Pendidikan
BREAKING NEWS :
Hilang Dua Hari, Editor Metro TV Ditemukan Tewas di Pinggir Tol
 
Webinar Internationar UIR
Prof Yusri Munaf: Peran Desa telah Bergeser dari Objek Menjadi Subjek Pembangunan
Jumat, 26 Juni 2020 - 08:15:42 WIB
Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Riau Prof Dr H Yusri Munaf
Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Riau Prof Dr H Yusri Munaf

PEKANBARU - Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Riau Prof Dr H Yusri Munaf mendedah 'Sistem Pemerintahan Terendah di Indonesia' dalam Webinar International yang melibatkan tiga negara. Yakni Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Webinar berlangsung di Gedung PPs UIR Kamis pagi (25/06 2020).

Selain Yusri Munaf tampil pula Dr Rahyunir Rauf, MSi (Wakil Direktur I Pascasarjana Universitas Islam Riau), Assoc Prof Dr Halimah Binti Abdul Manaf (Universitas Utara Malaysia), Prof Datin Dr Faridah Jalil (Universitas Kebangsaan Malaysia) dan Dr Mariam Binti Abdul Rahman (Universitas Islam Sultan Sharif Ali/Brunei Darussalam). Sementara Dr Rendi Prayuda, SIP, MSi dipercaya menjadi moderator.

Yusri memaparkan, Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa telah menjamin kemandirian desa. Melalui asas rekognisi dan subsidiaritas, peran desa bergeser dari objek menjadi subjek pembangunan. Desa diharapkan menjadi pelaku aktif dalam pembangunan.

''Tentu dengan memperhatikan keunikan serta kebutuhan pada lingkup masing-masing desa yang sekarang tidak lagi menjadi sub pemerintahan kabupaten melainkan berubah jadi pemerintahan masyarakat,'' kata Yusri Munaf.

Prinsip desentralisasi dan residualitas yang berlaku pada Undang Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah sudah digantikan oleh prinsip rekognisi dan subsidiaritas. Kedua prinsip ini, menurut Yusri Munaf, memberi mandat sekaligus kewenangan terbatas strategis kepada desa untuk mengatur serta mengurus urusan desa itu sendiri.

''Membumikan makna sebagai subjek pasca Undang Undang Desa bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Berbagai ujicoba telah dilaksanakan oleh elemen pemerintah dan masyarakat sipil untuk menggerakkan desa supaya desa benar-benar menjadi subjek pembangunan,'' ulas Direktur Pascasarjana UIR itu.

Berbagai praktek dan pembelajaran, tambah mantan Ketua KPU Kota Pekanbaru itu, telah muncul sebagai bagian dari upaya menggerakkan desa menjadi subjek pembangunan seutuhnya.

Idiom subjek tidak bermakna pemerintahan desa semata melainkan juga masyarakat. Desa dalam kerangka Undang Undang Desa, dikatakan Yusri Munaf, adalah kesatuan antara pemerintahan desa dan masyarakat yang terjawantah sebagai masyarakat pemerintahan (self governing community) sekaligus pemerintahan lokal desa (local self goverment).

Dalam Undang Undang Desa, desa memiliki empat domain kewenangan. Yaitu pemerintahan desa, pembangunan desa, pembinaan desa dan pemberdayaan masyarakat desa. Inilah yang dalam pandangan Yusri Munaf melahirkan perspektif yang melihat bahwa desa merupakan entitas atau kesatuan masyarakat hukum yang menyelenggarakan pemerintahan (mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat).

''Desa merupakan organisasi pemerintahan paling kecil, paling bawah, paling depan dan paling dekat dengan masyarakat,'' imbuh Yusri Munaf. (rilis)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Suasana silaturrahmi Pimpinan Pascasarjana UIR dengan Pemko Dumai pada Senin (06/07 2020)PPs UIR Silaturrahmi ke Pemko Dumai Tindaklanjuti MoU
Suasana Webinar International yang melibatkan tiga negara dan dibuka Rektor UIR Prof Dr Syafrinaldi, SH, MCL di Gedung PPs Kamis (25/06 2020).Rektor UIR Buka Webinar International Tiga Negara
Suasana yudisium calon wisudawan Pascasarjana UIR pada JumCalon Wisudawan Pascasarjana UIR Ikuti Yudisium Daring dari Rumah
  Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Riau Prof Dr H Yusri MunafProf Yusri Munaf: Peran Desa telah Bergeser dari Objek Menjadi Subjek Pembangunan
Foto humasUIR-Bupati Kampar Sepakat Laksanakan Catur Dharma dan Tingkatkan SDM ASN
Suasana Rapat Terbuka Senat Universitas Islam Riau dalam rangka wisuda daring.  Selain anggota senat, rapat turut dihadiri Ketua Umum YLPI Riau Dr. Nurman.20 Juni, UIR Gelar Wisuda Daring Siti Nur Hayati Raih IPK Pemuncak 3,96

 
Berita Lainnya :
  • Hilang Dua Hari, Editor Metro TV Ditemukan Tewas di Pinggir Tol
  • Mulai 13 Juli, Siswa SMP di Inhu Belajar Secara Tatap Muka
  • Juaranya Untung, Lincah & Irit Bersama Honda di Bulan Juli
  • PDP di Inhu Bertambah Jadi Dua orang, Total 30 Pasien
  • 9 Provinsi Termasuk Riau, Nihil Kasus Baru Covid 19 Hari Ini
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Wagubri Buka Pelatihan Jurnalistik Sekolah di SMAN 1 Pekanbaru
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved