Pendidikan
BREAKING NEWS :
Pembak Kuansing Akan Surati Kementerian Pariwisata Terkait Pelaksanaan Pacu Jalur
 
UN SMK di Riau Bakal Dijadwal Ulang
Senin, 16 Maret 2020 - 13:18:00 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PEKANBARU-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyatakan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ditunda. Penundaan tersebut seiring dengan keputusan Pemprov Riau yang meliburkan seluruh sekolah selama dua pekan terkait virus corona atau Covid-19.

"Kalau sekolah libur tentu seluruh kegiatan persekolahan diliburkan," ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Riau, Kaharudin kepada Metro Riau Group, Minggu (15/3/2020) malam.

UN SMK sedianya dilaksanakan mulai hari ini, Senin (15/3/2020). Menurut Kaharudin, ada sebanyak 30.158 orang siswa yang dijadwalkan mengikuti UN SMK.

Dengan adanya penundaan itu, Kaharudin menyebutkan, pelaksanaan UN SMK akan dijadwal ulang. "Untuk jadwal pengganti UN akan kami (Disdik) koordinasikan dengan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Hal itu sesuai dengan Surat Edaran BSNP," terangnya.

Sehubungan dengan pandemi virus corona, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengatur penundaan UN untuk siswa SMA dan sederajat.

Ketua BSNP, Abdul Mu'ti mengatakan, dalam surat edaran nomor 0114/SDAR/BSNP/III/2020, sebagai langkah antisipasi dan preventif mencegah penyebaran Covid-19, BSNP melakukan pengaturan sesuai dengan Prosedur Operasional Standar (POS) UN 2020.

Adapun POS tersebut, pertama, dalam hal Pemerintah Provinsi atau Kabupaten/Kota menyatakan keadaan darurat atau meliburkan kegiatan pendidikan di sekolah/madrasah di wilayahnya, maka pelaksanaan UN dapat dijadwalkan kemudian setelah berkoordinasi dengan Penyelenggara dan Panitia UN Tingkat Pusat.

Kedua, dalam hal Pemerintah Provinsi atau Kabupaten/Kota tidak menyatakan keadaan darurat atau meliburkan kegiatan pendidikan di sekolah/madrasah di wilayahnya, maka Ujian Nasional tetap dilaksanakan sesuai jadwal, POS, dan Protokol UN yang telah ditetapkan oleh BSNP.

Dalam kaitan dengan pelaksanaan UN, BSNP berharap seluruh pihak dapat disiplin dalam melaksanakan protokol pencegahan COVID-19 sebagaimana telah disampaikan sebelumnya.

Sebagaimana ditetapkan dalam POS, seperti dikutip dari detikcom, UN 2019/2010 akan dimulai dari jenjang SMK pada Senin 16 Maret 2020. Selanjutnya, UNBK jenjang SMA/MA akan dilaksanakan pada Senin 30 Maret 2020. Dilanjutkan UN untuk pendidikan kesetaraan Paket C pada Sabtu 4 April 2020. Sedangkan jenjang SMP/MTs, pada Senin 20 April 2020, serta Paket B pada Sabtu 2 Mei 2020.

Penulis : Fajar
Editor: Yusni Fatimah




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiLibur Sekolah Diperpanjang hingga 14 April
ABKIN Riau menghimbau seluruh Guru BK agar dapat berperan aktif dalam mengontrol dan memberikan pemahaman terhadap siswa dan orangtua tentang virus corona.PD ABKIN Riau Himbau Guru BK Berperan Aktif Mengedukasi Siswa tentang Bahaya Covid-19
Papan Bunga yang sudah terlanjur dipesan di SMKN 1 Dumai.Papan Bunga dan Snack Sudah Dipesan, Pelaksanaan UNBK SMKN 1 Dumai Batal karena Corona
  Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pekanbaru Abdul Jamal Kadisdik Pekanbaru Ingatkan Guru Tetap Mengajar dari Rumah
Kadisdik Kota Pekanbaru, Abdul Jamal.Disdik Pekanbaru Pastikan UN SMP Masih Sesuai Jadwal
IlustrasiUN SMK di Riau Bakal Dijadwal Ulang

 
Berita Lainnya :
  • Pembak Kuansing Akan Surati Kementerian Pariwisata Terkait Pelaksanaan Pacu Jalur
  • Kabar Gembira, RSUD Arifin Ahmad Pulangkan Satu Pasien Covid-19 Terakhir Dirawat
  • PPDB Tingkat SD dan SMP Negeri di Pekanbaru Dibuka 1-7 Juli 2020
  • Bobol Karaoke dan Kafe di Pekanbaru, Doyok Diamankan Polisi
  • Besok Citilink Terbang Lagi, Penumpang Cek Kembali Kelengkapan Dokumen
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Wagubri Buka Pelatihan Jurnalistik Sekolah di SMAN 1 Pekanbaru
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved