Pendidikan
BREAKING NEWS :
Catat! New Normal PNS Dimulai 5 Juni
 
Perjuangan Anak Penjual Kue; Lulus dari ITB hingga Jadi Delegasi Kompetisi Internasional
Sabtu, 30 November 2019 - 06:16:52 WIB
Hamzah.
Hamzah.

BOGOR - Kuliah merupakan sebuah keistimewaan bagi sebagian besar rakyat Indonesia, sama seperti yang dirasakan oleh Hamzah Zamzami Mahmud pemuda asal Garut. 

Garut memang terkenal dengan kabupaten yang menghasilkan buruh, tukang pangkas rambut yang tersebar seantero Indonesia, namun Hamzah punya mimpi berbeda dibanding rekan-rekan sebayanya. 

Hamzah ingin kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB), salah satu kampus terbaik di Indonesia. Hamzah bercerita kepada Aza El Munadiyan, Manajer Strategic Partnership dalam sebuah wawancara singkat ketika bertemu di acara wisuda program beasiswa Beastudi Etos-PTTEP  di Hotel Aston Priority TB Simatupang, Minggu 24-11-2019.

Hamzah memulai ceritanya dengan kisah ketika dia sejak mengenyam bangku sekolah dasar. 

“Aku berasal dari ekonomi terbatas. Aku membantu ibu jualan kue di sekolah. Tak ada rasa malu atau minder, ini terpaksa dan harus aku lakukan agar bisa hidup dan terus sekolah. Saking tak adanya uang, aku beberapa kali pergi sekolah hanya membawa uang yang cukup untuk ongkos berangkat saja,” kata Hamzah mengawali ceritanya.

“Ketika berangkat dengan kondisi seperti itu ibu selalu berpesan, tenang dan yakinlah akan pertolongan Allah, Insyaallah Allah pasti membantu hamba-Nya yang penting berangkat sekolah dulu. Dan benar saja, Allah selalu menolong hamba-Nya yang yakin akan kekuasaanya. Ada saja jalan aku bisa kembali pulang ke rumah dengan selamat tanpa kurang suatu apapun,” kenang Hamzah. 

Pengalaman sewaktu menempuh pendidikan dasar membuat Hamzah semakin sadar dan kuat dalam menjalani hidup dan mendaki langkah demi langkah mencapai cita-citanya.

“Perjuangan ketika sekolah yang berjuang untuk hidup, biaya sekolah dibalas oleh Allah dengan kemudahan ketika kuliah. Proses tidak pernah mengecewakan hasil yang diperoleh. Aku berhasil lulus masuk Jurusan Teknik Geologi ITB. Lalu darimana biaya kuliahku? Alhamdulillah ketika kuliah aku memperoleh beasiswa Beastudi Etos Dompet Dhuafa yang bekerjasama dengan perusahaan minyak Thailand, PTTEP. Empat tahun kuliah, segala kebutuhan kuliah dan hidupku dipenuhi oleh pemberi beasiswa tersebut,” jelas Hamzah. 

“Berkat fokus kuliah tanpa memikirkan lagi dari mana biaya hidup dan biaya kuliah, Aku berhasil menjadi delegasi International Geoscience Competition perwakilan ITB di Universitas Malaya, Malaysia. Nilai akademikku pun selalu diatas 3 dari skala 4. Beragam hal yang aku peroleh selama kuliah semua tentu tak lepas dari pertolongan Allah, doa dan semangat dari ibu serta penunjuk jalan dari. Terima kasih Beastudi Etos Dompet Dhuafa dan PTTEP semoga aku bisa membalas segela hal yang telah diberikan, menebarkan kebermanfaatan dan membanggakan bagi semua aamiin," tutup Hamzah.

Hamzah merupakan salah satu alumni penerima manfaat beasiswa Beastudi Etos Dompet Dhuafa – PTTEP. Dompet Dhuafa merupakan lembaga sosial yang menghimpun dan mengelola dana masyarakat. (rilis)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
 Foto bersama pada kegiatan Soft Skill bagi mahasiswa penerima beasiswa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau Tahun Anggaran 2019 - 2020, Senin (3/2/2020) di Universitas Muhammadiyah Riau (Umri).Pemprov Beri Beasiswa kepada 1.325 Mahasiswa se-Riau, Totalnya Rp4, 8 Miliar
Hamzah.Perjuangan Anak Penjual Kue; Lulus dari ITB hingga Jadi Delegasi Kompetisi Internasional
Penyerahan beasiswa untuk siswa dan siswi SMA dan SMK di Pulau Padang dari CD PT RAPP.RAPP Kembali Salurkan Beasiswa kepada 35 Siswa di Dua Kecamatan Kepulauan Meranti
  Foto bersama.Puluhan Siswa Berprestasi di Inhu Terima Beasiswa dari PT TPP
Wagubri Edy Natar Nasution foto bersama dengan penerima beasiswa.Majukan Dunia Pendidikan di Riau, PT RAPP Serahkan Beasiswa bagi Pelajar dan Mahasiswa
Risa SantosoRisa Santoso, Rektor Termuda di Indonesia yang Cantik dan Masih Lajang

 
Berita Lainnya :
  • Catat! New Normal PNS Dimulai 5 Juni
  • Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad Sudah Periksa 3.400 Sampel
  • Hasil Swab Nyatakan Warga Jalan Belanak Meranti Negatif Terpapar Covid-19
  • Sehari Sebelum Peluncuran Bersejarah NASA, Roket SpaceX Meledak
  • DPR Ingatkan Ada Enam Syarat Sebelum Penerapan New Normal, Belum Semua Terpenuhi
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Wagubri Buka Pelatihan Jurnalistik Sekolah di SMAN 1 Pekanbaru
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved