Pendidikan
BREAKING NEWS :
PT SRL dan Tim Gabungan Berjibaku Padamkan Karhurtla di Pekantua Inhil
 
Hima Persis Riau Desak Pemerintah Peduli Uang Kuliah Mahasiswa Ekonomi Lemah
Rabu, 29 April 2020 - 05:39:24 WIB
Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (Hima Persis) Provinsi Riau, Firdaus Efendi
Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (Hima Persis) Provinsi Riau, Firdaus Efendi

PEKANBARU - Setelah forum rektor di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam membuat surat ke Kemenag terkait penolakan pemberian dispensasi pembayaran UKT, maka sejumlah mahasiswa di UIN Suska Riau dam Perguruan Tinggi Keagamaan Islam lainnya terancam Alpa Studi, karena tak sanggup membayar penuh Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Hal ini sangat disayangkan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (Hima Persis) Provinsi Riau, Firdaus Efendi yang menyebut bahwa Kementerian Agama semestinya benar-benar serius dalam kepeduliannya terhadap kelangsungan pendidikan sejumlah mahasiswa PTKIN, yang pembayaran SPP mereka menggunakan UKT. 

"Pada prinsipnya, pembayaran SPP mahasiswa memakai sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) adalah upaya membantu mahasiswa berekonomi lemah. Dan Covid-19 harus diakui telah melumpuhkan perekonomian masyarakat, khususnya mereka yang ekonomi lemah. Dengan tidak memberikan keringanan pembayaran UKT, maka akan ada ratusan bahkan ribuan mahasiswa di Riau terancam alpa studi," sebut Firdaus Efendi kepada Wartawan di Kantor Hima Persis Riau, Jl Manunggal Panam Pekanbaru, Rabu (29/4/2020).

Disebutkan mahasiswa senior di UIN Suska Riau ini, bahwa Covid-19 merupakan krisis sektor kesehatan, yang berdampak meluas ke berbagai sektor kehidupan lainnya baik ekonomi, sosial bahkan dunia pendidikan. Sehingga butuh kebijakan yang pasti dan serius dalam memperhatikan keberlangsungan pendidikan ribuan mahasiswa yang pembayaran uang kuliahnya memakai sistem UKT.

Hal ini mengacu kepada sejumlah program pemerintah yang memberi dispensasi di sektor lain, seperti BLT, keringanan kredit, pajak dan lainnya.

"Kita sedang dalam keadaan krisis. Berawal aspek kesehatan, bergerak ke ekonomi, sosial, dan juga dunia pendidikan. Maka sewajarnya pemerintah melalui kementerian bersangkutan, memberi perhatian terhadap keberlangsungan pendidikan ribuan mahasiawanya ini," lanjut mantan Menko Sosial dan Kesejahteraan Mahasiawa BEM UIN Suska Riau tersebut.

Dikataknnya, Mahasiswa adalah unit kelompok yang juga rentan, dari aspek ekonomi seiring menurunnya pendapatan keluarga. Jadi beban UKT membuat beban keluarga makin besar. Sementara rata-rata orang tua mahasiswa adalah petani, pedagang kecil, buruh, yang masuk dalam golongan ekonomi lemah dan menengah ke bawah.

"Dengan tidak bekerja, orang tua tak ada pemasukan, mahasiswa juga hanya di rumah, karena kebijakan physical distancing. Jika perguruan tinggi memaksa memberikan beban UKT kepada mahasiswa secara penuh tanpa dispensasi, maka dimana letak kepedulian negara terhadap pendidikan dan rakyatnya?," lanjut Firdaus.

Dalam hal ini, selaku ketua Hima Persis Provinsi Riau, Firdaus menyampaikan tuntutan Hima Persis dengan meminta Kemenag agar tegas dan peduli terhadap masyarakat terutama dunia pendidikan dengan memberi dispensasi UKT terhadap mahasiswa yang saat ini terdampak covid-19, baik langsung maupun tidak langsung.(rilis)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Mahasiswa membantu kegiatan penyemprotan disinfektan di Kelurahan Tanjung Gading, Air Molek.Putus Rantai Penyebaran Covid-19, Mahasiswa Unri Gelar Penyemprotan Disinfektan di Air Molek
Presiden Mahasiswa STIE Riau AKBAR, James Fajri Al Fath Presiden Mahasiswa STIE Riau AKBAR Apresiasi Penangganan Covid-19 di Provinsi Riau
Tim DIAVO bersama tim lainnya menyalurkan donasi Alat Pelindung Diri (APD) ke Puskesmas di Pekanbaru.IPKKI Bersama Mahasiswa KKN Unri Salurkan Bantuan APD kepada Puskesmas di Riau
  Petugas UPP Rohul periksa suhu tubuh pengendara yang akan memasuki kawasan Kampus UPP, setelah pihak kampus akan aktifkan perkuliahan mulai Rabu besok di masa New Normal namun tetap memberlakukan sistim protokol kesehatan.Masuki New Normal, UPP Aktifkan Perkuliahan dengan Ikuti Protokol Kesehatan
Penyerahan APD untuk Puskesmas di Kota Pekanbaru yaitu Puskesmas​ Plus Sapta Taruna.IPKKI Provinsi Riau Bersama Mahasiswa Kukerta Unri Laksanakan Kegiatan Kerelawanan Covid-19
Kukerta Relawan Covid-19.Unri Buka Kesempatan untuk Mahasiswa Ikuti Kukerta Relawan Covid-19

 
Berita Lainnya :
  • PT SRL dan Tim Gabungan Berjibaku Padamkan Karhurtla di Pekantua Inhil
  • 40 Orang Urus SIM Gratis di Polres Inhu, Syaratnya Lahir Tanggal 1 Juli
  • Kapolres Pimpin Kenaikan Pangkat 41 Personel Rohul Sempena HUT Bhayangkara
  • Bantu Pulihkan Ekonomi, Pemprov Riau Harapkan BRK Tingkatkan Lagi Kinerja
  • Baru Dilantik, Kasatpol PP Riau Siap Kawal Perda di Lapangan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Wagubri Buka Pelatihan Jurnalistik Sekolah di SMAN 1 Pekanbaru
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved