www.halloriau.com
Politik
BREAKING NEWS :
Ribuan Korban di Kampar Diduga Ditipu Investasi Bodong Sapi Perah, Desak Polda Riau Beri Tindakan
 
DPC Demokrat Rohul Buka Peluang Usung Sukiman di Pilkada 2020
Selasa, 18/06/2019 - 16:48:47 WIB
Demokrat
Demokrat

PASIR PANGARAIAN - DPC Partai Demokrat Kabupaten Rokan Hulu, (Rohul), tidak menutup peluang untuk mengusung Bupati Petahana H Sukiman di Pilkada Rohul 2020 mendatang.

Itu ditegaskan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Rohuk, Kelmi Amri SH, Selasa (18/6/2019), sikapi jelang pemilihan Bupati dan wakil Bupayi Rohul pada 2020.

Bahkan pernyataan Ketua DPC Demokrat Rohul Kelmi Amri cukup mengejutkan. Karena, Ketua DPRD Rohul yang terpilih menjadi anggota DPRD Riau tersebut, sebelumnya digadang-gadang sosok yang juga akan maju di busra calon Bupati Rohul, menyaingi sosok Sukiman sang Bupati Petahana.

Kelmi menjelaskan, sebagai ketua Partai, dirinya memiliki niat maju menjadi kepala Daerah. Namun, hingga kini, dirinya mengaku masih menghitung peluang politik dan belum berani menyatakan apakah akan maju atau tidak pada Pilkada nanti.

"Sebagai ketua partai tentunya saya harus siap, tapi itu harus terukur dan paling terpenting saya tidak mau terikat dengan pihak manapun, itu prinsipnya," tegas Kelmi.

Meski sebagai ketua partai yang memiliki 4 Kursi parlemen hasil Pemilu 2019, Kelmi sepertinya ingin menjaga peluang politik Partainya dalam kontestasi Pilkada Rohul, termasuk membuka Opsi berkoalisi dengan petahana. Dirinya juga tidak ingin mengintervensi mekanisme  partainya dalam menetapkan bakal calon kepala Daerah.

Sebut Kelmi, partai Demokrat adalah partai yang dinamis serta terbuka untuk siapa saja, termasuk Petahana. Apalagi dalam menetapkan bakal Calon kepala Daerah, Partai Demokrat selalu mengacu ke Hasil Survey internal. Dimana sosok yang akan disurvey, adalah Kader Demokrat sendiri, Petahana, Tokoh Masyarakat dan Ketua Parpol Lain.

Kelmi menegaskan, dalam mengusung bakal Calon Kepala Daerah, Partai Demokrat  tidak hanya mempertimbangkan aspek elektabilitas dan popularitas dari bakal calon yang akan diusung, namun juga memiliki kesiapan, baik dari sisi finansial dan juga kursi DPRD untuk melengkapi 4 Kursi Demokrat dari 9 kursi yang menjadi syarat maju sebagai Calon Bupati wakil Bupati 2021-2026.

"Sehingga Bupati Petahana Sukiman masuk dalam kriteria yang akan kita survey di bulan September hingga Desember nanti," jelasnya.

Menurut Kelmi, hasil Survey Kandidat Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati dari Partai Demokrat, akan diumumkan pada Januari 2020 dalam Rapat Kerja Cabang Partai Demokrat.

"Namun menghadapi Pilkada ini, kami fokus dulu melaksanakan Konsolidasi Internal Pasca Pemilu Legislatif, dimana salah satu agenda Yang akan Dilaksanakan Adalah Musyawarah Anak Cabang (Musancab)," ujarnya.

Jika jadi diusung Demokrat, jalan Bupati Petahana Sukiman maju di Pilkada Rohul akan semakin terbuka lebar. Sebab, sebagai Ketua DPC Partai Gerindra yang sukses meraih 8 kursi DPRD, Sukiman diprediksi tidak akan sulit mendapat restu DPP Gerindra untuk maju kembali pada Pilkada 2020 mendatang.

"Jika koalisi Gerindra-Demokrat terwujud, Sukiman akan memiliki Modal 12 kursi, melebihi syarat minimal 9 kursi untuk mendaftar sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati ke KPU. Namun, apakah koalisi ini akan terwujud? kita tunggu saja nanti," tutupnya.

Penulis: Feri Hendrawan
Editor : Yusni Fatimah



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Delapan balon Bupati dan empat balon Wakil Bupati penjaringan DPD I Partai Golkar Rohul bersama pengurus DPD I Partai Golkar Riau, kompak bergandengan tangan usai menyampaikan visi missi di penjaringan partai Golkar.Delapan Balon Bupati dan Empat Balon Wabup Penjaringan Partai Golkar Sampaikan Visi Misi
Ketua KPU Rohul ElfnedriMasa Jabatan Kepala Daerah Hasil Pilkada Tahun 2020 hanya 3 Tahun 8 Bulan
Hamulian Nasution berdampingan dengan Tedi Mirsal Dal dan Tengku Rusli, foto bersama usai pengembalian berkas pendaftaran.Hamulian Didampingi Tedy Mirza Dal Datangi DPD II Golkar Rohul
   Bimtek pengawasan di Kecamatan se- KuansingBawaslu Riau Motivasi Panwascam Kuansing Jelang Tahap Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati
Kelmi Amri, SH Ketua DPC Partai Demokrat  dan Ketua DPD II Partai Golkar Rohul, H Sari Antoni foto bersama dengan panitia penjaringan Cabup dan Cawup Rohul Partai Golkar, usai mengembalilkan formulir penjaringan. Kelmi Amri Ingin Bangun Koalisi Antara Partai Demokat dan Golkar
Murnis didampingi tokoh adat, kembalikan formulir pendaftaran penjaringan Cabup Rohul ke DPD II Golkar RohulSejumlah Bakal Cabup dan Cawabup Berturut-turut Kembalikan Formulir ke Golkar Rohul

 
Berita Lainnya :
  • Ribuan Korban di Kampar Diduga Ditipu Investasi Bodong Sapi Perah, Desak Polda Riau Beri Tindakan
  • Hallo Food, Aplikasi Lokal Karya Anak Kepulauan Meranti
  • Bupati Suyatno Hadiri Jejamu Toluk Gong Raja Bejamu
  • Hari Peduli Sampah, DLHK Riau Apresiasi Bank Sampah RAPP
  • Tenti Ekasari Terpilih Sebagai Ketua GenPI Riau, Bupati Sukiman Beri Ucapan Selamat
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Warga Riau Protes Tak Dapat Hak Suara
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved