www.halloriau.com
Politik
BREAKING NEWS :
Relaksasi Pajak di Pekanbaru, Penghapusan Denda Sampai 14 Juli 2020
 
Hari Ini KPU Kabupaten/Kota Mulai Proses Perekrutan PPK untuk Pilkada Riau
Rabu, 15 Januari 2020 - 12:08:40 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

PEKANBARU - Mulai hari ini Rabu (15/1/2020) KPU Kabupaten dan Kota yang menyelenggarakan Pilkada mulai proses perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Dimulai dengan proses sosialisasi dan pengumuman.

"Sesuai dengan jadwalnya hari ini akan dimulai proses perekrutan, sedangkan untuk pendaftaran dimulai 18 Januari," ujar Komisioner KPU Riau Divisi Sosialisasi Nugroho Noto Susanto dikutip dari tribunpekanbaru Rabu (15/1/2020).

Tahapan pembentukan badan adhoc dimulai dari pengumuman, penyerahan berkas pendaftaran, penelitian administrasi, ujian tertulis, wawancara, tanggapan masyarakat, pengumuman anggota PPK terpilih, hingga pelantikan PPK pada 29 Februari.

Tanggal 1 Maret 2020 PPK sudah mulai bekerja.

Semua proses pembentukan akan dilaksanakan oleh KPU Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan pemilihan 2020 di provinsi Riau.

Dan KPU Riau akan selalu melakukan monitoring/supervisi terhadap tahapan pembentukan Badan Adhoc agar semua berjalan sesuai dengan regulasi.

Sebagaimana diketahui lanjut Nugroho Noto Susanto, Pembentukan badan Adhoc pada pemilihan Bupati/wakil Bupati, Walikota/Wakil walikota adalah perintah undang-undang pemilihan Nomor 10 tahun 2016.

Sedangkan tata aturan pembentukannya akan dijabarkan melalui peraturan KPU.

Dalam rangka menyamakan persepsi, KPU Riau sebelumnya juga sudah menyelenggarakan Rapat Koordinasi dengan seluruh KPU Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan pemilihan di Provinsi Riau.

Nugroho Noto Susanto menekankan pentingnya KPU Kabupaten/Kota untuk menyeleksi putra terbaik di setiap Kabupaten/Kota untuk menjadi anggota PPK.

"Tolong perhatikan betul soal integritas, kecakapan, dan kepemimpinan calon anggota PPK"ujar Nugroho Noto Susanto.

Nugroho Noto Susanto, menitikberatkan kepada seluruh anggota KPU divisi SDM, dan Kasubag yang bertanggungjawab terhadap urusan seleksi SDM di Kabupaten/Kota untuk membaca, dan mencermati regulasi yang mengatur soal pembentukan badan Adhoc di pemilihan 2020 ini.

Di antara hal-hal penting yang harus diperhatikan KPU Kabupaten/Kota adalah persyaratan menjadi anggota PPK, seleksi tertulis, tanggapan masyarakat, rekam jejak dari calon anggota PPK.

Untuk itu, kepada seluruh KPU Kabupaten/Kota agar melakukan digitalisasi dokumen penting seperti Pedoman Teknis Tata Kerja KPU Kabupaten/Kota dan BAdan Adhoc, Pedoman teknis pembentukan badan Adhoc, Surat Keputusan Pedoman Teknis, Surat Keputusan Anggota PPK terpilih, dan sebagainya.

Berbagai dokumen yang didigitalisasi tersebut, akan diunggah di website KPU, sehingga publik dapat mengakses produk hukum yang dilahirkan oleh KPU, baik di tingkat RI, Provinsi, ataupun Kabupaten/Kota.

"Tidak banyak perubahan terkait regulasi. Hanya ada perubahan yang muncul adalah syarat harus diperhatikan calon PPK, tidak pernah menjadi tim kampanye pemilu/pemilihan sekurang-kurangnya dalam lima tahun terakhir yang dibuktikan dengan pernyataan yang sah," ujar nugroho.

Selain butir ini, syarat-syarat menjadi anggota PPK masih berpedoman pada PKPU yang lama. Merujuk dari PKPU 13 tahun 2017, persyaratan menjadi angggota PPK. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiTambah TPS di Pilkada, Bawaslu Riau Coba Rasionalisasikan Anggaran
Rapat jarak jauh antara KPU RI dan KPU Riau, Jumat (21/2). Foto: AntaraKPU Bahas Kesiapan dan Permasalahan Pilkada Riau 2020
Anggota Komisi II DPR RI Arsyadjuliandi Rachman saat kunjungi Bawaslu Riau. Foto: AntaraKunjungi Bawaslu Riau, DPR RI: Hanya Ingin Pastikan Pilkada 2020 Berjalan Lancar
  IlustrasiPresiden Jokowi Sahkan Perppu Penundaan Pilkada, Pelaksanaan Pilkada Riau Jadi Desember 2020
Ilustrasi.2.842 Pelamar Lulus Seleksi Administrasi PPK Pilkada Riau, Kuansing Terbanyak
Ilustrasi.Hari Ini KPU Kabupaten/Kota Mulai Proses Perekrutan PPK untuk Pilkada Riau

 
Berita Lainnya :
  • Relaksasi Pajak di Pekanbaru, Penghapusan Denda Sampai 14 Juli 2020
  • Menjaga Hutan Kala Pandemi: Kisah Tim Reaksi Cepat APP Sinar Mas
  • Seharian Ini Riau Diprediksi Diguyur Hujan
  • Riset KBI E-Ducentre Memproyeksikan Resi Gudang Gabah dan Beras akan Tumbuh di Semester II Tahun 2020
  • Terdampak Covid, Pendapatan Perumnas Anjlok hingga 50%
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    PPP Serahkan Dukungan kepada Alfedri
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved