Pendidikan
BREAKING NEWS :
DPP Pekanbaru terus Awasi Distributor Bahan Pokok Cegah Permainan Harga
 
Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan Bicara Pancasila di Ratusan Mahasiswa UIR
Senin, 24/02/2020 - 18:08:06 WIB
Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan bersama Gubernur Riau Drs Syansuar dan Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir di Kampus Universitas Islam Riau, Senin siang (24/2 2020)
Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan bersama Gubernur Riau Drs Syansuar dan Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir di Kampus Universitas Islam Riau, Senin siang (24/2 2020)

PEKANBARU - Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (Zulhas) mengurai soal kedudukan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan ideologi negara. Ratusan mahasiswa Fakultas Ekonomi UIR yang memadati auditorium lantai IV Gedung Rektorat Universitas Islam Riau, Senin siang (24/02 2020), menyimak paparan mantan Ketua MPR itu secara serius.

Zulhas tiba di Kampus UIR Jalan Kaharuddin Nasution 113 Perhentian Marpoyan Pekanbaru pukul 10.45 wib menggunakan mobil alfard warna putih. Ia berada satu mobil dengan Gubernur Riau Drs H Syamsuar setelah mendarat di Bandara International Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Bersama Zulhas ikut pula Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effend, Danrem 031/WB, sejumlah anggota DPRD Riau dari Partai Amanah Nasional juga ikut menyertai kedatangan Menteri Kehutanan di era Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono itu.

Tiba di Kampus UIR, Zulhas langsung disambut atraksi pencak silat oleh mahasiswa UIR. Wakil Rektor II UIR Dr Asrol bersama Dekan Fakultas Ekonomi Drs Abrar, Kepala BAAK Ir Akmar Efendi dan belasan dosen Universitas Islam Riau bergegas membawa tamunya ke auditorium lantai IV Gedung Rektorat untuk menjadi pembicara dalam 'Seminar Nasional dan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Bang Zulhas Bicara Pancasila untuk Indonesia'.

Kepada mahasiswa, Zulhas menegaskan bahwa Pancasila merupakan pemersatu bangsa, dan sudah menjadi kesepakatan bangsa Indonesia melalui PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang bersidang pada 18 Agustus 1945. Dalam sidang yang diketuai Ir Soekarno itu, para pendiri bangsa telah sepakat menempatkan Pancasila menjadi falsafah bangsa dan ideologi negara (way of life).

''Pancasila bukan pemecah bangsa, bukan membuat bangsa ini terkotak-kotak. Jadi jangan pertentangkan Pancasila dengan agama,'' kata Zulhas.

Ia juga menyinggung soal piagam Jakarta yang dirumuskan BPUPKI. Dalam sidangnya pada tanggal 22 Juni 1945, BPUPKI telah bersepakat menempatkan Piagam Jakarta dengan bunyi 'kewajiban menjalankan syariat Islam bagi peeluk-pemuluknya', sebagai dasar negara. Akan tetapi pada malam setelah proklamasi dibacakan oleh Proklamator Soekarno-Hatta datang protes dari Indonesia Timur.

Protes itu disampaikan kepada Bung Hatta selaku anggota PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia). ''Di sinilah diuji kebesaran umat Islam. Tapi walau demikian mereka akhirnya sepakat mencoret kalimat dalam Piagam Jakarta, dan mengubahnya menjadi 'Ketuhanan yang Maha Esa'.

''Kata tokoh-tokoh Islam waktu itu, silakan diubah asal kita merdeka dan tetap bersatu,'' tegas Zulhas.

Karena itu Zulhas mengajak mahasiswa tidak mempertentangkan hari lahir Pancasila. Apakah tanggal 1 Juni, 22 Juni atau 18 Agustus. Menurut Zulhas, ketiga tanggal tersebut merupakan satu rangkaian yang saling mengikat dan menjadi filosofi bangsa. Mari terus kita jalankan dan kita amalkan nilai-nilai Pancasila untuk menjaga stabilitas dan keutuhan NKRI.

"Tanda kita merdeka adalah kita bersatu," ucap Zulhas. (rilis)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Penyerahan bantuan pendidikan dari UPZ UIR kepada mahasiswa yang kurang mampu pada tahun lalu. Tahun ini UPZ kembali menyerahkan bantuan dengan mentransfer langsung dana ke rekening mahasiswaUPZ UIR Transfer Dana Bantuan Pendidikan ke Rekening Mahasiswa
Suasana diskusi akademik UIR dengan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh Kamis siang (12/3 2020).UIR dan Unsyiah Aceh Saling Timba Pengalaman Soal Aktivitas Mahasiswa
Zulkifli Hasan dan Gubernur Riau saat berada di UIR. Foto: RiauposZulhas Kunjungi UIR, Dijadwalkan Beri Seminar Kebangsaan
   Suasana teleconference bersama LLDIKTI di Gedung Rektorat Universitas Islam Riau, Senin siang (23/3 2020)Teleconference dengan Perguruan Tinggi, LLDIKTI X: Covid-19 tak Halangi Kegiatan Belajar
Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan bersama Gubernur Riau Drs Syansuar dan Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir di Kampus Universitas Islam Riau, Senin siang (24/2 2020)Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan Bicara Pancasila di Ratusan Mahasiswa UIR
Rektor UIR Prof Syafrinaldi menandatangani MoU dengan Walikota Dumai Zulkifli As di Gedung Rektorat UIR Pekanbaru JumUIR-Pemko Dumai Teken MoU Tri Dharma Perguruan Tinggi

 
Berita Lainnya :
  • DPP Pekanbaru terus Awasi Distributor Bahan Pokok Cegah Permainan Harga
  • Data Terbaru Corona Hari Ini: Kasus Positif Capai 3.512, 280 Meninggal
  • Nekat Langsungkan Pernikahan saat Lockdown, Polisi Serbu Lokasi Pesta, Pengantin dan Semua Tamu Ditangkap
  • Cegah Covid-19, SKK Migas dan Pertamina EP Salurkan Bantuan Hand Sanitizer
  • Antisipasi Tertular Corona, Chili Market Hadir Penuhi Kebutuhan Sembako Warga Secara Online
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Wagubri Buka Pelatihan Jurnalistik Sekolah di SMAN 1 Pekanbaru
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved