www.halloriau.com
Politik
BREAKING NEWS :
5 Posisi Seks Ini Dijamin Bikin Sesi Bercinta 'Tahan Lama'
 
Bawaslu Riau Putuskan KPU Rohul Tak Bersalah atas Pembukaan 28 Kotak Suara
Sabtu, 18/05/2019 - 14:54:08 WIB
Sidang Pelanggaran Administrasi Acara Cepat Pemilu 2019 yang digelar di Kantor Bawaslu Rokan Hulu. Foto: Antarariau
Sidang Pelanggaran Administrasi Acara Cepat Pemilu 2019 yang digelar di Kantor Bawaslu Rokan Hulu. Foto: Antarariau

ROKAN HULU - Setelah melakukan sidang maraton sejak Kamis hingga Jumat pekan ini, Badan Pengawas Pemilihan Umum Riau memutuskan bahwa Komisi Pemilihan Rokan Hulu tidak terbukti bersalah atas proses pembukaan 28 kotak suara pada Pemilu 2019.

Sidang Pelanggaran Administrasi Acara Cepat Pemilu 2019 yang digelar di Kantor Bawaslu Rokan Hulu dengan pembacaan putusan Ketua Majelis Pemeriksa, Rusidi Rusdan yang juga sebagai Ketua Bawaslu Riau Jumat (18/5) malam.

"Bawaslu menyatakan KPU Rohul dan jajarannya sudah benar dan tidak ditemukan pelanggaran administrasi, sebagaimana yang dituduhkan pelapor," kata Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan di Pekanbaru, Sabtu (18/5/2019) seperti dikutip dari Antarariau.

Rusidi menjelaskan agenda sidang dugaan pelanggaran Pemilu 2019 di Rohul ini dimulai dengan mendengarkan laporan pelapor yakni Hendra Mastar dari Partai Amanat Nasional (PAN), dan Riko Wahyudi dari Partai Gerindra‎.

Kemudian mendengarkan jawaban terlapor yakni Ketua dan Anggota KPU Rokan Hulu yang hadir lengkap, Ketua dan anggota PPK 10 Kecamatan, ketua dan Anggota PPS 33 Desa se Kabupaten Rokan Hulu.

Selanjutnya majelis sidang mendengarkan Keterangan dari Bawaslu Rokan Hulu, mendengarkan kesaksian dari saksi pelapor dan saksi terlapor.

Menurut Rusidi, setelah dilakukan verifikasi dan klarifikasi terhadap 90 TPS se -Rokan Hulu yang dilaporkan oleh pelapor terjadi kecurangan, Rusidi Rusdan selaku Ketua Majelis memutuskan aktifitas membuka 28 kotak suara, adapun terhadap 62 kotak lainnya tidak dibuka karena dari hasil verifikasi dan klarifikasi didapatkan keterangan bahwa telah dibuka saat pleno di kecamatan dan Kabupaten. Tidak melanggar.

Selanjutnya, Pimpinan sidang beserta pelapor dan terlapor langsung menuju Gudang KPU di depan pasar moderen Pasir Pengaraian untuk memeriksa kebenaran laporan. Dari hasil pembukaan kotak disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan angka perolehan suara caleg dan Partai di 28 kotak yang dibuka.

"Putusan kita ini sudah melalui pertimbangan dan penyimpulan dari fakta fakta persidangan, pemeriksaan saksi dan pemeriksaan langsung terhadap Dokumen yang ada dalam kotak suara, hasilnya clear, KPU Rohul dan Jajarannya tidak melakukan pelanggaran," kata Rusidi.

Sebagaimana diketahui, Bawaslu Riau menerima laporan pasca pleno rekapitulasi suara ingkat Kabupaten Rohul. Sidang Penanganan Pelanggaran Administeri Acara Cepat ini berdasarkan Peraturan Bawaslu Nomor 8 tahun 2018 . Untuk di Rokan Hulu langsung dipimpin Ketua Bawaslu Riau‎ Rusidi Rusdan merangkap sebagai Ketua Majelis, dengan anggota Bawaslu Riau Amiruddin Sijaya merangkap anggota majelis.

Pantauan di lapangan sidang dijaga ketat oleh anggota Kepolisian dari jajaran Polres Rohul dengan menyiapkan 1 unit mobil meriam air. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Kegiatan peringatan HUT ke 12 oleh DPC Partai Gerindra Rohul, dihadiri Wakil Ketua DPC Gerindra Rohul Novliwanda Ade Putra mewakili Ketua DPC Gerindra Rohul H Sukiman, serta 8 anggota DPRD Rohul dari Fraksi Gerindra, dan beri santunan bagi 100 anak yatim, kaum duafa dan anak panti asuhan.HUT ke-12 Partai Gerindra, DPC Rohul Santuni 100 Anak Yatim, Duafa, dan Panti Asuhan
Kelmi Amri, SH Ketua DPC Partai Demokrat  dan Ketua DPD II Partai Golkar Rohul, H Sari Antoni foto bersama dengan panitia penjaringan Cabup dan Cawup Rohul Partai Golkar, usai mengembalilkan formulir penjaringan. Kelmi Amri Ingin Bangun Koalisi Antara Partai Demokat dan Golkar
Murnis didampingi tokoh adat, kembalikan formulir pendaftaran penjaringan Cabup Rohul ke DPD II Golkar RohulSejumlah Bakal Cabup dan Cawabup Berturut-turut Kembalikan Formulir ke Golkar Rohul
  Delapan balon Bupati dan empat balon Wakil Bupati penjaringan DPD I Partai Golkar Rohul bersama pengurus DPD I Partai Golkar Riau, kompak bergandengan tangan usai menyampaikan visi missi di penjaringan partai Golkar.Delapan Balon Bupati dan Empat Balon Wabup Penjaringan Partai Golkar Sampaikan Visi Misi
Hamulian Nasution berdampingan dengan Tedi Mirsal Dal dan Tengku Rusli, foto bersama usai pengembalian berkas pendaftaran.Hamulian Didampingi Tedy Mirza Dal Datangi DPD II Golkar Rohul
Sukiman, saat mengembalikan berkas pendaftaran ke DPD II Golkar Rohul.Sukiman Didampingi Istri Kembalikan Berkas Pendaftaran Cabup ke DPD II Golkar Rohul

 
Berita Lainnya :
  • 5 Posisi Seks Ini Dijamin Bikin Sesi Bercinta 'Tahan Lama'
  • Hasil Liga Inggris: MU Kalahkan Watford 3-0
  • Asparudin Terpilih Sebagai Ketua Pemuda Karang Taruna Batang Meranti Periode 2020-2023
  • Jalin Kemanunggalan dengan Masyarakat, Babinsa Koramil Rohil Goro Timbun Teras Masjid
  • Musda IKA FPUA Riau-Kepri Pilih Marsuanto sebagai Ketua
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Warga Riau Protes Tak Dapat Hak Suara
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved