www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Ramalan Zodiak Hari Ini: Capricorn, Aquarius, Pisces
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Pekan Raya Biologi 2021 Siap Cetak Generasi Emas
Kamis, 15 April 2021 - 15:13:08 WIB

PEKANBARU - Sebagai calon guru yang bertugas mencerdaskan kehidupan bangsa, para mahasiswa Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau senantiasa meningkatkan budaya berprestasi.

Hal ini bertujuan untuk menciptakan generasi yang berkarakter saintis dan mampu mengasah soft skill yang dimiliki melalui cabang-cabang perlombaan.

Setelah sukses dengan Pekan Raya Biologi (PRB) 2020 lalu, PRB 2021 hadir kembali untuk para calon saintis muda yang siap berlomba dan mengasah kemampuan di ajang yang bergengsi ini.

PRB merupakan metamorfosis dari Olimpiade Sains Biologi (OSB) SMP-SMA se-Riau yang secara rutin diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UR setiap tahunnya. Ajang ini menguji kemampuan akademik siswa SMP-SMA dalam bidang biologi. Dalam perkembangannya, ajang bukan hanya menguji kemampuan kognisi dan praktik siswa SMP-SMA, tetapi juga menampilkan karya kreatif siswa dalam berbagai bidang terkait dengan biologi.

Rangkaian perlombaan PRB tahun ini berbeda dibanding tahun lalu mengingat Indonesia dari berbagai wilayah masih berjuang menghadapi pandemi Covid-19. Ada beberapa cabang perlombaan yang tidak bisa dihadirkan dikarenakan adanya keterbatasan yang harus dipatuhi. Namun, beberapa perlombaan yang esensial seperti Uji Kompetensi Tertulis (SMP- SMA) dan Cepat Tepat (SMP-SMA) se–Riau akan tetap diadakan tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan.

Farhan Ali selaku Ketua Pelaksana PRB 2021 mengatakan, panitia saat ini sedang mempersiapkan mekanisme perlombaan dengan konsep yang baru, tidak menutup kemungkinan bahwa cabang lomba yang biasanya diadakan secara langsung, akan dilaksanakan secara daring.

"Meskipun, dilakukan secara daring, saya berharap nilai-nilai kompetisi dan sportivitas tetap terjaga, agar tidak mengurangi esensi dari tiap cabang perlombaan. Kita selalu ingin berikan yang terbaik, karena ini juga membawa nama kampus khususnya Program Studi Pendidikan Biolog," kata Farhan.

Sementara itu Ketua Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau, Dr Sri Wulandari, M.Si menjelaskan PRB tetap akan diadakan meskipun di kondisi pandemi

"Jangan jadikan pandemi sebagai penghalang untuk terus berinovasi tapi jadikan momen ini untuk mengembangkan potensi yang kita miliki," tuturnya.

Lebih lanjut ia juga berharap PRB dapat dijadikan sebagai ajang untuk bangkit di masa pandemi ini.
PRB 2020 lalu melahirkan juara di tiap lomba yang diberikan. SMP Dharma Yuda Pekanbaru meraih juara umum untuk tingkat SMP, sedang juara umum di tingkat SMA diraih oleh SMA 1 Tualang. Tahun lalu lebih dari 1.000 peserta antusias mengikuti ajang perlombaan yang sangat bergengsi ini.

Stand pendaftaran untuk PRB 2021 dibuka bulan April ini. Farhan berharap tahun ini antusias dari peserta  tidak turun dari tahun tahun sebelumnya meski perlombaan dikonsep secara berbeda.
Akan banyak ilmu dan pengalaman baru yang kamu dapatkan di Pekan Raya Biologi 2021. Ayo persiapkan dirimu untuk bulan Juni nanti! Buktikan bahwa kamu adalah saintis muda Indonesia. (rilis)





Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
ZodiakRamalan Zodiak Hari Ini: Capricorn, Aquarius, Pisces
intChelsea Vs Leicester: The Blues Menang 2-1 dan Rebut Posisi Tiga
Pintu masuk menuju objek wisata di Rohul ditutup petugas mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.Kapolres Perintahkan Petugas Perketat Pengawasan Warga Masuk ke Rohul
Foto bersama usai pelantikan puluhan anggota BPD di Pangkalan Kerinci, Selasa (18/5/2021).Bupati Pelalawan Minta BPD dan Kades Kelola Dana Desa Tepat Sasaran
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad SahroniAhmad Sahroni Soal Polisi Sabar Hadapi Cacian Warga di Pos Penyekatan: Sesuai Program Presisi
  Mbak YouMbak You Ramal Bencana Tsunami Akan Luluh Lantakkan Indonesia, Warga Daerah Pesisir Diminta Waspada
Israel gempur Kota Gaza.Indonesia Sumbang Rp7 Miliar Bantu Palestina
Personel Satgas Polres Rohil melakukan penyuluhan terkait pencegahan covid-19 dan membagikan masker kepada masyarakat.Satgas Pencegahan Covid-19 Polres Rohil Gelar Penyuluhan dan Bagikan Masker ke Warga
Peserta dari media saat discrinning sebelum dilakukan penyuntikan.Kodim 0321 Rohil Suntikkan Vaksin AstraZeneca Tahap Pertama ke 230 Orang
Buya Syafii MaarifBuya Syafii Maarif Soal Penindasan Israel terhadap Palestina: PBB Seperti Macan Ompong!
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved