Pendidikan
BREAKING NEWS :
Perayaan Imlek di Rumah Stephen dan Peng Suyoto, Silaturahmi Berjalan dalam Suasana Kekeluargaan
 
Gerakan Besar Pemuda untuk Majukan Pendidikan di Indonesia
Senin, 13/01/2020 - 13:03:00 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.
TERKAIT:
 
  • Gerakan Besar Pemuda untuk Majukan Pendidikan di Indonesia
  •  

    PEKANBARU - Peningkatan kemajuan pendidikan di Indonesia tidak hanya dibebankan kepada guru atau tenaga pendidik saja, tapi juga tanggung jawab setiap orang yang terdidik. Gerakan dan kepedulian para pemuda juga menjadi tolak ukur untuk kemajuan pedidikan bangsa. Berbagi juga bukan selalu tentang materi tapi berbagi dengan apapun yang kita punya, bukan tentang mengasihi tapi tentang dimana kita masih memiliki hati nurani.

    Kemajuan Bangsa bukan terukur dari batas peta tapi dari gerakan para pemuda. Sebagai pemuda kita harus sadar bahwa masih minimnya kualitas pendidikan di Indonesia apalagi di daerah-daerah terpencil. Jika hanya ingin menampung dan menunggu bantuan pemerintah tidak semuanya bisa teralokasikan, maka dari itulah kita harus sadar bahwa tingkat kepedulian kita untuk pendidikan di Indonesia, seperti menjadi volunter sangat berpengaruh besar untuk kemajuan bangsa.

    Tidak hanya lebel kita sebagai orang yang terdidik, sekolah setinggi mungkin bisa membuat kita bangga. Tapi bagaimana kepedulian kita terhadap pendidikan di Indonesia. Sejatinya “Salah satu hasil tertinggi dari pendidikan bukan ijazah, melainkan pendewasaan untuk mampu menjadi lebih toleransi terhadap perbedaan yang ada".

    Kepedulian terhadap pendidikan di Indonesia dari Forum Berbagi Ilmu Indonesia inilah kita bisa banyak belajar apa itu pentingnya rasa peduli, berbagi, dan memahami, dan menandakan kita manusia yang masih memiliki hati. Kita semua sebenarnya berpotensi tapi hanya dibedakan oleh keadaan.

    Melalui Forum Berbagi Ilmu Indonesia kita bisa belajar apa itu arti rasa peduli, berbagi, dan memahami, karena dengan terus belajar kita bisa mengetahui apa yang tidak kita ketahui. Teringat kata-kata seperti “Seseorang yang berhenti belajar adalah orang lanjut usia, meskipun umurnya masih remaja. Seseorang yang tidak pernah berhenti belajar akan selamanya menjadi pemuda".

    Forum Berbagi Ilmu Indonesia memiliki selogan “Berbagi, Terapkan dan Rasakan” setiap kegiatan yang dilakukan oleh para anggota FBII banyak mengandung hal positif. Beberapa kegiatannya adalah mengajar anak-anak yang berada di sekolah-sekolah daerah yang terpencil, berjualan untuk mengumpulkan donasi, seperti menjual buku-buku di car free day yang nantik uangnya akan dibelikan utuk keperluan sekolah. Seperti seragam sekolah dan alat tulis, peduli terhadap lingkungan masyarakat, tingkat kesehatan juga. Selama Ruang Bakti Pendidikan yang berlangsung 3 hari prosesnya tidak hanya mengajar tapi juga membantu masyarakat sekitar, seperti membersihkan musala dan melakukan kegiatan bakti sosial lainnya.

    Forum Berbagi Ilmu Indonesia tempat dimana kita sebagai Volunter bisa belajar banyak dan mempelajari hal yang tidak pernah kita pelajari di bangku sekolah maupun perguruan tinggi, yaitu pentingnya rasa kepedulian terhadap sesama, dan jangan pernah bangga dengan apa yang kamu punya, tapi banggalah tentang apa yang kamu lakukan dengan apa yang kamu punya, dan itu bisa membantu dan bermamfaat untuk sesama. SALAM BERBAGI “Berbagi, Terapkan dan Rasakan”.

    Penulis : Intan Adelsi Chandra dan Dwi Sara Ruslan Rumra
    Mahasiswi Keperawatan Universitas Muhammadiyah Riau

     

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0813 7176 0777
    via EMAIL: redaksi@halloriau.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)

     
    Berita Lainnya :
  • Perayaan Imlek di Rumah Stephen dan Peng Suyoto, Silaturahmi Berjalan dalam Suasana Kekeluargaan
  • Pimpin Apel Jelang Purnabakti, Sekda TS Hamzah Berharap Kinerja dan Kedisiplinan ASN Siak Meningkat
  • Festival Perang Air 2020, Ribuan Warga Kota Selatpanjang Basah Kuyup di Jalanan
  • Penggunaan APBD Diperiksa BPK, Bupati Harris: 7 Kali Berturut-turut Dapat WTP, Kali Ini Jangan Gagal
  • Antisipasi Corona Masuk ke Meranti, Instansi Kesehatan Lintas Sektor Periksa Penumpang di Pelabuhan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Wagubri Buka Pelatihan Jurnalistik Sekolah di SMAN 1 Pekanbaru
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved