Pendidikan
BREAKING NEWS :
Bantu Pulihkan Ekonomi, Pemprov Riau Harapkan BRK Tingkatkan Lagi Kinerja
 
Remnant Order Fakultas Kedokteran Unri, Edukasi Masyarakat Terkait Wabah Covid-19
Sabtu, 09 Mei 2020 - 13:18:32 WIB
Foto bersama.
Foto bersama.

ROKAN HILIR - Pada awal tahun 2020 yang lalu, masyarakat internasional digemparkan oleh kemunculan Corona Virus 2019 atau disebut juga dengan COVID-19.

Virus yang pertama kali ditemukan di pusat perdagangan satwa buas di kota Wuhan, China ini penyebarannya tergolong relatif sangat cepat, jika dibandingkan dengan virus yang telah ditemukan sebelumnya, baik Mers maupun Sars. Sehingga dalam rentang waktu kurang dari tiga bulan penduduk dibanyak negara terpapar dengan Corona Virus ini. 

Oleh karenanya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan penyebaran Covid-19 dalam kategori pandemi global. Sehingga pada tanggal 11 Maret 2020 yang lalu, Covid 19 telah dinyatakan menjadi musuh bersama, musuh yang harus dihindari dan dihentikan penyebarannya oleh segenap elemen bangsa.

Dalam merespon isu penyebaran virus yang mengancam kesehatan manusia ini, Universitas Riau mendorong mahasiswanya untuk ikut berperan serta dalam upaya pencegahan penyebaran Corona Virus atau COVID -19, sesuai dengan kompetensi mahasiswa itu sendiri. 

Charisma Arif Wicaksono, salah seorang Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNRI, di Bagansiapiapi mengatakan, bahwa kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Fakultas Kedokteran ini, juga selaras dengan kegiatan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau. 

:Kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab dari Civitas Akademika Unri, karena kegiatan ini setara dengan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) yang dapat diikuti oleh mahasiswa tahun ketiga, secara reguler telah diagendakan pada bulan Juni 2020 mendatang," ujar mahasiswa yang berperawakan jangkung ini.

"Oleh karenanya, saya dan beberapa orang teman yang saat ini merupakan mahasiswa tahun ketiga diberikan alternatif dalam melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) terjun mengikuti Program Relawan Covid - 19," terangnya.

Pada program relawan ini, ada beberapa bidang yang dapat dipilih peserta yaitu Tracking, Screening, dan Penanganan Pasien, Bidang Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE). Namun, para relawan mahasiswa kesehatan sesuai dengan kompetensinya diarahkan untuk memilih bidang Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE). 

"Bahwa didalam melaksanakan kegiatannya, saya dan relawan mahasiswa lainnya melakukan peran dalam pemasifan edukasi dan informasi secara online. Seperti yang sudah dianjurkan pemerintah untuk melakukan work from home, maka kami melakukan KIE ini secara online, jadi kami para mahasiswa kemungkinan tidak akan diterjunkan langsung ke rumah sakit yang membutuhkan karena hal tersebut belum menjadi kompetensi kami,” ungkapnya menjelaskan.

Remnant Order, merupakan team yang terdiri dari tiga Relawan, yaitu ia sendiri Charisma Arif Wicaksono bersama dua teman lainnya, yaitu Muhammad Daffa Asshiddiqi dan Genthar Aditya Perdana.

Setelah terbentuknya team Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNRI ini,  Remnant Order gencar memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai penyebaran dan penanggulangan wabah COVID-19. Hal ini mereka lakukan karena masih banyak informasi yang simpang siur terhadap wabah COVID-19 dikalangan masyarakat.

"Tujuan dari  Remnant Order adalah untuk berkontribusi dalam mengedukasi  masyarakat secara online, terkait Covid 19. Masyarakat perlu diberikan informasi yang benar, agar informasinya tidak simpang siur Karena masih banyak kami temukan berita hoax Terkait COVID-19 terutama Informasi yang disebarkan melalui Media Sosial," papar putra asal Rohil itu.

"Kegiatan edukasi yang kami laksanakan, selain sebagai pengganti Program Kukerta juga merupakan gerakan moral kami sebagai Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNRI, untuk ikut berkontribusi membantu Pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran Corona Virus atau COVID 19," ujar Charisma Arif Wicaksono, yang juga sebagai penggagas Remnant Order ini.

Sementara itu Muhammad Daffa Assiddiqi menambahkan,  Tim ini bergerak dalam memberikan edukasi kepada masyarakat seputar COVID-19. 

"Dengan kegiatan sosialisasi yang kami sampaikan, diharapkan dapat lebih tenang dan tidak panik, yang diharapkan dapat lebih tenang dan tidak panik, yang mana kepanikan dan rasa cemas yang berlebihan akan dapat mempengaruhi daya tahan tubuh seseorang, sehingga bilamana daya tahan tubuh seseorang menurun, seseorang itu akan mudah terpapar dari Corona Virus atau Covid-19," tambahnya.

“Bentuk kegiatan yang kami lakukan yaitu membuat virtual community di aplikasi whatsapp, kami juga membuat poster untuk mencegah penularan COVID-19, dan menjelaskan cara membuat masker mandiri sesuai dengan panduan CDC, serta Video edukasi yang akan di dibagikan ke media social dan virtual community.l," kata Muhammad.

"Selain itu kami juga membuat blog di internet, yaitu BERSAMA BASMI COVID - 19, yang di dalam blog tersebut berisi tentang pencegahan COVID-19” ujar Charisma. (rilis/zal)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Ilustrasi.22 SMP di Dumai Tidak PPDB Online, Pendaftaran Tatap Muka Terapkan Protokol Covid-19
Penyerahan beasiswa pendidikan ke siswa SMK Bina Profesi.Kepsek SMK Bina Profesi Apresiasi Bantuan Beasiswa Pendidikan Rumah Yatim
Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Riau Prof Dr H Yusri MunafProf Yusri Munaf: Peran Desa telah Bergeser dari Objek Menjadi Subjek Pembangunan
  IlustrasiDisdik Bakal Keluarkan Pendaftar PPDB yang Terbukti Manipulasi Surat Domisili
Para penerima beasiswa sedang mengikuti sesi motivasi dan bimbingan dari tim pendidikan CD RAPP, baru-baru ini. Sesi bimbingan ini dilakukan melalui konferensi video daring sesuai protokol pencegahan Covid-19.100 Mahasiswa dari Lima Kabupaten di Riau Dapat Beasiswa dari RAPP
Suasana Webinar International yang melibatkan tiga negara dan dibuka Rektor UIR Prof Dr Syafrinaldi, SH, MCL di Gedung PPs Kamis (25/06 2020).Rektor UIR Buka Webinar International Tiga Negara

 
Berita Lainnya :
  • Bantu Pulihkan Ekonomi, Pemprov Riau Harapkan BRK Tingkatkan Lagi Kinerja
  • Baru Dilantik, Kasatpol PP Riau Siap Kawal Perda di Lapangan
  • PDP di Inhu Tambah 3 Orang, Satu Pasien Positif Masih Dirawat
  • Jenazah Pelda Anumerta Rama Tiba Esok, Dimakamkan di TMP Pekanbaru
  • Kelola Blok Rokan, Pertamina Targetkan Sumbang 60 Persen Produksi Minyak RI
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Wagubri Buka Pelatihan Jurnalistik Sekolah di SMAN 1 Pekanbaru
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved