Pendidikan
BREAKING NEWS :
Lab Biomolekular RSUD Arifin Achmad Periksa 1.317 Sampel Per Hari
 
Mahasiswa KKN Relawan Desa Lawan Covid-19 Unri Buat dan Bagikan Handsanitizer Gratis untuk Masyarakat Perawang
Sabtu, 11 Juli 2020 - 15:30:13 WIB
Tim Relawan Desa Lawan Covid-19 yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) membuat dua jenis Handsanitizer
Tim Relawan Desa Lawan Covid-19 yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) membuat dua jenis Handsanitizer

PEKANBARU-Era New Normal merupakan fase transisi setelah pandemi Covid-19 dimana masyarakat diperbolehkan beraktivitas seperti biasanya. Namun masyarakat dihimbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan untuk memutus penyebaran Covid-19. 

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah pemakaian Handsanitizer. Maka dari itu, empat orang Mahasiswa Universitas Riau yang bergabung dalam Tim Relawan Desa Lawan Covid-19 yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) membagikan dua jenis Handsanitizer secara gratis kepada masyarakat Desa Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Jumat (10/7/2020).

Terdapat dua jenis Handsanitizer yang dibagikan yaitu Handsanitizer formula WHO dan BPOM, serta Handsanitizer formula alami (Herbal). Komposisi Handsanitizer WHO dan BPOM terdiri dari aquadest, alkohol 96 %, hidrogen peroksida, gliserin, dan parfum lemon. Sedangkan komposisi Handsanitizer alami (herbal) terdiri dari daun sirih, jeruk nipis, dan air. 

Pada hari Kamis (9/7/2020), pembuatan handsanitizer dilakukan di rumah Rizky Hajj Pertiwi selaku salah satu anggota Tim Relawan Desa Lawan Covid-19. Pemilihan bahan alami sebagai Handsanitizer dikarenakan mudah untuk didapatkan dan ekonomis dari segi biaya. Daun sirih mengandung flavonoid yang berperan sebagai agen antioksidan, anti alergi, antibakteri, dan antijamur. Sedangkan jeruk nipis digunakan sebagai bahan pengawet, penjernih warna larutan, dan menambahkan aroma untuk Handsanitizer.

Pembagian Handsanitizer dilakukan pada hari Jumat 10 Juli 2020 pukul 09.00-12.00 WIB. Handsanitizer dibagikan di tempat-tempat keramaian seperti kawasan lampu merah KM.5 dan pasar Tuah Serumpun KM. 4 yang bertujuan untuk memutus penyebaran mata rantai virus Covid-19. 

Tim pengabdian kepada masyarakat yang ikut serta dalam Relawan Desa Lawan Covid-19 antara lain Dilla Mulya Sari jurusan Matematika (FMIPA), Syah Fitri Yani jurusan Biologi (FMIPA), Rizky Hajj Pertiwi jurusan Pendidikan Kimia (FKIP), dan Rara Annisa Diniyah jurusan Pendidikan Biologi (FKIP). 

Ketua Tim Kuliah Kerja Nyata Relawan Desa Covid-19 Dilla Mulya Sari menjelaskan, pembuatan dan pembagian Handsanitizer ini adalah wujud kepedulian mahasiswa serta memfasilitasi masyarakat perawang dalam menjaga kebersihan diri selama menghadapi Era New Normal. 

"Terutama masyarakat yang masih tetap bekerja sehingga berisiko tinggi terpapar oleh Covid-19 seperti pedagang kaki lima disekitaran lampu merah KM.5 dan pedagang yang berjualan di pasar Tuah Serumpun KM.4," sebutnya.

Handsanitizer efektif untuk mencegah infeksi, membunuh kuman, bakteri dan virus. Diharapkan Handsanitizer yang telah dibagikan oleh Tim Relawan Covid-19 dapat membantu warga dalam memutuskan rantai penyebaran Covid-19 dan dapat digunakan selama Era New Normal. 

Kegiatan ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di lingkungan sekitar yang dapat dimanfaatkan untuk mencegah Covid-19.(*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Mahasiswa UR ketika Kukerta di Kampung Rawa Mekar Jaya, Sungai Apit, Siak.
Mahasiswa Kukerta Unri Pelajari Kearifan Lokal Kampung Rawa Mekar Jaya Siak
Foto bersama di plang penanda Kerupuk Tujin.Mahasiswa Unri Buatkan Plang Penanda UMKM Kerupuk Tujin Indri Bersaudara
Foto bersama.Kegiatan Tim Pengabdian Kukerta Unri 'Balek Kampung Rejosari' Dapat Apresiasi dari Masyarakat
  Lahan BUMDES yang telah ditanam bibit bayam merah dan cabai.Mahasiswa Kukerta Pedagogik Universitas Riau Lakukan Pembibitan Cabai dan Bayam Merah di Desa Petani
Foto bersama.Mahasiswa Kukerta Balek Kampung Unri Beri Penyuluhan Teknologi Filtrasi Air Sederhana
Tim Kukerta Balek Kampung Kelurahan Sago Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru membagikan handsanitizer & masker untuk warga. Pembagian ini dilakukan tim Kukerta untuk berpartisipasi dalam pencegahan dan memutuskan rantai penularan covid-19 di masa new normal.Tim Kukerta Balek Kampung Kelurahan Sago Bagikan Handsanitizer dan Masker Gratis kepada Warga

 
Berita Lainnya :
  • Lab Biomolekular RSUD Arifin Achmad Periksa 1.317 Sampel Per Hari
  • Penyebab Kasus Positif Corona di Indonesia Terus Meningkat
  • Deklarasi Damai, Bawaslu Rohil Tegaskan Kampanye harus Ikuti Protokol Kesehatan
  • Ternyata Kuota Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 10 Cuma untuk 116 Ribu Orang
  • Truk Tabrak Se-Keluarga Penghuni Kedai di Pelalawan, Bocah 11 Tahun Tewas
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Wagubri Buka Pelatihan Jurnalistik Sekolah di SMAN 1 Pekanbaru
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved