www.halloriau.com
Politik
BREAKING NEWS :
Lurah Rimba Melintang Bentuk Posko Covid-19 di Setiap RT
 
Disepakati, Juni Tahapan Pilkada Dilanjutkan, 9 Desember Pemungutan Suara
Rabu, 27 Mei 2020 - 22:13:12 WIB
Ilustrasi simulasi pemungutan suara. Foto: CNNIndonesia
Ilustrasi simulasi pemungutan suara. Foto: CNNIndonesia

JAKARTA - Komisi II DPR, Kementerian Dalam Negeri, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), serta Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) sepakat tahapan Pilkada 2020 mulai dijalankan kembali pada 15 Juni mendatang. Pemungutan suara akan dihelat pada 9 Desember mendatang.

Kesepakatan terjalin usai Komisi II menyetujui perubahan Rancangan Peraturan KPU RI (PKPU) tentang Perubahan Ketiga atas PKPU Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020.

"Yang tahapan lanjutan [Pilkada 2020] dimulai pada 15 Juni 2020," kata Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia saat membacakan kesimpulan rapat antara Komisi II DPR, KPU, Bawaslu, Kemendagri dan DKPP secara virtual, Rabu (27/5).

Doli meminta agar seluruh rangkaian tahapan Pilkada itu harus disesuaikan dengan protokol kesehatan penanganan virus corona yang ketat. KPU juga harus tetap berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19.

Tak hanya itu, Pemerintah, DPR, dan KPU juga sepakat pemungutan suara Pilkada serentak 2020 tetap digelar pada 9 Desember 2020 mendatang. Keputusan itu telah mempertimbangkan saran, usulan dan dukungan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melalui surat B-196/KA GUGUS/PD.01.02/05/2020 tanggal 27 Mei 2020.

"Maka kita tetap sepakat memilih opsi nomor satu pelaksanaan pilkada hari pencoblosan 9 Desember 2020," ujar Doli.

Selanjutnya, Doli meminta KPU, Bawaslu serta DKPP untuk mengajukan usulan tambahan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada 2020 di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Diketahui, KPU berencana meminta tambahan anggaran Rp535,9 miliar untuk membeli alat pelindung diri para petugas pemilu dan 105 juta pemilih di 270 daerah.

"Seluruh konsekuensi itu termasuk anggaran akan kita perhatian dan akan kita bahas pada rapat berikutnya," kata Doli.

Tahapan Pilkada 2019 yang akan dilanjutkan pada Juni mendatang yakni pembentukan panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS), kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan seterusnya.

Kemudian, masa pendaftaran bakal calon kepala daerah dibuka pada 4-6 September. Selanjutnya dilakukan verifikasi terhadap bakal calon yang mendaftar. Kemudian, penetapan pasangan calon kepala daerah 23 September.

Tahapan kampanye berlangsung pada 26 September hingga 5 Desember atau 71 hari. Pemungutan suara dilakukan pada 9 Desember secara serentak di 270 daerah sekaligus penghitungan suara di TPS.

Dilanjut penghitungan suara di kecamatan pada 10-14 Desember, lalu penghitungan suara di kabupaten/kota 13-17 Desember. Penghitungan suara di tingkat provinsi untuk pemilihan gubernur berlangsung pada 16-20 Desember. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Komisioner KPU Bidang Parmas dan SDM, Hanafi SSos saat menjelaskan kepada tim sukses Bacalon terkait persyaratan pencalonan Pilbup Kepulauan Meranti 2020.Pilkada Kepulauan Meranti, Bacalon Diminta Segera Berkoordinasi dengan KPU
IlustrasiMulai 4 September, KPU Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah
Ketua Bawaslu Provinsi Riau, Rusidi RusdanDi Tengah Pandemi Corona, Bawaslu Riau Ingatkan Bakal Calon Kepala Daerah Tak Berkampanye
  IlustrasiPilkada Kuansing Bakal Seru, Tiga Pasangan Dapat Dukungan Partai dan Siap Maju
Ilustrasi simulasi pemungutan suara. Foto: CNNIndonesiaDisepakati, Juni Tahapan Pilkada Dilanjutkan, 9 Desember Pemungutan Suara
Rapat jarak jauh antara KPU RI dan KPU Riau, Jumat (21/2). Foto: AntaraKPU Bahas Kesiapan dan Permasalahan Pilkada Riau 2020

 
Berita Lainnya :
  • Lurah Rimba Melintang Bentuk Posko Covid-19 di Setiap RT
  • Jika Ditahan, Tersangka Ancam Bongkar Siapa Saja yang Makan Uang Hasil Korupsi Video Wall Pekanbaru
  • Wajib Pajak Kucing-kucingan, Pemkab Kepulauan Meranti Harus Rela Kehilangan Rp 300 Juta Lebih
  • Kota Dumai akan Uji Coba Belajar Tatap Muka, Sekolah Wajib Ajukan Proposal Protokol Kesehatan Covid-19
  • Sempat Ditahan, Kini Dua Tersangka Korupsi di Disdik Riau Malah Jadi Tahanan Kota
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Alfedri Tetima SK Dukungan dari PKB
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved