www.halloriau.com
Politik
BREAKING NEWS :
12 Sehat dan 4 Kasus Baru, Total Pasien Covid-19 Riau Jadi 232 Orang
 
Konsultasi ke KPU Meranti, Pasangan SelFi Maju Pilkada dari Jalur Independen
Kamis, 31 Oktober 2019 - 10:56:53 WIB
'SelFi' (Sahabat dan Relawan Falzan-Iskandar) bersilaturahmi sekaligus berkonsultasi terkait regulasi pendaftaran calon perseorangan ke KPU Meranti.

SELATPANJANG - Pasangan Bakal Calon perseorangan yang maju pada Pilkada Kepulauan Meranti 2020 mendatang, Falzan Surahman dan Iskandar mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti bersama para pendukungnya, Rabu (30/10/2019).

Kedatangan pasangan yang memasang jargon 'SelFi' (Sahabat dan Relawan Falzan-Iskandar) ini untuk bersilaturahmi sekaligus untuk berkonsultasi terkait regulasi pendaftaran calon perseorangan, jumlah KTP yang harus dikumpulkan dan sebaran wilayah.

"Kita ingin mengetahui lebih jelas terkait regulasi dan syarat-syarat apa saja yang harus dipersiapkan untuk bisa mencalonkan diri melalui jalur independen atau perseorangan," kata Falzan.

Falzan juga mengatakan calon perseorangan sesuai dengan UU No 10 pasal 41 mempunyai hak yang sama dengan calon yang diusung Parpol.

Ketua KPID Riau itu juga meminta kepada KPU untuk mensosialisasikan 
tentang calon independen dan menyampaikan tahapan calon perseorangan dikarenakan baru pertamakali di Kepulauan Meranti.

Dia juga menambahkan jika memberikan dukungan berupa fotocopy KTP dan pernyataan dukungan adalah legal sesuai dengan undang-undang. Sehingga tidak ada kekhawatiran dan keraguan di masyarakat untuk memberikan dukungan melalui pengumpulan fotocopy KTP.

"Kita berharap KPU bisa mensosialisasikan hal ini, sehingga masyarakat bisa lebih jelas dan tidak ada keraguan dalam hal memberikan dukungan," ujarnya.

Dia menambahkan, proses pencalonan melalui jalur perseorangan ini juga sudah lazim di Riau. Pada Pilkada 2015 di Dumai ada satu pasangan perseorangan. Tahun 2017 di Kota Pekanbaru ada dua pasangan perseorangan dan Kabupaten Kampar satu pasangan. Bahkan di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, pasangan perseorangan berhasil memenangkan Pilkada pada 2015.

Falzan Surahman ketika mengaku telah bergerak delapan bulan terakhir dalam mengumpulkan dukungan. Hingga saat ini timmya terus bergerak. Dari hasil laporan terakhir, dia mengklaim sudah mendapatkan dukungan hampir 50 persen atau sekitar 7 ribu lebih.

Sementara itu, Ketua KPU kepulauan Abu Hamid mengatakan peluang melalui jalur perseorangan dan independen mempunyai peluang yang sama. Dimana KPU sudah menyediakan anggaran yang cukup dengan asumsi lima pasangan calon ditambah calon perseorangan yang bertarung.

Dikatakan, adapun jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kepulauan Meranti ditetapkan sebanyak 143.576. Untuk calon perseorangan minimal harus mendapatkan dukungan 10 persen dari jumlah DPT atau sekitar 14.358 yang tersebar di lima kecamatan.

Penulis : Ali Imroen
Editor : Yusni Fatimah






Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Ketua KPU Kepulauan Meranti, Abu Hamid SPd, dan Kordiv Parmas dan SDM KPU Kepulauan Meranti, Hanafi SSos.Umumkan Hasil Tes Wawancara, KPU Kepulauan Meranti Tunggu Masa Tanggapan dari Masyarakat
Konsultasi ke KPU Meranti, Pasangan SelFi Maju Pilkada dari Jalur Independen
Pasangan Faizinn mengambil formulir penjaringan partai Nasdem di sekretariat partai Nasdem Jalan Diponegoro, Selatpanjang, Rabu (16/10/2019).'Faizin' Pasangan Pertama dari Parpol yang Deklarasi Maju Pilkada Meranti 2020
  akal calon Wakil Bupati Kepulauan Meranti Hery Saputra SH Ini Makna Meranti Berseri Menurut Hery Saputra
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti menggelar konferensi pers pada Rabu (23/10/2019) bertempat di Hotel Dyva, Selatpanjang.Jelang Pilkada 2020, KPU Meranti Sampaikan Berbagai Persoalan
IlustrasiFigur Bakal Calon Bupati Meranti Mulai Diperbincangkan, Ini Kata Bupati Irwan

 
Berita Lainnya :
  • 12 Sehat dan 4 Kasus Baru, Total Pasien Covid-19 Riau Jadi 232 Orang
  • Hendak Tangani Karhutla dengan Modifikasi Cuaca, Tapi Pesawat Tak Siaga di Riau
  • Hari Ini Riau Tambah 4 Kasus, Berikut Data Sebaran Kasus Positif Corona di Indonesia
  • Bulan Depan, Pemko Pekanbaru Lelang Jabatan Sekda
  • Bertambah 1.301, Total Kasus Positif Corona Indonesia Tembus 60.695
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    PPP Serahkan Dukungan kepada Alfedri
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved