Pendidikan
BREAKING NEWS :
Kapolres Rohul Pimpin Patroli Karhutla di Puncak Ranah
 
Majukan Dunia Pendidikan di Riau, PT RAPP Serahkan Beasiswa bagi Pelajar dan Mahasiswa
Rabu, 27/11/2019 - 17:23:42 WIB
Wagubri Edy Natar Nasution foto bersama dengan penerima beasiswa.
Wagubri Edy Natar Nasution foto bersama dengan penerima beasiswa.
TERKAIT:

PEKANBARU - Wujud dukungan PT Riau Andalan Pulp and Paper (PT RAPP) dalam meningkatkan dunia pendidikan ditandai dengan pemberian beasiswa melalui program Community Development (CD) kepada pelajar dan mahasiswa yang ada di Riau.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution saat memberikan sambutan pada acara serah terima bantuan beasiswa tingkat perguruan tinggi dan SLTA program pendidikan Community Development (CD) PT RAPP, Rabu (27/11/2019).

Ia mengatakan masalah pendidikan ini telah menjadi persoalan mendasar di bumi melayu Riau ini.

"Untuk itu saya atas nama Pemerintah Provinsi Riau dan masyarakat menyampaikan ucapan Terima kasih yang setulus-tulusnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kepedulian RAPP kepada Riau," ujar Wagubri dikutip dari Cakaplah.

Ia mengatakan program beasiswa dari RAPP ini diperuntukkan bagi mahasiswa ataupun pelajar dari keluarga yang kurang beruntung dari segi ekonominya.

"Program beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan akses pendidikan masyarakat khususnya yang berasal dari keluarga kurang beruntung. Sehingga diharapkan dapat menurunkan angka putus sekolah di tingkat Sekolah Menengah dan Perguruan Tinggi," ucapnya.


Penyerahan beasiswa RAPP ini selain sebagai langkah konkrit memajukan pendidikan di Riau, juga sangat sejalan dan bersinergi dengan langkah-langkah yang diambil oleh Pemerintah Provinsi Riau melalui kebijakan untuk memajukan pendidikan di Riau terutama dalam mengejar ketertinggalan Provinsi Riau di bidang pendidikan.

"Sektor pendidikan menjadi perhatian khusus dalam program Pemberdayaan Masyarakat atau Community Development PT. RAPP, karena pendidikan merupakan dasar untuk pengembangan Sumber Daya Manusia. Oleh karena itu program pendidikan pada tahap ini merupakan ruang strategis yang harus diperhatikan semua pihak termasuk pihak swasta," ungkapnya.

Pemprov Riau memandang upaya yang yang dilakukan RAPP ini apabila dilakukan oleh semua atau sebahagian besar perusahaan yang ada di Riau, maka tentu ini sebuah misi yang sangat positif demi terwujud generasi muda Riau yang berkualitas dan handal di masa depan.

"Dan tentunya besar pula manfaatnya bagi suksesnya pembangunan yang kita jalankan secara berkelanjutan saat ini, dalam rangka menuju terwujudnya masyarakat Riau yang sejahtera lahir dan batin. Sebagaimana tujuan dari pembangunan yang kita laksanakan saat ini sebagaimana visi Riau tahun 2025," ucapnya.

Pada kesempatan ini Wagubri juga menyampaikan kepada mahasiswa dan pelajar SMA/SMK agar dapat memanfaatkan bantuan pendidikan ini untuk meniti prestasi menjadi insan cerdas dan berkarakter.

"Semoga ke depannya mahasiswa dan pelajar SMA/SMK kita akan menjadi pemimpin negeri tercinta ini. Dengan kecerdasan dan karakter berbudi baik, pastinya akan mampu memberikan sumbangsih untuk kemajuan negeri kita menjadi negeri yang maju dan bermartabat. Belajarlah dengan serius dan tinggalkanlah aktivitas yang tidak ada sumbangsihnya untuk kemajuan diri menjadi manusia terbaik yang mampu membahagiakan keluarga dan negeri ini," terangnya.

"Harapan kita juga agar ini bisa ditingkatkan untuk masa yang akan datang baik kuantitas maupun kualitasnya sehingga beban Pemprov Riau dalam mendorong dan meningkatkan SDM di negeri ini dapat terbantu dan lebih ringan," pungkasnya.

RAPP Salurkan 5.042 Beasiswa

PT RAPP menyerahkan beasiswa kepada mahasiswa dari Perguruan Tinggi dan juga siswa SMA/SMK dari 5 Kabupaten yang ada di Provinsi Riau.

Penyerahan beasiswa secara simbolis diserahkan oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution dan juga Direktur PT RAPP, Rudi Fajar.

Direktur PT RAPP, Rudi Fajar dalam sambutannya mengatakan, PT RAPP telah memberikan beasiswa sejak tahun 1999 di lima daerah operasional, yakni Kabupaten Pelalawan, Siak Sri Indrapura, Kuantan Singingi, Kampar dan Kepulauan Meranti. Total beasiswa sudah diberikan kepada 5.042 pelajar dan juga mahasiswa.

"Untuk tahun ini terdapat 120 penerima beasiswa tingkat Perguruan Tinggi, sebanyak 94 mahasiswa diantaranya merupakan penerima beasiswa lanjutan. Sedangkan dari 300 penerima beasiswa tingkat SMA/SMK tahun ini, sebanyak 140 siswa adalah penerima beasiswa lanjutan. Para penerima beasiswa lanjutan ini merupakan mahasiswa atau siswa yang mampu mempertahankan prestasi mereka sehingga berhasil mendapatkan beasiswa secara berkelanjutan," ujar Rudi Fajar.

Rudi menyampaikan program beasiswa pendidikan merupakan investasi pengembangan sumber daya manusia, sehingga generasi penerus dapat memiliki pengetahuan yang luas dan ketrampilan yang memadai sebagai modal untuk menatap masa depan sekaligus memajukan kehidupan bangsa.

"Dalam mensukseskan program ini kita tidak bekerja sendirian, tapi juga berkolaborasi dengan pihak pemerintah seperti pemerintah desa dan sekolah untuk mencari siswa yang benar-benar membutuhkan bantuan untuk menunjang pendidikan mereka, sekaligus meningkatkan prestasi belajar," ungkapnya.

Program beasiswa pendidikan merupakan kontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya pada tujuan nomor empat, yakni menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat.

"Program beasiswa ini menjadi salah satu program unggulan. Dengan adanya beasiswa, kami mendukung upaya pemerintah meningkatkan akses pendidikan. Perusahaan tidak ingin para siswa yang berdomisili di sekitar daerah operasional putus sekolah," jelasnya.

"Dengan pemberian beasiswa ini, diharapkan mereka dapat meningkatkan taraf hidup mereka dan bisa bermanfaat bagi orang lain," imbuhnya. (*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Kapolres Rohul Pimpin Patroli Karhutla di Puncak Ranah
  • Pembunuh Nomor Satu di Dunia, Penyakit Jantung Dapat Dicegah dengan Terapkan Pola Hidup Sehat
  • 100 Pelamar CPNS Belum Ambil Kartu Ujian, BKPSDM Dumai Beri Waktu hingga Akhir Januari
  • Polres Pelalawan Terima Penghargaan dari DJBC Riau
  • Dihadiri Bupati, Pemkab Pelalawan Gelar Rakor Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Wagubri Buka Pelatihan Jurnalistik Sekolah di SMAN 1 Pekanbaru
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved