www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Heboh Pria Berseragam Satpol PP Minta Uang ke Pemilik Kontrakan, Begini Reaksi Kaban Zulfahmi
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Tangkal Hoax, FDIK UIN Suska dan Mafindo Gelar Pelatihan Literasi Digital untuk Lansia
Jumat, 10 Maret 2023 - 10:31:47 WIB
Peserta dan panitia penyelenggara pelatihan literasi digital (foto/ist)
Peserta dan panitia penyelenggara pelatihan literasi digital (foto/ist)

Baca juga:

Tangkal Hoax di Tengah Wabah Corona, Legislatif Minta Masyarakat Cerdas Saring Informasi

PEKANBARU - Pelatihan literasi digital dilaksanakan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN Suska Riau bersama Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo).

Acara kolaborasi FDIK dan Mafindo berlangsung di Masjid Al Kadriyah Jalan Delima, Kelurahan Tobek Godang, Kamis (9/3/2023).

Pelatihan mengusung tema "Cerdas literasi bermedia: akses aman dan pintar akademi digital Lansia". Dilaksanakan dengan bertujuan untuk memberikan literasi digital khususnya kepada para Lansia.

Karena Lansia kesempatannya lebih sedikit untuk mendapatkan informasi terkait literasi digital, ketimbang dengan usia produktif.

Acara literasi digital ini diikuti oleh ibu-ibu Lansia yang berdomisili di Kelurahan Tobek Godang, Kecamatan Binawidya, Kota Pekanbaru. Peserta berjumlah sebanyak 100 orang.

Sebagai narasumber perwakilan dari Mafindo yakni Citra Anwar dan Julita Haeliana yang merupakan komite edukasi Mafindo.

Sedangkan fasilitator dari lingkungan FDIK UIN Suska Riau berjumlah 10 orang. Sebagai koordinator fasilitator adalah DR Arwan, yang juga merupakan Wakil Dekan 3 FDIK UIN Suska Riau. Fasilitator terdiri dari para dosen dan berkolaborasi dengan mahasiswa.

"Mafindo fokus mengadakan literasi digital lansia karena lansia memiliki Power di keluarga untuk didengar. Sehingga sangat penting untuk diberikan edukasi terkait literasi digital," kata Citra Anwar disela acara.

Selain itu, kata Citra, Lansia juga memiliki kesempatan yang lebih kecil untuk mendapatkan pelatihan terkait literasi digital dibandingkan dengan kelompok usia produktif.

Ditempat yang sama, Wakil Dekan 3 FDIK UIN Suska Riau, Dr Arwan mengatakan, pelatihan digelar sebagai bentuk pengabdian perguruan tinggi kepada masyarakat.

Sebab dalam Tri dharma perguruan tinggi, selain pendidikan dan penelitian juga ada Pengabdian kepada masyarakat. Ketiganya menjadi poin penting dalam mewujudkan visi dari perguruan tinggi.

Ketiga hal tersebut juga menjadi tanggung jawab semua elemen yang terdapat di Perguruan Tinggi, diantaranya mahasiswa, dosen, serta berbagai sivitas akademika yang terlibat.

"Mudah-mudahan pelatihan ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya para Lansia yang ikut menjadi peserta dalam pelatihan ini," katanya.

Para peserta pun mengaku banyak mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru lewat pelatihan ini. Seperti yang dikatakan Muslimah, seorang peserta pada pelatihan ini. Wanita berusia 55 tahun ini mengatakan bahwa acara ini sangat bermanfaat bagi para ibu-ibu, khususnya kalangan lansia.

Sebab lewat pelatihan ini para peserta mendapatkan pengetahuan tentang informasi hoax dan keamanan data pribadi. (rilis)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Kepala Satpol PP Pekanbaru, Zulfahmi Adrian tindak lanjuti soal rombongan berseragam dinas minta uang ke pemilik kontrakan (foto/int)Heboh Pria Berseragam Satpol PP Minta Uang ke Pemilik Kontrakan, Begini Reaksi Kaban Zulfahmi
Layanan bus TMP Pekanbaru gratis mulai akhir pekan besok (foto/int)Catat, Mulai Besok Naik Bus TMP Pekanbaru Gratis
Nenek di Pekanbaru didatangi tiga pria berseragam Satpol PP (foto/detik)Heboh, Nenek di Pekanbaru Didatangi Satpol PP dan Dimintai Rp3 Juta, Ini Kronologinya
Tiga desa di Riau teken MoU Desa Bebas Api dengan PT RAPP (foto/Andy)Nihil Karhutla 2023, Dua Desa Ini Raih Reward Rp100 Juta dari RAPP
Dinas PUPR Kepulauan Meranti Fokus Bangun Infrastruktur Bidang SDA
Langkah Mitigasi Bencana, Dinas PUPR Kepulauan Meranti Fokus Bangun Infrastruktur Bidang SDA
  Pj Gubri, SF Hariyanto prihatin daya tampung sekolah di Riau tak memadai (foto/Yuni)Daya Tampung SMA/SMK Negeri Tak Memadai, Ini Langkah Pemprov Riau
Festival Bakar Tongkang Festival yang masuk Kharisma Event Nusantara 2024 Menparekraf RI (foto/int)Besok, 50 Ribu Wisatawan Bakal Ramaikan Festival Bakar Tongkang di Bagansiapiapi
Penyegelan kantor DPW PPP Riau akibat tak lagi percaya pada kepemimpinan Syamsurizal. Spanduk dibentang pada Kamis (20/6/2024) (foto:ist) Syamsurizal: Pengurus Tak Ada Hak Turunkan Ketua DPW PPP
Pendaftaran PPDB SMA/SMK Negeri di Riau resmi dibuka (foto/int)Hari Ini PPDB Riau Dibuka: Sudah Bisa Upload Pernyaratan, Catat Jadwal Lengkapnya
Syamsuar bersama kader Posyandu binaan Sovia.(foto: mimi/halloriau.com)Kader Posyandu Binaan Sovia Sambut Antusias Kedatangan Syamsuar
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved