www.halloriau.com
Politik
BREAKING NEWS :
Pasca Banjir Akhir Tahun 2019, Empat Titik Jalan Lintas Rohul - Duri Rusak Parah
 
KPU Riau Dapat Alokasi Anggaran Rp224,1 Miliar untuk Pilkada 2020
Rabu, 23/10/2019 - 20:41:31 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, mendapatkan alokasi anggaran penyelengaraan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 sebesar Rp224, 1 miliar guna menyukseskan pesta demokrasi.

"Sebanyak delapan kabupaten yang menerima anggaran Pilkada tersebut bagian dari sembilan kabupaten yang akan menyelenggarakan pemilihan serentak tahun 2020 yakni Rohil, Bengkalis, Dumai, Meranti, Rokan Hulu, Siak, Pelalawan, dan Kuantan Singingi," kata Kordiv Parmas, SDM dan Pendidikan Pemilu dari Komisioner KPU Riau, Nugroho Noto Susanto di Pekanbaru, Rabu (23/10/2019).

Menurut Nugroho, delapan daerah itu telah mendapatkan anggaran Pilkada karena telah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sedangkan Kabupaten Inderagiri Hulu belum menandatangani NPHD itu karena ada perbedaan pendapat soal jumlah anggaran Pilkada yang tepat.

Semoga dalam waktu dekat, katanya, ada kesepakatan yang dihasilkan agar anggaran Pilkada tersebut bisa segera diperoleh KPU Kabupaten Inderagiri Hulu.

"Anggaran dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pengadaan TPS, surat suara, dan lainnya sedangkan besar kecilnya anggaran diperoleh suatu daerah bisa dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti letak dan kondisi geografis, daerah dan jumlah pemilih yang berdampak pada banyaknya logistik yang diperlukan," katanya.

Ia menjelaskan, ada daerah yang jumlah pemilihnya banyak, tentu surat suaranya juga lebih banyak. Ada daerah yang harus membangun TPS lebih banyak, tentu biayanya juga tidak sedikit. Jadi disesuaikan dan kalau untuk Kota Dumai kebutuhannya kecil, sehingga alokasi anggarannya tidak besar.

Sebanyak delapan daerah yang telah mendapatkan anggaran Pilkada itu yakni tertinggi Bengkalis Rp40 miliar, Kabupaten Rohil Rp32 miliar, Kabupaten Pelalawan Rp29 miliar, Kabupaten Kuantan Singingi Rp29M, Kabupaten Siak Rp26 milair, Kabupaten Meranti Rp22,1 milair, Kabupaten Rohul Rp28 miliar, dan Kota Dumai paling rendah hanya sebesar Rp18 miliar.

"Beberapa daerah memiliki kesulitan tersendiri dalam menyelenggarakan Pilkada karena beberapa faktor seperti lokasinya terpencil, tersebar di beberapa pulau, jaraknya juga berjauhan, sehingga sulit untuk diakses sehingga penyebaran informasi bisa berpotensi bermasalah," katanya di antara.

Sementara itu, terhadap daerah yang akses transportasi dan informasinya susah diprediksi berpengaruh juga kepada partispasi pemilih sebaliknya semakin banyak sumber informasi semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat. Semakin mudah akses transportasi, semakin tinggi partisipasi mereka.

Ia menambahkan pada tahun 2020 KPU Riau tidak menyelenggarakan pemilihan Gubernur karena Pilgub sudah diselenggarakan pada 2018, sehingga tugas KPU Riau hanya akan fokus pada monitoring dan pengawalan Pilkada terhadap kabupaten kota penyelenggara Pilkada.

"Karena kita tidak menyelenggarakan Pilgub maka KPU Riau hanya akan melakukan supervisi saja berupa monitoring dan pendampingan terhadap kabupaten dan kota yang menyelenggarakan, misalnya memastikan tahapan berjalan sesuai aturan dan harapan, memastikan SDM penyelenggara pemilu dari unsur KPU menjaga integritasnya,"
katanya.(*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Ketua KPU Rohul ElfnedriMasa Jabatan Kepala Daerah Hasil Pilkada Tahun 2020 hanya 3 Tahun 8 Bulan
Nasdem.NasDem Panaskan Mesin Partai untuk Hadapi Pilkada 2020
Andi Rachman menerima cinderamata dari ketua Bawaslu RiauPersiapan Pilkada Serentak Provinsi Riau Dinilai Tidak Ada Kendala
  Kelmi Amri, SH Ketua DPC Partai Demokrat  dan Ketua DPD II Partai Golkar Rohul, H Sari Antoni foto bersama dengan panitia penjaringan Cabup dan Cawup Rohul Partai Golkar, usai mengembalilkan formulir penjaringan. Kelmi Amri Ingin Bangun Koalisi Antara Partai Demokat dan Golkar
Hamulian Nasution berdampingan dengan Tedi Mirsal Dal dan Tengku Rusli, foto bersama usai pengembalian berkas pendaftaran.Hamulian Didampingi Tedy Mirza Dal Datangi DPD II Golkar Rohul
Viva Yoga Tim Pilkada Pusat menyerahkan langsung Surat Rekomendasi kepada Bagus Santoso disaksikan Tengku Zulmizan dan Zainal Abidin. (ist)DPP PAN Terbitkan 3 Rekomendasi Balon Pilkada Bengkalis, Salah Satunya Bagus Santoso

 
Berita Lainnya :
  • Pasca Banjir Akhir Tahun 2019, Empat Titik Jalan Lintas Rohul - Duri Rusak Parah
  • Sulit Dapatkan Gas Elpiji 3 Kg, Warga Teluk Tuasan Inhil Ganti dengan Arang Tempurung atau Kayu
  • Beri Apresiasi, Bupati Bengkalis dan Istri Ikut Panen Raya di Desa Harapan Baru Mandau
  • Pemkab Rohil Akan Bangun Musala Ponpes As-Sunnah Tahun 2021
  • Tingkatkan Kinerja, DLH Rohil Adakan Pertemuan dengan Petugas Kebersihan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Warga Riau Protes Tak Dapat Hak Suara
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved