www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Pensiunan Polisi yang Viral Jadi Manusia Silver Akhirnya Diberi Pekerjaan
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Tim Kukerta Unri Kunjungi UMKM Pengolah Sagu Desa Banglas Barat
Minggu, 01 Agustus 2021 - 23:09:21 WIB

MERANTI - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Balek Kampung Desa Banglas Barat, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Rabu (28/7/2021) mengunjungi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di desa tersebut.

Adapun UMKM tersebut adalah UMKM Tiga Putra dan UMKM Sagu Berkah yang meliputi olahan turunan sagu. Pada kesempatan itu, mahasiswa Kukerta didampingi oleh Kepala Desa Banglas Barat Asnawi Nazar.
 
UMKM yang pertama kali dikunjungi adalah Tiga Putra  milik Anita. Ia sudah cukup lama berkecimpung di dunia bisnis olahan sagu ini, dan telah memiliki beberapa karyawan. Usahanya berkembang setelah berhasil menarik banyak perhatian pada pameran dan kontes olahan sagu. Adapun hasil olahan sagu dari UMKM Tiga Putra yakni ada beras analog sagu, makaroni, sagu rendang, sesagon, sagu lemak, dan masih banyak lagi olahan yang dihasilkan.

Anita menyampaikan bahwa ia sudah banyak mengikuti pelatihan, kemudian juga sudah banyak yang belajar mengolah sagu di UMKM miliknya, bahkan orang dari Papua belajar dan datang ke Meranti menemui Anita untuk belajar mengolah sagu.

Selanjutnya, tim Kukerta mengunjungi UMKM Sagu Berkah, UMKM ini dikelola oleh Nazarudin, dan juga telah memiliki beberapa karyawan. Saat kunjungan berlangsung mahasiswa diajarkan dan di perlihatkan cara membuat olahan sagu seperti sagu rendang dan mi sagu. Produk olahan turunan sagu yang dikelola pada UMKM Sagu Berkah ini juga menghasilkan beberapa macam olahan yakni mi sagu, sagu rendang, sesagon, dan sagu lemak.

Kemudian saat tim Kukerta melakukan kunjungan, Nazarudin berharap mahasiswa dapat membantu dan mengajarkan beliau dalam menjual produk-produknya secara online, juga membantu pemasarannya.

Ketua tim Kukerta Desa Banglas Barat, Ryan Ilhamsyah berharap dengan adanya kunjungan ke UMKM, mahasiswa dapat melihat kondisi lapangan secara langsung bagaimana pengolahan dan produksi sagu.

"Dan juga dapat membantu industri rumah tangga ini dengan cara membantu mengajarkan pemasaran produk secara online melalui market place," kata Ryan Ilhamsyah.

Asnawi Nazar selaku Kepala Desa Banglas Barat juga berharap dengan adanya kunjungan-kunjungan yang telah dilakukan ini dapat membuat mahasiswa Kukerta untuk melihat potensi yang dimiliki desa, yakni sagu dan dapat mengembangkan inovasi seperti apa yang akan diberikan kepada UMKM tersebut.

Dia juga berharap agar UMKM yang ada di Desa Banglas Barat ini dapat maju dan berkembang, serta dapat memasarkan produk olahan mereka dengan optimal. (rilis)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Pensiunan Polisi yang Viral Jadi Manusia Silver Akhirnya Diberi Pekerjaan
IlustrasiHari Ini 106 Pasien Covid-19 di Riau Sembuh
4 Kecamatan di Bengkalis Nihil Pasien Corona Dirawat di Rumah Sakit
Webinar Riset Komunikasi dengan tema “Isu-Isu Kekinian dan Metode Riset Ilmu Komunikasi Special Ilkomers”, Minggu (26/9/2021).
SEF Gelar Webinar Riset Komunikasi Jilid 2
Walikota Dumai Paisal memotivasi peserta SKD CPNS sebelum ujian dimulai. 
Sebanyak 732 Peserta Tes CPNS Dumai Tidak Ikut SKD
  Kadiskes Riau Mimi Yuliani NazirCapaian Vaksinasi di Pekanbaru dan Dumai Sudah di Atas 60 Persen
Polsek Bagan Sinembah mengawal proses vaksinasi siswa SMUN 1
Polsek Bagan Sinembah Kawal Vaksinasi Siswa SMUN 1
Sosialisasi Perbup Nomor 88/2020, Bupati Bengkalis: Peraturan Bukan Sekadar Pelengkap Administrasi
Spanduk pengumuman akan ditutupnya operasional Pelabuhan Tanjung Harapan dan aktifitas kepelabuhanan akan dialihkan ke dermaga pelabuhan JelatikPelabuhan Tanjung Harapan Ditutup 27 September, Aktifitas Embarkasi dan Debarkasi Dialihkan ke Pelabuhan Jelatik
Bupati Siak AlfedriPengurus Tarung Derajat Siak Dikukuhkan
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Manfaat, Realisasi dan Target Penyelesaian IPAL Pekanbaru
 
 
 
 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved