www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Penularan Covid-19 Bisa Lewat AC Mobil, Ini Cara Menanganinya
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Ini Makna Meranti Berseri Menurut Hery Saputra
Kamis, 26 Desember 2019 - 11:37:24 WIB
akal calon Wakil Bupati Kepulauan Meranti Hery Saputra SH
akal calon Wakil Bupati Kepulauan Meranti Hery Saputra SH

SELATPANJANG - Bakal calon Wakil Bupati Kepulauan Meranti Hery Saputra SH terus meningkatkan sosialisasi dan konsolidasi. Dia bertekad untuk mewujudkan Meranti Berseri dalam pembangunan bila terpilih kelak.

Tekad Hery bukan tanpa alasan. Menurutnya, program pembangunan yang dilaksanakan Bupati Irwan dan Said Hasyim saat ini perlu dilanjutkan karena sudah berdiri pondasi pembangunan yang kokoh.

"Era Bupati Irwan telah berhasil meletakkan pondasi pembangunan yang kokoh baik di bidang infrastruktur publik, pelayanan kesehatan, pendidikan dan pertumbuhan ekonomi serta segi sosial politik yang stabil. Jika diamanahkan rakyat, kita akan melanjutkan pembangunan ini agar wajah Meranti makin berseri baik di level regional dan nasional," ungkap Hery.

Menurutnya, slogan berseri bukan hanya singkatan bersama Said-Hery tetapi juga dapat dimaknakan bersatu membangun ekonomi negeri. Ke depan, Hery mengaku akan fokus pada aspek pertumbuhan dan kemandirian ekonomi masyarakat.

Tekadnya ke depan adalah fokus mengembangkan usaha yang meningkatkan pendapatan masyarakat. Caranya, dengan mengembangkan potensi ekonomi lokal yakni pertanian, perkebunan, perikanan, dan industri kecil dan menengah (IKM).

"Kita perlu memperkuat sektor produksi dan usaha masyarakat agar ekonomi mereka mandiri. Kita perlu modernisasi alat-alat pertanian dan perkebunan, serta perikanan dan mendidik masyarakat kita gemar berwirausaha," tegasnya.

Menurut pria yang menjabat Kepala Bagian Humas ini, tantangan ekonomi kedepan semakin berat. Dia bertekad pembangunan infrastruktur jalan, Roro, pasar, dan pelabuhan yang dibangun saat ini tidak sekedar dimanfaatkan untuk keperluan biasa tetapi dimanfaatkan untuk kemajuan usaha yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Jangan sampai dimanfaatkan orang dari luar, maksudnya kita malah membeli barang yang didatangkan dari luar padahal bisa dihasilkan di daerah kita. Saya contohkan kebutuhan beras, sayuran, kopi, dan beberapa produk pangan dan perikanan lainnya bisa kita hasilkan sendiri bila digarap dengan baik," terang dia.

Hery memberi contoh kecil yakni kebutuhan ikan lele dan nila dimana masih didatangkan dari Pekanbaru. Padahal Meranti punya potensi peternakan ikan lele dan nila. Begitu juga cabe dan sayuran lainnya.

"Seperti juga makanan ringan dalam kemasan. Kita punya sagu yang bisa diolah jadi makanan ringan dalam kemasan. Juga kelapa dan kopi. Kita perlu tingkat pengetahuan dan keterampilan pengrajin kita, juga peralatan yang lebih baik," ungkap dia.

Mengembangkan ekonomi kerakyatan adalah salah satu titik fokus yang akan dilakukan Hery kelak. Di samping itu tentu pula infrastruktur publik seperti jalan, pelabuhan, listrik, fasilitas kesehatan dan pendidikan serta air bersih.

Hery akan mendampingi Said Hasyim dalam pilkada bupati-wakil bupati Meranti tahun depan. Pasangan ini sudah mendaftar ke beberapa partai seperti Golkar, PAN, Nasdem, Demokrat dan PPP.

Terhadap kondisi keuangan daerah yang tertekan seperti sekarang, Hery berharap tahun-tahun mendatang akan membaik. Dia yakin ekonomi nasional akan membaik dan berdampak positif pada keuangan daerah.

"Makanya ke depan kita akan fokus pada sektor usaha masyarakat. Bila pertumbuhan usaha masyarakat meningkat, kemampuan membayar pajak dan retribusi daerah juga meningkat sehingga pendapatan daerah juga bertambah. Jadi, iklim usaha lokal yang positif berkembang akan membantu keuangan daerah," papar dia.

Penulis : Ali Imroen
Editor : Yusni Fatimah



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
IlustrasiPenularan Covid-19 Bisa Lewat AC Mobil, Ini Cara Menanganinya
Gelandang Timnas Italia Manuel Locatelli merayakan golnya ke gawang Swiss bersama dengan Lorenzo Insigne pada laga Grup A Euro 2020 di Estadio Olimpico, Roma, pada 16 Juni 2021. Foto: KompasHasil Piala Eropa: Italia Tampil Memukau, Rusia Buka Peluang
Terawan Agus PutrantoDitanya Kenapa Vaksin Nusantara Dianggap Bahaya, Jawaban Terawan Mengejutkan!
Pabrik PT SDO di Kelurahan Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai terbakar pada Rabu malam (16/6/2021).Pabrik PT SDO Group Apical di Lubuk Gaung Dumai Terbakar
Wakil Walikota Pekanbaru Ayat CahyadiAyat Cahyadi: Akhir 2021 Masyarakat Pekanbaru Ditargetkan Tak Lagi Pakai Masker
  IlustrasiUsai Divaksin AstraZeneca, Puluhan Pekerja di Batam Dilarikan ke Rumah Sakit
istHasil Italia Vs Swiss: Gli Azzurri Menang 3-0, Lolos ke Babak 16 Besar
Pabrik PT. SDO di Lubuk Gaung Kota Dumai terbakar pada Rabu malam ( 16/6/2021).Dua Pekerja Dikabarkan Tewas Akibat Kebakaran Pabrik PT Sari Dumai Oleo
Lagi, Warga Satu Kampung Terjangkit Corona, Kali Ini di Magelang
JerinxBCL Positif Covid-19, Jerinx: Jangan Kau Jadikan Bali Kambing Hitam, Ya!
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved