www.halloriau.com
Politik
BREAKING NEWS :
Deretan Daerah yang Dinilak Layak Terapkan New Normal
 
Bangun Sinergi Kawal Pemilu, Mappilu PWI Riau Gelar Pertemuan dengan Bawaslu
Jumat, 15 Februari 2019 - 22:04:54 WIB
Foto bersama.
Foto bersama.

PEKANBARU - Untuk membangun sinergi yang baik dalam mengawal jalannya Pemilu 2019, Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) PWI Riau dan Bawaslu menggelar pertemuan di ruang rapat Kantor Bawaslu Riau, Jumat (15/2/2019) sore. 

Kunjungan perdana pengurus yang dipimpin Ketua Mappilu PWI Riau Mohammad Moralis, sore itu disambut langsung Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan dan jajaran. 

Hadir bersama Ketua Mappilu PWI Riau, Sekretaris Mappilu Yose Rizal, Bendahara Mela Amelia, Divisi Pemantau Fopin A Sinaga, Divisi Sosialisasi, Informasi dan Dokumentasi Raja Mirza, Yendrizal, Divisi Logistik Ardiansyah Tanjung, Divisi Advokasi Fitrah dan Abbas Abdurrahman. 

"Saya sangat menyambut baik, ini kunjungan perdana pengurus Mappilu PWI Riau ke Bawaslu," kata Rusidi Rusdan seraya memperkenalkan satu per satu jajarannya kepada pengurus Mappilu PWI Riau. 

Rusidi mengakui, selama ini wartawan sangat berperan aktif membantu tugas Bawaslu dalam menjalankan fungsi pengawasan. 

"Hampir 50 persen informasi pelanggaran Pemilu berasal dari wartawan," sebutnya. 

Mappilu lanjutnya, diharapkan dapat membentuk struktur pengurus sampai ke daerah, kabupaten dan kota di Riau. Agar Pemilu bersih dan berintegritas dapat tercapai. 

"Di Riau ada 17.636 TPS yang harus diawasi," tambahnya. 

Didampingi Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum, Data dan Informasi, Amirudin Sijaya dan Kordiv Organisasi dan SDM, Hasan, Rusidi menjelaskan Bawaslu secara nasional mendapat alokasi anggaran dari APBN melalui Bawaslu RI, yang sebagian besar terserap untuk pembayaran honor petugas yang penggunaannya sudah diatur dan ada platformnya. 

"75 persen anggaran terserap untuk pembayaran honor Bawaslu dan sekretariat kabupaten/kota, Panwas kecamatan, desa dan TPS," ucapnya. 

Selain itu biaya juga digunakan untuk berbagai kegiatan lainnya seperti rapat koordinasi sosialisasi panwas Pemilu partisipatif yang menyasar pemilih pemula. 

Terkait kerja sama antara Mappilu dan Bawaslu, Rusidi mengatakan pihaknya akan duduk bersama lebih dulu dengan sekretariat guna membahas format kerja sama tersebut. 

"Di sini (Bawaslu) ada dua, untuk kegiatan itu domainnya pimpinan Bawaslu sedangkan kebijakan anggaran tupoksinya ada pada sekretariat. Nanti kita cari format kerja samanya," ucapnya. 

Sebagai mitra Bawaslu, pihaknya akan terus melibatkan Mappilu dalam hal pemantauan terkait pengawasan selama pelaksanaan Pemilu sampai hari H. 

Sementara Kordiv Hukum, Data dan Informasi, Amirudin Sijaya menambahkan untuk ketentuan iklan di media massa akan difasilitasi oleh KPU. 

"Iklan ini bersamaan dengan masa kampanye rapat umum selama 21 hari, yakni mulai 24 Maret sampai 13 April 2019," ucapnya. 

Dirinya mengaku telah menggelar rapat dengan KPU Riau terkait iklan di media massa. "Tentunya tidak semua media tertampung, karena terbatasnya anggaran di KPU dan tentunya harus memakai prinsip berkeadilan dan transparan," sebutnya. 

Sementara Ketua Mappilu PWI Riau, M Moralis mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dan silaturahmi dengan Bawaslu dan instansi lain yang ada kaitannya dengan pelaksanaan Pemilu, seperti Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang di dalamnya ada pihak Kepolisian dan Kejaksaan. 

"Dalam waktu dekat kita akan berkunjung ke Polda dan Kejati Riau yang tergabung dalam sentra Gakkumdu," ucapnya. 

Moralis juga mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu Riau yang telah menyambut baik kedatangan pengurus Mappilu PWI Riau. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada Bawaslu Riau, sambutannya luar biasa," pungkasnya.

Kunjungan diakhiri dengan foto bersama anggota Bawaslu dan jajaran pengurus Mappilu PWI Riau. (rilis)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
H.Firmansyah LC, Ketua Fraksi PKS Di Tengah Wabah Corona, 8 Anggota Fraksi PKS Pekanbaru Sumbangkan Gaji untuk Masyarakat dan Tenaga Medis
KPU Pekanbaru saat sosialisasi di Kampus UIR.Sasar Kaum Milenial, KPU Pekanbaru Sosialisasi Pemilih Cerdas di Kampus UIR
Ketua Bawaslu Pusat Abhan.Ingat! Mulai Hari Ini, Kepala Daerah Tak Boleh Mutasi Pejabat Jelang Pilkada Tanpa Izin
  Sekretaris DPC PKS, Hamdani Akomodir Usulan Masyarakat, PKS Pekanbaru Segera Launching Rumah Aspirasi
Foto bersama.Pilkada Serentak 2020, Meranti Daerah Rawan Kedua Setelah Kuansing di Riau
 Plt ketua KNPI Kepulauan Meranti, Phadil bersama ketua Ketua Majlis Pertimbangan Indonesia (MPI) KNPI Kepulauan Meranti, Jhonny.KNPI Soroti Kinerja Bawaslu Kepulauan Meranti Terkait Perekrutan Panwascam

 
Berita Lainnya :
  • Deretan Daerah yang Dinilak Layak Terapkan New Normal
  • PGN Siapkan Skenario New Normal Pengelolaan Layanan Gas Bumi
  • Kadishub Riau Janji Tindak Tegas Petugas Bermain di Arus Mudik
  • Demam dan Diare, Bayi Positif Corona di Batam Meninggal Dunia
  • Danrem 031/WB Persiapkan 1.291 Pesonel Menuju New Normal
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Warga Riau Protes Tak Dapat Hak Suara
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved