www.halloriau.com
Politik
BREAKING NEWS :
Pembak Kuansing Akan Surati Kementerian Pariwisata Terkait Pelaksanaan Pacu Jalur
 
Akhir November, Bawaslu Pelalawan Buka Perekrutan Panwascam, Ini Syaratnya
Rabu, 13 November 2019 - 18:23:39 WIB
Ketua Bawaslu Pelalawan, Mubrur, SPi
Ketua Bawaslu Pelalawan, Mubrur, SPi

PELALAWAN - Jelang Pilkada Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pelalawan kembali membuka pendaftaran untuk Calon Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan ddalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan. Pendaftaran Panwascam ini diberikan kewenangan bagi Bawaslu berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Bawaslu Pelalawan, Mubrur SPi, melalui Divisi Pengawasan Bawaslu Pelalawan, Bustami SPdi, MPdi pada media ini, Rabu (13/11/2019). Menurutnya, para petugas Panwascam hasil Pileg dan Pilpres kemarin telah habis masa tugasnya per Juni 2019 lalu.

"Karena itu, kami diberikan kewenangan berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum untuk merekrut kembali Panwascam untuk Pilkada Bupati tahun 2020 mendatang," katanya.

Dia menjelaskan bahwa untuk waktu pendaftaran Panwascam Pilkada Bupati ini, berkas pendaftaran hanya diberi waktu dari tanggal 27 November sampai 3 Desember 2019. Dokumen pendaftaran dapat dikirim melalui pos kilat atau disampaikan secara langsung ke Sekretariat Kelompok Kerja Pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan di kantor Bawaslu Kabupaten Pelalawan.

"Dokumen persyaratan dibuat masing-masing rangkap 3 (tiga), terdiri dari 1 (satu) rangkap asli dan 2 (dua) rangkap fotocopy. Untuk pendaftaran tak ada dipungut biaya sama sekali, dan seleksi terdiri seleksi berkas, tes tertulis dan wawancara," ujarnya seraya mengatakan bahwa untuk keterangan  lebih  lanjut dapat diperoleh di laman Bawaslu Kabupaten Pelalawan dan Sekretariat Bawaslu Kabupaten Pelalawan atau di http://pelalawan.bawaslu.go.id/

Disinggung soal persyaratan menjadi Panwascam sendiri, Bustami menjelaskan bahwa untuk persyaratan sendiri sudah tercantum dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu seperti usia minimal 25 tahun dengan pendidikan paling rendah SMA sederajat.

"Sementara untuk syarat lainnya normatif, seperti tidak terlibat dalam partai politik dalam kurun waktu lima tahun, tidak pernah berbuat tindakan kriminal dan siap kerja penuh waktu. Adapun rangkaian seleksi nantinya terdiri atas administrasi, tes tulis dan wawancara,” tandasnya.

Dikatakannya bahwa untuk tugas Panwascam sendiri diantaranya mengawasi tahapan penyelenggaraan pemilihan di wilayah kecamatan seperti pemutakhiran data, pelaksanaan kampanye, perlengkapan pemilihan dan penistribusian, pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara, proses rekapitulasi, dan lain-lain.

"Saat ini, data pemilih yang ada adalah data hasil pilpres kemarin yakni Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 2 (DPTHP 2) sebanyak 207.176 ribu. Data itu nanti akan kita mutakhirkan kembali, dan itu merupakan salah satu tugas dari Panwascam. Sedangkan untuk calon independen sendiri, jumlah suara yang dibutuhkan sebanyak 20.187 KTP dari tujuh (7) kecamatan. Jumlah tersebut diambil dari 10 persen dari 207.176 ribu suara," ungkapnya.

Ditambahkannya, untuk komisioner Panwascam tiap kecamatan masih tetap berjumlah tiga (3) orang. Direncanakan bagi yang lulus seleksi akan dilantik pada tanggal 20 atau 21 Desember 2019 mendatang, dengan masa kerja selama 11 bulan.

Penulis : Andi Indrayanto
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiSujarwo Tidak Tahu Namanya Terdaftar Sebagai Cawabup dari Golkar
IlustrasiPresiden Jokowi Sahkan Perppu Penundaan Pilkada, Pelaksanaan Pilkada Riau Jadi Desember 2020
Kepala Bawaslu Riau Rusidin RusdanDiikuti 689 Peserta, Bawaslu Riau Launching SKPP untuk Pilkada 2020 Senin Lusa
  Musda Golkar Riau beberapa waktu lalu.Golkar Tetapkan 28 Nama Bakal Bertarung di Pilkada Sembilan Daerah Riau
Ketua Bawaslu Provinsi Riau, Rusidi RusdanDi Tengah Pandemi Corona, Bawaslu Riau Ingatkan Bakal Calon Kepala Daerah Tak Berkampanye
Budi ArtifulCegah Wabah Virus Corona, Ini Imbauan Bacalon Bupati Pelalawan Budi Artiful

 
Berita Lainnya :
  • Pembak Kuansing Akan Surati Kementerian Pariwisata Terkait Pelaksanaan Pacu Jalur
  • Kabar Gembira, RSUD Arifin Ahmad Pulangkan Satu Pasien Covid-19 Terakhir Dirawat
  • PPDB Tingkat SD dan SMP Negeri di Pekanbaru Dibuka 1-7 Juli 2020
  • Bobol Karaoke dan Kafe di Pekanbaru, Doyok Diamankan Polisi
  • Besok Citilink Terbang Lagi, Penumpang Cek Kembali Kelengkapan Dokumen
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Warga Riau Protes Tak Dapat Hak Suara
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved