Pendidikan
BREAKING NEWS :
Pembak Kuansing Akan Surati Kementerian Pariwisata Terkait Pelaksanaan Pacu Jalur
 
Tahun Ini Pemprov Riau Bangun Satu Sekolah Baru Pakai Dana APBD
Senin, 06 Januari 2020 - 09:52:49 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar ungkapkan Sub Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pendidikan yang sudah dilakukan pada tahun 2019 dan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020.

"Pembangunan Sub Sumber Daya Manusia bidang pendidikan di tahun 2019 yang lalu adalah sasaran meningkatnya derajat pendidikan masyarakat melalui peningkatan akses aksebilitas dan kualitas pendidikan, dan begitu juga untuk tahun 2020," kata Gubernur Riau Syamsuar, Senin (6/1/2020).

Disebutkan Gubri, pada tahun 2019 yang lalu, ada Bantuan Operasional untuk SMA Negeri sebanyak 297 sekolah dan SMK Negeri ada 122 sekolah, kemudian SLB Negeri sebanyak 17 sekolah.

"Untuk tahun 2020 ini, rencananya Pemprov Riau akan memberi Bantuan Operasional untuk 302 sekolah SMA Negeri, kemudian 124 untuk sekolah SMK Negeri dan 17 sekolah SLB Negeri," jelasnya.

Selain itu, ucap Gubri, untuk pemenuhan ruang kelas baru tahun 2019 untuk SMA negeri/swasta ada 27 sekolah, kemudian SMK negeri/swasta ada 73 sekolah, dan SLB negeri/swasta 10 sekolah.

"Dan untuk rencana 2020 juga akan ada peningkatan yaitu untuk sekolah SMA negeri/swasta ada 66 sekolah, kemudian SMK negeri/swasta ada 57 sekolah dan untuk SLB negeri/swasta ada 2 sekolah, " ujarnya.

Untuk biayanya sendiri ada yang dari APBD dan ada juga sebagian dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Kalau DAK ini biayanya dari kementerian langsung, terang Gubri.

"Selain itu juga ada dua unit pembangunan sekolah baru pada tahun 2019, diantaranya SMA 1 dan SMK 1, sedangkan untuk tahun 2020 ini, akan ada lagi pembangunan satu unit sekolah SMA baru melalui dana APBD," ungkap mantan Bupati Siak dua periode tersebut.

Seterusnya, Ia menyampaikan bahwa nanti akan ada bantuan keuangan kepada kabupaten/kota untuk gaji guru honorer. Ini adalah upaya pemerintah Riau untuk membantu guru honorer sekolah dasar negeri dan SMP negeri sebanyak 3.933 orang, karena banyak guru honorer ini yang gajinya tidak sama masing-masing daerah. Dan ini adalah bentuk dari support kita.

"Seterusnya untuk media pembelajaran komputer pada tahun 2019 yang berkenaan dengan SMA negeri ada 37 sekolah, SMK negeri ada 28 sekolah, dan untuk 2020 SMA negeri ada 77 sekolah dan SMK negeri ada 21 sekolah, untuk biaya SMA akan dibiayai oleh APBD dan DAK pusat sementara untuk SMK di biayai APBD Riau sendiri," tuturnya.

Kemudian, ditambahkannya, untuk pengadaan peralatan praktek produksi untuk tahun 2019 ada 63 sekolah, dan untuk rehab ruang kelas sekolah ada 20 sekolah untuk SMA, SMK ada 2 sekolah dan 2020 ada 67 sekolah, untuk rehab ruang kelas ada 64 sekolah SMA, SMK 4 sekolah dan dibiayai dari APBD Riau.

"Dan untuk pengadaan mobiler tahun 2019 untuk SMA negeri ada 14 sekolah, SMK negeri 68 sekolah sedangkan untuk 2020 untuk SMA negeri ada sebanyak 75 sekolah, SMK negeri sebanyak 14 sekolah, dan ini dibiayai oleh APBD dan DAK pusat," pungkasnya. 

Penulis: Rivo Wijaya
Editor: Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Penyerahan APD untuk Puskesmas di Kota Pekanbaru yaitu Puskesmas​ Plus Sapta Taruna.IPKKI Provinsi Riau Bersama Mahasiswa Kukerta Unri Laksanakan Kegiatan Kerelawanan Covid-19
Relawan SIXNATURE Sekolah Tiggi Ilmu Farmasi (Stifar) Riau Peduli musibah Covid-19 dan salurkan bantuan kepada warga yang terdampak.Sixnature Stifar Riau Lakukan 4 Jilid Kegiatan Sosial di Tengah Pandemi Covid-19
Ilustrasi.Gubri Keluarkan SE; Kelulusan SD, SMP, SMA Sederajat Diumumkan Online Malam Hari
  Zonasi.PPDB Tingkat SD dan SMP di Pekanbaru Masih Terapkan Sistem Zonasi
Dana BOS.Disdik Riau Targetkan Bosda SMA/SMK Swasta Cair Sebelum Lebaran
Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (Hima Persis) Provinsi Riau, Firdaus EfendiHima Persis Riau Desak Pemerintah Peduli Uang Kuliah Mahasiswa Ekonomi Lemah

 
Berita Lainnya :
  • Pembak Kuansing Akan Surati Kementerian Pariwisata Terkait Pelaksanaan Pacu Jalur
  • Kabar Gembira, RSUD Arifin Ahmad Pulangkan Satu Pasien Covid-19 Terakhir Dirawat
  • PPDB Tingkat SD dan SMP Negeri di Pekanbaru Dibuka 1-7 Juli 2020
  • Bobol Karaoke dan Kafe di Pekanbaru, Doyok Diamankan Polisi
  • Besok Citilink Terbang Lagi, Penumpang Cek Kembali Kelengkapan Dokumen
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Wagubri Buka Pelatihan Jurnalistik Sekolah di SMAN 1 Pekanbaru
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved