Pendidikan
BREAKING NEWS :
Pemko Pekanbaru Kucurkan Zakat Profesi Guru dan ASN Disdik
 
Apresiasi Guru, KOMED Gelar Lomba Cipta Media Pembelajaran Nasional
Minggu, 17 November 2019 - 10:52:29 WIB
KOMED  mengadakan Lomba Cipta Media Pembelajaran Nasional yang dilaksanakan pada Sabtu (16/11) di Lembaga Pengembangan Insani (LPI) Dompet Dhuafa Pendidikan.
KOMED mengadakan Lomba Cipta Media Pembelajaran Nasional yang dilaksanakan pada Sabtu (16/11) di Lembaga Pengembangan Insani (LPI) Dompet Dhuafa Pendidikan.

JAKARTA - Menarik minat siswa agar tak jenuh belajar di dalam kelas bukanlah hal mudah, dibutuhkan ketelatenan juga kreativitas. Sebab itulah seorang guru dituntut mampu menciptakan atmosfir serta memancing pemahaman siswa selama Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. 

Media pembelajaran diyakini tak hanya membuat KBM terasa menyenangkan, tetapi juga dapat membantu guru melihat kelebihan siswa. Hanya saja tak semua guru mendapatkan dorongan untuk memanfaatkan media pembelajaran, seharusnya ini menjadi keresahan  tersendiri bagi sekolah karena jika hanya sekadar memikirkan materi yang akan disampaikan dan tidak memikirkan pemahaman muridnya maka KBM tak akan maksimal.

Komunitas Guru Media Pembelajaran (KOMED) menjawab keresahan para guru dengan memberikan pelatihan, lokakarya, pembelajaran daring (online), dan riset media pembelajaran guna meningkatkan keterampilan menciptakan inovasi  pendukung menuntasan masalah KBM di sekolah masing-masing. Terbentuk sejak 2014 KOMED telah menelurkan guru-guru produktif serta kreatif di Malang, Bandung, Yogyakarta, Banten, Jabodebek, Indragiri Hulu, dan Lampung. 

Sebagai bentuk apresiasi terhadap karya dan kreativitas para guru, KOMED  mengadakan Lomba Cipta Media Pembelajaran Nasional yang dilaksanakan pada Sabtu (16/11) di Lembaga Pengembangan Insani (LPI) Dompet Dhuafa Pendidikan dan empat wilayah lain dengan waktu pararel, 50 tim dari PAUD/SD se-Indonesia siap unjuk gigi memamerkan media pembelajaran andalan mereka. Selama kurang lebih dua jam para peserta akan membuat ragam media pembelajaran seperti board game, APE, flash card, dan media sederhana/digital.

“Hasil karya para guru harus bermanfaat untuk guru lainnya, terutama guru di daerah 3T,” ujar Nurul, Supervisor KOMED. 

“Meski sederhana, tapi kami ingin ketika membuat media pembelajaran para peserta membuat Rencana Pembuatan Media Pembelajaran (RPMP) secara sistematis dengan bahasa yang mudah dimengerti, sesuai prinsip ACTTION (Acces, Cost, Target, Technology, Interactive, Organization dan Novelty), dan nantinya media pembelajaran yang dibuat akan dipresentasikan di depan juri. Dengan skala nasional kami ingin para peserta lebih serius membuat media pembelajaran,” tambahnya.

Menurut Nurul gelaran ini akan rutin diadakan setahun sekali agar para guru semakin kreatif membuat media pembelajaran sesuai kebutuhan. 

“Kreativitas harus bisa mendorong dan memotivasi guru memperbaiki kualitas pengajaran melalui media pembelajaran, media pembelajaran merupakan alternatif murah untuk mengubah wajah pendidikan di Indonesia,” tandasnya. (rilis)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Suasana Pelatihan Program School Improvement yang diadakan secara online oleh Community Development PT RAPP.Jaga Mutu Pendidikan di tengah Pandemi, Puluhan Guru dan Kepsek di Riau Ikuti Pelatihan Daring
Para guru di perusahaan PT EDI Kunto Darussalam, Rohul, jadikan rumah dan tempat bermain anak disulap menjadi sekolah di masa Pademi COVID 19.Di Tengah Pademi COVID 19, Guru di Kawasan PT EDI Beri Pendidikan Berbeda ke Siswa
Foto bersamaHari Pertama Guru ke Sekolah, Kadisdikbud Rohil Tinjau SDN 011 Parit Aman
  Plt Kadisdik Pelalawan, M. ZalalDisdik Pelalawan Putuskan Perpanjang Libur Siswa, Kenaikan Siswa Disampaikan Via Online
IlustrasiKelulusan SMP di Pekanbaru Diumumkan Sore Ini, Siswa Dilarang ke Sekolah
 Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pekanbaru Abdul Jamal.Kelulusan Siswa SMP di Pekanbaru Bakal Diumumkan Secara Online

 
Berita Lainnya :
  • Pemko Pekanbaru Kucurkan Zakat Profesi Guru dan ASN Disdik
  • Peduli Wong Cilik, DPC PDI Perjuangan Inhu Jenguk Widi Penderita Penyakit Kulit
  • Tak Kantongi Izin Pemko Pekanbaru, Layanan Rapid Test Kimia Farma di Bandara SSK II Dihentikan
  • Brio Laku Keras, Kontribusi 53 Persen, Penjualan Honda Naik 93 Persen Per Juni 2020
  • Pendaftar Webinar Komunikasi Kesehatan Lebih 500 Peserta
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Wagubri Buka Pelatihan Jurnalistik Sekolah di SMAN 1 Pekanbaru
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved