www.halloriau.com
Politik
BREAKING NEWS :
Ngeri! Jorok tapi Ramai, Ini Ciri-cirinya Rumah Makan Pakai Penglaris
 
Diikuti 689 Peserta, Bawaslu Riau Launching SKPP untuk Pilkada 2020 Senin Lusa
Sabtu, 02 Mei 2020 - 14:44:31 WIB
Kepala Bawaslu Riau Rusidin Rusdan
Kepala Bawaslu Riau Rusidin Rusdan

PEKANBARU - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Riau rencananya pada Senin (4/5/2020) akan melaunching Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP). 

Dalam program itu, para peserta akan dipersiapkan untuk ikut mengawasi proses jalannya​ Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 serentak di 9 kabupaten di Riau.

Kepala Bawaslu Riau Rusidin Rusdan, mengatakan bahwa program SKPP ini akan diikuti 689 orang peserta yang telah dinyatakan lulus dan memenuhi syarat untuk mengikuti program tersebut. 

"Ada sebanyak 689 orang para peserta masuk ke SKPP setelah diseleksi dan dinyatakan lulus dan memenuhi syaratnya. Mereka ini diseleksi dari 12 kabupaten/kota se-Provinsi Riau," ungkap Rusidi, Sabtu (2/5/2020) siang. 

Lebih lanjut, Rusidi menuturkan nantinya para peserta yang mengikuti program dalam masa pembelajaran di SKPP ini, adalah bentuk masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam pengawasan Pilkda 2020 serentak. 

"Launching SKPP Riau ini rencananya, Senin (4/5/2020) besok untuk di wilayah Provinsi Riau. Sedangkan untuk se-Indonesia, sekarang tanggal 2 Mei 2020 yang juga bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas,red)," terang Rusidi. 

Menurut Rusidi, Launcing SKPP akan menggunakan media video teleconference yang nantinya langsung tatap muka antara peserta yang lulus dengan anggota Bawaslu RI M. Afifuddin.

Untuk peserta dari Pekanbaru jumlahnya ada sebanyak 251 orang, disusul Kampar 112 orang. Dari Bengkalis ada 53 orang, Rohil 50 orang, Siak 43 orang, lalu Inhil 41 orang. Sedangkan Rohul sebanyak 35 orang, Kuansing 31 orang, Pelalawan 25. 

"Lalu Inhu ada 22 orang, Kepulauan Meranti 14 dan sisanya dari Kota Dumai sebanyak 13 orang. Mereka ini akan diberikan 6 point utama," sambung Rusidi. 

Adapun point utama program tersebut, diantaranya, Mapping potensi konflik sosial, Pembangunan jejaring antara masyarakat sipil, Media, Perguruan tinggi, komunitas antara masyarakat dengan peserta. 

Lalu Penyusunan langkah antisipatif pelanggaran, Mendorong pengawasan partisipatif masyarakat dan Optimalisasi media sosial, serta Penggunaan instrumen yang terukur dalam pengawasan di tiap tahapan pemilihan.

Kordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Neil Antariksa, mengajak seluruh masyarakat khususnya peserta yang dinyatakan lulus agar mengikuti pembelajaran SKPP ini dengan serius. Mulai pembukaan hingga ujian akhir Juni 2020 mendatang.

"Kami mengajak kepada seluruh masyarakat dan peserta lulus, mari bersama kita bergabung mengikuti pembukaan dan pembelajaran yang akan disiarkan melalui media sosial Bawaslu Provinsi Riau," ujarnya.

Penulis : Helmi 
Editor: Yusni Fatimah



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan12 Hari Kampanye Pilkada, Bawaslu Riau Catat 449 Pertemuan, Dua Terpaksa Dibubarkan
Pilkada aman dari Covid-19 bila semua pihak terkait patuhi protokol kesehatan dan aturan yang ditetapkan.Waspadai Covid-19 di Tahapan Pilkada, Paslon Kampanye Virtual Patut Diacungi Jempol
Ketua KPU Rohul Elfendri bersama komisioner KPU dan undangan lainnya, rapat penetapan peserta Bupati dan Wabup Rohul 2020 di ruang rapat KPU Rohul, dan menyatakan tiga Paslon sudah memenuhi syarat maju di Pilkada Rohul 2020.KPU Tetapkan Tiga Paslon Bupati dan Wabup Rohul sudah Penuhi Syarat Maju di Pilkada 2020
  Baliho dan spanduk yang menyalahi aturan ditertibakan Bawaslu.Bawaslu Riau Tertibkan 11.890 Spanduk dan Baliho Paslon Salahi Aturan, Terbanyak di Rohul
KPU Inhu tetapkan 5 pasangan calon yang akan menjadi peserta pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.KPU Inhu Tetapkan 5 Paslon Pilkada 2020, Ini Nama-namanya...
KPU Bengkalis berharap semua proses tahapan Pilkada berjalan sesuai dengan standar Covid-19 dan semua peserta pemilihan wajib patuhi protokol kesehatan.Penetapan Paslon Pilkada Bengkalis Diumumkan Melalui Website

BERITA LAINNYA    
IlustrasiNgeri! Jorok tapi Ramai, Ini Ciri-cirinya Rumah Makan Pakai Penglaris
Karimun Wagon RKarimun Wagon R Dongkrak Penjualan Suzuki
Cross Rockford Fosgate Blacke Edition dan Xpander Black Edition resmi meluncurEdisi Terbatas, Mitsubishi Luncurkan Dua Xpander Edisi Serba Hitam
  Ilustrasi782 Pasien Positif Covid-19 di Siak Sembuh
Warga Dusun Sei Deras Desa Sukamaju Kecamatan Rambah, masih menjaga tradisi gotong royong bukan hanya bersih kampung dan perbaikan jalan bahkan renovasi masjid juga dilakukanPertahankan Tradisi, Warga Sei Deras Goro Bangun Masjid Al-Wahdah
Kadisdukcapil Rohil, Basaruddin SH.Putus Mata Rantai Covid-19, Disdukcapil Rohil Batasi Jam Pelayanan Petugas
Komentar Anda :

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Potret Lensa
Alfedri Tetima SK Dukungan dari PKB
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved