www.halloriau.com
Politik
BREAKING NEWS :
Fokus di Kampar dan Rohul, IM3 Ooredoo Akan Tambah BTS Tahun Ini
 
DKPP RI Gelar Sidang Kode Etik KPU Kuansing Hari Ini
Jumat, 14/06/2019 - 05:20:55 WIB
Rapat Kerja Teknis yang diselenggarakan di Hotel Swiss Berlin Jalan Soekarno Hatta, Pekanbaru.
Rapat Kerja Teknis yang diselenggarakan di Hotel Swiss Berlin Jalan Soekarno Hatta, Pekanbaru.

PEKANBARU - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Republik Indonesia akan melakukan sidang Dugaan Pelanggaran Kode Etik di kantor Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Riau, Jumat (14/6/2019) sekitar pukul 09.00 Wib. 

Sidang pemeriksaan akan membahas masalah dugaan pelanggaran kode etik dengan nomor register laporan 107-PKE-DKPP/V/2019 dengan teradu ketua dan anggota KPU Kabupaten Kuantan Singingi.

Dr. H. AlFatira Salam, memimpin majelis sidang didampingi oleh dua anggota Majelis yaitu Gema Wahyu Adinata, SH dari unsur Bawaslu Riau, dan AKBP Firdaus dari unsur Kepolisian.

Sedikitnya ada 9 pokok aduan yang dilaporkan ke DKPP yang dibahas besok pagi. Permasalahan yang dibahas mulai dari penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), hingga tidak cermatnya Rekapitulasi hasil pemungutan suara di kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) pada pemilu tahun 2019.

Sebelumnya, Alfitra Salam bersama dengan Bawaslu, KPU, Polda Riau dan tokoh masyarakat menggelar Rapat Kerja Teknis yang diselenggarakan di Hotel Swiss Berlin Jalan Soekarno Hatta, Pekanbaru.

Rusidi Rusdan Ketua Bawaslu Provinsi Riau bersama Gema Wahyu Adinata, Neil Antariksa, Amiruddin Sijaya, dan Anderson turut hadir dalam rapat malam ini.

Selain pihak Bawaslu, terlihat Abdul Hamid mantan komisioner KPU Riau bersama Sri Rukmini ikut duduk bersama dalam rapat tersebut.

Dalam sambutannya, Alfitra Salam sangat mengapresiasi kerja Penyelenggara Pemilu baik itu dari pihak Bawaslu maupun KPU dan mensukseskan pilpres dan pileg 2019.

Dalam sambutannya, Alfitra sangat menyanyangkan adanya korban dalam pelaksanaan pemilu, sedikitnya kurang lebih 700 orang penyelengara yang meninggal dunia.

"Sekitar 700  orang sahabat kita, dari pihak penyelenggara yang telah gugur pada pemilu ini." tutur Alfitra dengan nada sedih.

Diakui Alfitra, tekanan kepada pihak penyelenggara sangatlah tinggi, ditambah dengan jam kerja yang melebihi batas dan konsumsi yang tidak ada bagi penyelenggara menjadi sumber masalah kesehatan bagi penyelenggara.

lanjutnya, Alfitra Salam akan mencanangkan untuk dilakukan pemisahan Pileg Pusat dengan Daerah, Pemilihan eksekutif dengan legislatif pada tahun-taun kedepan.

"Kita akan pisahkan untuk pemilu selanjutnya antara pileg pusat dan daerah, Eksekutif dan legislatif agar tidak terulang kembali masalah pemilu seperti tahun ini," tambahnya.

Alfitra berharap agar dalam pemilu-pemilu selanjutnya sistem Pemilu, serta rekrutment perlu diperbaiki.

Alfitra Salam mengatakan bahwa hingga saat ini sebanyak 273 Laporan yang diterima oleh Bawaslu RI, 9 diantaranya berasal dari Provinsi Riau. Rencananya, pihak pelapor akan menghadirkan 8 orang saksi dalam sidang perdana esok hari.

Penulis : Helmi 
Editor: Yusni Fatimah



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Pemilu 2019PDIP, Gerindra, dan Golkar Jadi Tiga Besar Perolehan Suara di Pemilu 2019
Plh Karutan Kelas II B Rengat Irdiansyah Rana AMD IP SH M.hum.  Empat Terpidana Kasus Pemilu di Inhu Diserahkan ke Rutan Kelas II Rengat
FOTO: OkezoneBKN Ungkap Ada 990 Pelanggaran Netralitas PNS saat Pemilu, Terbanyak Lewat Medsos
  Komisioner KPU Pramono Ubaid TanthowiSitung Pemilu 2019 Tak Rampung, KPU Akui karena Banyak Permainan
  4 terpidana, yakni Doni Rinaldi anggota DPRD yang juga caleg Partai PPP, Randa Rahadinata Ketua PPK Rengat, Masnur Ketua Panwascam Rengat dan M Ridwan Anggota PPK RengatJaksa Eksekusi Empat Terpidana Pemilu, Satu Lainnya Ajukan Banding ke Pengadilan Tinggi
Penyerahan santunan pada keluarga Petugas Pemilu yang wafat.Bawaslu Riau dan Bupati Rohul Serahkan Santunan ke Keluarga Petugas Pemilu 2019 yang Wafat

 
Berita Lainnya :
  • Fokus di Kampar dan Rohul, IM3 Ooredoo Akan Tambah BTS Tahun Ini
  • Meranti Night Carnival Diwarnai Artis, Kuliner dan Penampilan Budaya
  • Satpol PP Inhu Gelar Apel Besar dan Teken Pakta Integritas
  • Polisi Amankan Dua Penyalur TKI Ilegal Pasca Tenggelamnya Kapal di Perairan Rupat
  • Bappebti Blokir 299 Domain Entitas Dagang Berjangka Ilegal
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Warga Riau Protes Tak Dapat Hak Suara
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved