - Erizal Resmi "Berlayar" di Pilkada Rohul

 
Berita Lainnya :
  • Ahli Epidemiologi Riau Rekomendasikan Beberapa Langkah Penanganan Covid19
  • KPID Riau Siap Sukseskan Pilkada Serentak di 9 Kabupaten Kota
  • Bikin Heboh, Beredar Rekaman Sepasang Warga Binaan Bermesraan di Lapas Bangkinang
  • Semester I 2020, Ekspor Riau Naik 6,96 Persen
  • Ayo Buruan, Kuliah di AMIK Selatpanjang Gratis dan Dapat Uang Saku, Kuota Terbatas
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Alfedri Tetima SK Dukungan dari PKB
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved