www.halloriau.com
Politik
BREAKING NEWS :
Sudah 48 Orang Meninggal setelah Disuntik Vaksin Flu di Korea Selatan
 
Bawaslu Riau Rakor dengan Bawaslu Kab/Kota, Bahas Strategi Pengawasan​ Pilkada di Tengah Pandemi
Senin, 15 Juni 2020 - 21:52:24 WIB
Bawaslu Riau menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) perdana dengan Bawaslu Kabupaten/Kota, saat kondisi New Normal.
Bawaslu Riau menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) perdana dengan Bawaslu Kabupaten/Kota, saat kondisi New Normal.

PEKANBARU - Guna membahas strategi Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tengah Covid-19, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) perdana dengan Bawaslu Kabupaten/Kota, saat kondisi New Normal. 

Pertemuan ini merupakan pertemuan tatap muka pertama kali setelah sebelumnya sudah 2 bulan lebih lamanya Pekanbaru berlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Rapat dipimpin langsung Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan yang digelar di aula Bawaslu Riau, di Jalan Adi Sucipto, No.284 Komplek Transito, Pekanbaru, Provinsi Riau, Senin (15/6/2020).

Rusidi Rusdan yang didampingi anggota dan Kepala Sekretariat menjelaskan bahwa tujuan rapat adalah membahas Strategi pengawasan Pilkada untuk 9 Kabupaten/Kota. 

"KPU kan sudah mencabut status tunda tahapan Pilkada mulai hari ini, jadi kita perlu membahas bagaimana strategi pengawasan yang disesuaikan dengan situasi covid-19," terang Rusidi.

Terlihat peserta rapat yang hadir yakni Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO), Koordinator Sekretariat, dan 1 orang  staf dari Bawaslu Kabupaten Pelalawan, Siak, Kuantan Singingi dan Kota Dumai.

Sementara itu, Koordinator Divisi SDM Bawaslu Riau, Hasan menyampaikan bahwa kemarin, tanggal 14 Juni 2020, sudah dilakukan pengaktifan kembali jajaran pengawas Ad Hoc di tingkat Kecamatan dan Kelurahan/Desa se-Riau. 

Hasan meminta kepada peserta untuk menyampaikan informasi pengawas Ad Hoc daerah mana saja yang terkendala seperti adanya pengawas yang terkena covid-19​ atau pengawas yang mengundurkan diri.

"Pengaktifkan kembali Panwascam dan Panwas Keluarahan/Desa sesuai arahan dari Bawaslu RI dengan nomor Surat Edaran 1097 Tahun 2020. Saat ini, Bawaslu RI meminta kepada sahabat semua untuk melakukan rekapitulasi permasalahan yang ada, seperti berapa jumlah pengawas kita yang terdampak covid atau mengundurkan diri," kata Hasan.

Saat memberikan sambutan, Kepala Sekretariat Bawaslu Riau, Anderson menyampaikan terkait Kabupaten Indragiri Hulu yang memiliki calon perseorangan, sehingga ada tahapan yang mengharuskan diawasi.

"Khusus Bawaslu Inhu, dimana ada calon perseorangan pada Pilkada 2020, maka perlu dilakukan pengawasan di tahapan verifikasi aktual ini. Bawaslu Inhu harus cepat mempersiapkan APD untuk pengawas kita secara mandiri," papar Anderson.

Saat sesi tanya jawab, didapatkan informasi bahwa terdapat 3 orang yang mengundurkan diri menjadi pengawas Kecamatan ataupun pengawas Kelurahan/Desa. 

Selain itu, terdapat 2 orang kepala sekretariat kecamatan di Kabupaten Siak yang mengundurkan diri.

"Untuk Kasek Kecamatan yang mengundurkan diri di Kabupaten Siak, maka dapat kita ikuti mekanisme pergantian sesuai dengan persekjen Nomor 1 Tahun 2017. Namun agar pengawasan di kecamatan tidak terganggu, maka dapat menunjuk staf di sekretariat Kabupaten sebagai pengganti sementara," ujar Hasan menjawab.

Akhir kegiatan, Koordinator Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Riau, Neil Antariksa menyimpulkan bahwa Pemerintah telah menentukan tanggal 9 Desember 2020 merupakan hari pemungutan suara pada Pilkada 2020 di 9 Kabupaten/Kota se-Riau. Ditambah dengan kesediaan pemerintah untuk memberikan tambahan anggara terkait APD sehingga tidak ada alasan Bawaslu Kabupaten Kota tidak dapat melakukan pengawasan.

Penulis : Helmi 
Editor: Yusni​ Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    

Cawabup Rohil, Drs H Jamiluddin mempraktekkan cara mencoblos yang benar kepada masyarakat Kecamatan Pekaitan.Kampanye di Dua Kecamatan, Paslon Sudin Tampung Berbagai Aspirasi Masyarakat
Supervisi dan Monitoring Kapolda Riau ke KPU Bengkalis.Bawaslu Minta Pemkab Bengkalis Tempatkan Satgas Covid-19 saat Kampanye
Sykuran HUT ke-56 Partai Golkar diselenggarakan secara virtual.Ikuti Syukuran HUT ke-56 Partai Golkar Secara Virtual, DPD Riau Berharap Menang di Pilkada
  Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan Agar Terapkan Prokes Covid-19, Bawaslu Riau Awasi Ketat Kampanye Pilkada
IlustrasiPelanggaran Protokol Kesehatan di Kampanye Pilkada Riau Dinilai Minim
Ketua KPU Rohil Supriyanto SPI MSi.Sukseskan Pilkada Rohil 2020, Pemilih harus Taat Prokes Covid-19

BERITA LAINNYA    
IlustrasiSudah 48 Orang Meninggal setelah Disuntik Vaksin Flu di Korea Selatan
Operasi yustisi protokol kesehatan.Tegakkan Disiplin Prokes Covid-19, Polsek Tanah Putih dan Koramil 02 Terus Lakukan Operasi Yustisi
IlustrasiDari 294 Kasus Baru Covid-19 Riau Hari Ini, Pekanbaru Sumbang 121
  Almarhum semasa hidupnya.Dunia Pers Riau Berduka, Wartawan Berdedikasi Itu Mendahului Kita
Sekda Kepulauan Meranti, Dr H Kamsol.Libur Cuti Bersama, Sekda Kepulauan Meranti Imbau ASN Tak Keluar Daerah
Kolase penangkapan kurir narkoba yang ternyata oknum polisi.Sejak Awal Tahun, 113 Polisi Dipecat, Kebanyakan karena Narkoba
Komentar Anda :

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Potret Lensa
Alfedri Tetima SK Dukungan dari PKB
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved