Pendidikan
BREAKING NEWS :
Kapolres Meranti Imbau Warga Tunda Acara Hajatan Libatkan Banyak Orang
 
Rogeeer..., Murid SD di Kepulauan Meranti Belajar dengan Radio HT yang Difasilitasi RAPI
Selasa, 04 Agustus 2020 - 18:53:54 WIB
Terlihat murid SD yang belajar dengan berkelompok menggunakan HT.
Terlihat murid SD yang belajar dengan berkelompok menggunakan HT.

SELATPANJANG - Sejak pandemi Covid-19 mewabah di berbagai wilayah di Indonesia membuat kegiatan belajar mengajar di sekolah dipindahkan menjadi dari rumah masing-masing.

Tak terkecuali di Kepulauan Meranti, kabupaten termuda di Provinsi Riau yang berada di pesisir Selat Melaka. Dimana penerapan belajar secara daring tidak bisa dilakukan maksimal.

Tidak semua siswa bisa mengikuti cara pembelajaran jarak jauh tersebut. Pasalnya, sebagian dari mereka tidak memiliki ponsel pintar atau handphone berbasis android. Selain keterbatasan perangkat gawai, masalah koneksi juga menjadi persoalan krusial, dimana menampilkan jurang ketimpangan akses internet di tanah air.

Dengan adanya kendala dan keterbatasan tersebut, pengurus Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kepulauan Meranti menyiapkan dukungan komunikasi kepada sekolah  untuk melakukan kegiatan belajar dari rumah di masa pandemi Covid-19.

Teknisnya, satu perangkat pesawat Rig dipinjamkan kepada guru yang dipasang di sekolah dan satu unit Radio Handy Talkie (HT) dipinjamkan ke siswa yang dipakai dalam satu kelompok belajar guna melakukan komunikasi. HT lebih dikenal sebagai alat komunikasi jadul yang lebih sering dipakai panitia acara dan intel polisi.

Ketua RAPI Kepulauan Meranti Irman Arya mengatakan memfasilitasi sekolah, guru dan siswa belajar menggunakan radio ini sebagai bentuk kepedulian mereka dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk melakukan kegiatan belajar jarak jauh.

Irman juga menyebutkan, upaya tersebut merupakan wujud kepedulian RAPI Kepulauan Meranti terhadap dunia pendidikan dalam rangka adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi Covid-19.

"Ini adalah bentuk dukungan dan kepedulian kami terhadap dunia pendidikan di masa pandemi Covid-19. Dimana banyak yang mengeluhkan sistem pembelajaran jarak jauh ini karena keterbatasan yang dimiliki orang tua siswa. Oleh karena itu kami yang prihatin terhadap kondisi ini meminjamkan HT sebagai fasilitas untuk menjalani proses belajar mengajar secara online, menggunakan siaran radio,” kata Irman Arya, Selasa (4/8/2020).

Irman mengatakan proses belajar menggunakan radio ini memiliki sistem yang sama dengan belajar dari rumah yang dilakukan selama ini. Namun yang membedakan adalah siswa bisa langsung mendengarkan arahan dan penjelasan dari guru melalui HT dan sambungan langsung dari pesawat Rig.

Dijelaskan juga, karena adanya keterbatasan perangkat yang dimiliki, maka proses belajar siswa dilakukan dengan berkelompok di suatu tempat yang disepakati.

"Kita hanya memiliki 10 HT. Jadi untuk satu sekolah kita upayakan untuk membentuk enam kelompok dan satu pesawat Rig yang dipasang di sekolah dengan satu antena. Terhadap penggunaan HT ini kita fokuskan untuk kelas 6 terlebih dahulu dan ini kita siapkan secara gratis. Tidak ada kendala, kita hanya dampingi cara pemakaian dengan waktu pemakaian hanya dua jam saja," kata Arya.

Dikatakan Arya, saat ini penggunaan radio tersebut masih dalam tahap ujicoba dan kedepannya jika proses belajar mengajar dari rumah diperpanjang, maka pihaknya siap memfasilitasi sekolah yang membutuhkan.

"Saat ini masih dalam tahap ujicoba, dimana untuk satu sekolah kita jadwalkan satu minggu dua kali. Sudah ada empat sekolah yang sudah dan akan kita fasilitasi pemakaian HT dan pesawat Rig ini diantaranya SDN 6, 13, dan 17 di Selatpanjang serta SDN 21 di Desa Sesap," ujar Arya.

Sementara itu, untuk wilayah kecamatan lain yang juga memiliki permasalahan dan kendala yang sama, ketua RAPI itu akan berkoordinasi dengan anggotanya yang tersebar di setiap kecamatan untuk memfasilitasi proses belajar mengajar tersebut.

"Saat ini kita fokus di kecamatan yang bisa terjangkau saja dulu. Namun jika dibutuhkan kita akan berkoordinasi dengan anggota yang berada di setiap kecamatan. Karena saat ini kita memiliki 43 anggota yang memiliki izin penggunaan frekuensi dan 80 simpatisan," kata Arya Irman.

Irman juga mengatakan jika penggunaan HT sebagai media komunikasi pembelajaran jarak jauh sangat efektif dan efisien. Selain itu pembelajaran melalui radio bisa menjadi alternatif agar semua siswa dapat mengikuti kegiatan belajar-mengajar jarak jauh dengan baik.

"Jaringan internet yang terbatas, dan tidak semua orang tua murid sanggup untuk membeli Android dan paket data sebagai penunjang menjadi hambatan motode belajar tersebut. Untuk itu penggunaan radio dapat dilakukan sebagai alternatif solusi untuk pembelajaran jarak jauh," ungkapnya.

Terakhir dikatakan jika dukungan ini diberikan sebagai sebuah solusi bagi pemerintah daerah dalam hal ini dinas terkait yang masih menemui sejumlah kendala.

"Kami hanya sebagai pembuka jalan saja bagi pemerintah. Apakah dengan solusi yang ditawarkan ini ada tanggapan dari pemerintah. Saat ini kami RAPI Kepulauan Meranti menjadi yang pertama di Riau dan ketiga di Indonesia dalam hal melakukan dan memfasilitasi pembelajaran menggunakan HT," pungkasnya.

Penulis : Ali Imron
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim saat memaparkan program bantuan kuota data internet dari Kemendikbud RI untuk kenyamanan belajar jarak jauh di Jakarta, Jumat (25/9/2020). Telkomsel Dukung Program Bantuan Kuota Data Internet dari Kemendikbud RI untuk Belajar Jarak Jauh
Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiwa Baru Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Riau, Kota Pekanbaru (18/9/2020)PKKMB Jurusan Biologi FMIPA Universitas Riau Diadakan Berbeda Tahun Ini
Kadisdik Rohil, HM Nur Hidayat SH mencoba menggunakan tempat cuci tangan milik SDN 008 Bagan Punak disela-sela meninjau kesiapan sekolah itu.Disdikbud Rohil Pantau Kesiapan Belajar Tatap Muka Sekolah di Kecamatan Bangko
  Telkomsel distribusikan kuota 10 GB ke siswa madrasah.
Kolaborasi dengan Kemenag, Telkomsel Distribusikan Kuota 10 GB ke Siswa Madrasah
Walikota Dumai H Zulkifli As serahkan beasiswa kepada anak-anak petani binaan Apkasindo di Kota Dumai.
Walikota Dumai Serahkan Beasiswa pada Anak-anak Petani Binaan Apkasindo
Telkomsel menghadirkan jaringan 4G LTE di Tigo Lurah, Solok, Sumatera Barat sebagai bentuk komitmen untuk #TerusBergerakMaju hingga pelosok dalam memenuhi kebutuhan komunikasi seluruh masyarakat. 
Kini Pelajar di Tigo Lurah Bisa Belajar Daring dari Rumah Pakai Telkomsel

 
Berita Lainnya :
  • Kapolres Meranti Imbau Warga Tunda Acara Hajatan Libatkan Banyak Orang
  • Tak Mampu Menangkan Skawan di Pilkada Rohul, Kader Demokrat Siap Terima Surat Pemecatan
  • Satu Lagi Pasien Covid-19 di Dumai Meninggal Dunia, Total Sudah 15 Orang
  • Bertambah 202 Kasus, Total Kasus Terkonfirmasi Covid-19 Riau Makin Mendekati 7.000
  • Paslon Said Hasyim - Abdul Rauf Belum Bisa Gunakan Nomor Urut dan Kampanye
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Wagubri Buka Pelatihan Jurnalistik Sekolah di SMAN 1 Pekanbaru
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved