www.halloriau.com
Politik
BREAKING NEWS :
Pimpin Musrenbang Sungai Apit, Pj Sekda Siak Berharap Usulan 2021 Dapat Terealisasi
 
Anak Jokowi-Ma'ruf Ikut Pencalonan Pilkada Disebut Bakal Lemahkan Parpol
Minggu, 29/12/2019 - 07:28:50 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA - Anak-anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma'ruf Amin sudah mendaftarkan diri ke sejumlah parpol untuk mendapat dukungan di Pilkada 2020. Jika keluarga Jokowi-Ma'ruf jadi diusung, hal itu dinilai bisa melemahkan parpol.

Direktur Eksekutif Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia (UI) Aditya Perdana awalnya menjelaskan soal partai politik yang memikirkan kepastian untuk menang saat mengusung calon di Pilkada. Hal ini membuat parpol menyambut hangat jika anak-anak Presiden dan Wapres maju karena popularitas yang tinggi.

"Mereka harus punya kepastian siapa yang menang. Sehingga ketika ada orang yang ingin mendorong anak-anak presiden atau wakil presiden atau siapapun itu, maka itu pasti akan disambut oleh partai. Karena mereka tahu itu ada keuntungan yang bisa diperoleh. Mereka pasti akan populer, elektabilitas diyakini ada," ucap Aditya, Sabtu (28/12/2019) dikutip dari Detik.

Dia menilai latar belakang politik dari anggota keluarga presiden dan wapres yang maju Pilkada bukan pertimbangan utama bagi parpol. Aditya menyebut sikap parpol yang demikian itu bisa memperlemah parpol dan memberi efek buruk bagi kaderisasi di internal parpol.

"Ini yang problem kita, ini yang membuat partai politik di Indonesia menjadi semakin lemah. Semakin lemah itu adalah tentu kaderisasi tidak akan berjalan dengan baik karena partai banyak mempertimbangkan dari luar itu yang diambil menjadi calon ketimbang kadernya sendiri. Itu disayangkan," kata Aditya.

Sementara itu, Peneliti departemen politik dari Center for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandes, mengatakan ada sejumlah hal yang harus dilihat terkait anak-anak Jokowi-Ma'ruf yang ingin maju Pilkada 2020. Arya menyebut hal pertama yang harus dilihat adalah soal ada atau tidaknya pengistimewaan bagi keluarga Jokowi-Ma'ruf saat mendaftar sebagai bakal calon kepala daerah lewat parpol.

"Apakah partai bisa memastikan mereka melalui proses tahapan penjaringan yang berlaku di internal partai. Apakah mereka mendapatkan perlakuan yang sama dibanding calon lain. Menjadi kurang ideal kalau mereka mendapat previlege," ucap Arya.

Kedua, Arya mengatakan hal yang harus dinilai adalah sejauh mana partai mempertimbangkan suara pengurus di daerah terkait mendaftarnya anak Jokowi-Ma'ruf di Pilkada 2020. Dia menyebut hal itu terlihat dari penerbitan rekomendasi pencalonan dalam Pilkada.

"Proses ketiga adalah dalam hal kampanye. Sejauh mana proses pelaksanaan kampanye tidak memanfaatkan jaringan politik presiden dan wakil presiden, seberapa netral ASN, apakah ada mobilisasi atau tidak. Begitu juga sumber-sumber pendanaan terbuka atau tidak," ucapnya.

Untuk diketahui, anak Jokowi yang hendak maju Pilkada adalah putra pertamanya, Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Surakarta (Solo) dan menantunya Bobby Nasution di Pilkada Medan. Sementara anak Ma'ruf yang hendak maju di Pilkada adalah putrinya, Siti Nur Azizah di Pilkada Tangsel.

Bobby dan Azizah juga sudah menemui Ketum Gerindra Prabowo Subianto terkait pencalonan mereka di Pilkada masing-masing. Meski demikian, pertemuan itu sebatas silaturahmi dan Gerindra belum menentukan nama yang akan diusung. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
 

 
Berita Lainnya :
  • Pimpin Musrenbang Sungai Apit, Pj Sekda Siak Berharap Usulan 2021 Dapat Terealisasi
  • Pemilik Kayu Illog 20 Ton Masih DPO, Sewa Kapal Pompong Milik Warga
  • Izin Kadaluarsa, Satpol PP Meranti Akan Langsung Segel Panglong Arang
  • Warga Minta Dibangun Turap, Sukarmis: Siapkan Proposalnya, Nanti Akan Diupayakan
  • Polda Riau Gagalkan Kayu Illog 20 Ton yang Akan Dibawa ke Bengkalis
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Warga Riau Protes Tak Dapat Hak Suara
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved