Pendidikan
BREAKING NEWS :
Penanganan Covid-19 Riau Difokuskan kepada Enam Daerah
 
Inilah 8 Tahapan Jalur Pendaftaran UTBK SBMPTN 2020
Rabu, 08 Januari 2020 - 15:33:48 WIB
Ilustrasi ujian berbasis komputer
Ilustrasi ujian berbasis komputer

PEKANBARU - Sejak tahun 2019, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saja atau hasil UTBK ditambah dengan kriteria lain ditetapkan bersama PTN.

Dengan kata lain, siswa yang akan mendaftar perguruan tinggi negeri (PTN) melalui SBMPTN harus mengikuti UTBK terlebih dahulu.

"Oleh karena itu informasi mengenai UTBK menjadi bagian yang tak terpisahkan dari SBMPTN,” tulis lama resmi LTMPT yang diterima kompas.com.

Diterangkan lebih lanjut, UTBK merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Sehingga agar bisa mengikuti proses UTBK hingga SMBPTN, siswa perlu membuat akun LTMPT sebagai langkah awal.

Agar siswa tidak terhambat kendala mendaftar UTBK SBMPTN, berikut penjelasan tahapan pendaftaran UTBK 2020 yang perlu diketahui:

Langkah 1: Registrasi akun LTMPT

Setiap siswa yang akan mendaftar SNMPTN, UTBK dan SBMPTN, wajib registrasi LTMPT. Untuk proses registrasi akun UTBK SBMPTN dimulai pada 07 Februari – 05 April 2020 di laman https://portal.ltmpt.ac.id.

Langkah 2: Login
Setelah registrasi akun LTMPT, siswa harus melakukan login menggunakan username atau email dan password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id.

Langkah 3: Verifikasi
Pilih menu ‘Verifikasi dan Validasi Data Siswa’. Lalu, isi biodata, unggah pas foto berwarna paling baru dan verifikasi biodata. Pastikan kamu memiliki pas foto berwarna terbaru dalam bentuk digital, ya.

Langkah 4: Pendaftaran UTBK
Setelah data terisi dan terverifikasi, selanjutnya pilih menu ‘Pendaftaran UTBK’. Di menu ini, siswa diminta untuk mengisi lokasi Pusat UTBK PTN, jenis ujian dan sesi ujian untuk mendapatkan slip pembayaran.

Langkah 5: Bayar UTBK
Telah mendapatkan slip pembayaran? Segera lakukan pembayaran UTBK melalui:
Bank Mandiri
Bank BNI
Bank BTN

Pembayaran harus menggunakan slip pembayaran dan dilakukan paling lambat 1x24 jam setelah slip diterima. Sehingga kamu harus segera menuju bank untuk melakukan pembayaran.

Dilansir dari laman resmi LTMPT, besaran biaya UTBK 2020 yakni:
Kelompok ujian Saintek dan Soshum Rp 200.000
Kelompok ujian Campuran besarnya Rp 300.000

Langkah 6: Login ulang dan cetak kartu
Usai menerima bukti pembayaran sukses dari pihak bank, selanjutnya siswa perlu segara lakukan login ulang ke https://portal.ltmpt.ac.id. Lalu pilih menu ‘Pendaftaran UTBK’ untuk mencetak kartu UTBK. Pastikan cetak kartu degan printer berwara.

Agar kartu tidak rusak, masukkan kartu ke dalam plastik gantungan peserta ujian dan simpan di tempat kering.

Langkah 7: Catat jadwal ujian sesuai jadwal
Selanjutnya siswa harus mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang telah dipilih sebelumnya. Agar tak lupa, baiknya siapkan reminder dari sekarang.

Langkah 8: Siapkan kelengkapan dokumen untuk ujian
Menurut rilis resmi LTMPT, saat ujian peserta juga perlu membawa sejumlah dokumen.

Dokumen yang perlu disiapkan dan dibawa peserta saat ujian UTBK 2020 ialah:

1. Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2018, 2019 membawa ijazah.

2. Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2020 membawa Surat Keterangan Identitas Pelajar dari sekolah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.(*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Dewan Pendidikan Provinsi Riau saat mengadakan pertemuan dengan Dewan Pendidikan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Inhu, terkait pengunduran diri 64 kepala sekolah SMP negeri di Kabupaten Inhu, Riau, Jumat (17/7/2020). Foto: KompasPengundurun Diri 64 Kepala SMP di Inhu, Dewan Pendidikan Riau: Kalau Tak Salah Mengapa Mundur
Penyerahan beasiswa pendidikan ke siswa SMK Bina Profesi.Kepsek SMK Bina Profesi Apresiasi Bantuan Beasiswa Pendidikan Rumah Yatim
Para guru di perusahaan PT EDI Kunto Darussalam, Rohul, jadikan rumah dan tempat bermain anak disulap menjadi sekolah di masa Pademi COVID 19.Di Tengah Pademi COVID 19, Guru di Kawasan PT EDI Beri Pendidikan Berbeda ke Siswa
  IlustrasiPemprov Sudah Serahkan Bansos Pendidikan untuk 1.357 Mahasiswa Miskin di Riau
Suasana Pelatihan Program School Improvement yang diadakan secara online oleh Community Development PT RAPP.Jaga Mutu Pendidikan di tengah Pandemi, Puluhan Guru dan Kepsek di Riau Ikuti Pelatihan Daring
Manager LE Regional Account Management Sumbagteng Telkomsel Ari Irawan pada Seminar Online Dinamika Pendidikan Dalam Era New Normal yang diselenggarakan oleh Universitas Bung Hatta Padang menggunakan layanan video conference CloudX Telkomsel. Telkomsel Dukung Penyesuaian New Normal Dalam Bidang Pendidikan

 
Berita Lainnya :
  • Penanganan Covid-19 Riau Difokuskan kepada Enam Daerah
  • Bawaslu Rohil Pantau Khusus Pemilih di Daerah Perbatasan
  • Mau Beli Mobil LCGC, Toyota Agya atau Honda Brio Satya?
  • Mulai Hari Ini, Tak Pakai Masker Siap-siap Denda Rp 250 Ribu !
  • Resmi Mengaspal Hari Ini, Berapa Harga Toyota Corolla Cross?
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Wagubri Buka Pelatihan Jurnalistik Sekolah di SMAN 1 Pekanbaru
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved