Pendidikan
BREAKING NEWS :
Polri Tetapkan 5 Tersangka Korporasi Kasus Karhutla, Ini Nama Perusahaannya
 
Mahasiswa Kukerta UR Ajarkan Warga Desa Tanjung Gadai Olah Ikan Debuk Jadi Siomay dan Es Krim Sagu
Rabu, 21/08/2019 - 13:31:21 WIB
Pelatihan bagi warga Tanjung Gadai Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Kepulauan Meranti dalam mengolah ikan Debuk menjadi siomay dan es krim dari sagu.
Pelatihan bagi warga Tanjung Gadai Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Kepulauan Meranti dalam mengolah ikan Debuk menjadi siomay dan es krim dari sagu.
TERKAIT:
 
  • Mahasiswa Kukerta UR Ajarkan Warga Desa Tanjung Gadai Olah Ikan Debuk Jadi Siomay dan Es Krim Sagu
  •  

    SELATPANJANG - Pengembangan potensi desa dalam hal meningkatkan ekonomi kreatif dilakukan oleh mahasiswa Universitas Riau (UR) saat melakukan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta).

    Mereka membuat pelatihan bagi warga Tanjung Gadai Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Kepulauan Meranti dalam mengolah ikan Debuk menjadi siomay dan es krim dari sagu.

    Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Desa Tanjung Gadai dihadiri langsung oleh Kepala Desa Tanjung Gadai, Rasyid, Koordinator mahasiswa, Azizul Hakim, beserta ibu-ibu PKK.

    Sebagian besar masyarakat Desa Tanjung Gadai memiliki mata pencaharian sebagai nelayan dan hasil tangkapan yang mudah ditemui di Desa Tanjung Gadai adalah ikan Debuk. Melihat potensi Desa Tanjung Gadai itu, mahasiswa Kukerta UR menciptakan hasil olahan ikan Debuk yang bernilai ekonomis.

    Selain itu, Kepulauan Meranti yang menjadi daerah penghasil sagu terbesar di Indonesia juga membuat mahasiswa ini menemukan inovasi baru.

    “Pelatihan pengolahan siomay ikan Debuk ini dilakukan karena melihat banyaknya potensi ikan Debuk disini, namun hanya dijadikan bahan masakan dan tidak ada alternatif lain untuk mengembangkannya secara lebih maksimal, dengan mengolah ikan Debuk menjadi siomay nantinya semoga dapat menjadi nilai jual untuk masyarakat yang mengembangkannya, kami dari mahasiswa siap mendukung," jelas Azizul Hakim selaku Koordinator Desa Mahasiswa Kukerta Desa Tanjung Gadai.

    Azizul juga mengungkapkan bahwa  masyarakat sangat antusias terhadap kegiatan yang dilaksanakan pada 7 Agustus 2019 kemarin.

    "Dengan kegiatan ini diharapkan ke depannya bisa menumbuhkan semangat masyarakat Desa Tanjung Gadai untuk lebih kreatif lagi karena di Desa ini sangat banyak potensi yang dapat diolah oleh masyarakat desa ini sendiri. Dan kedepannya bisa di promosikan ke luar Desa Tanjung Gadai," ungkapnya, Selasa (20/8/2019).

    Kepala Desa Tanjung Gadai, Rasyid menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh para Mahasiswa Kukerta tersebut.

    "Kalau kita lihat dari segi kegiatan anak-anak Unri di Desa Tanjung Gadai tentang ekonomi kreatif saya sangat mendukung program ini untuk kedepan. Karena mengapa demikian kita sangat mengharapkan kepada putra-putri Desa Tanjung Gadai bisa menambah penghasilan yang ada di Desa Tanjung Gadai, saya sangat antusias untuk program inovasi di desa ini," ungkap Rasyid.

    Kepala Desa Tanjung Gadai itu juga mengatakan bahwa ilmu yang dibagikan oleh mahasiswa kepada ibu-ibu PKK diharapkan dapat dipelajari lebih lanjut agar kedepannya dapat menghasilkan suatu produk yang bernilai jual. Nantinya produk itu akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

    Kedepannya kata Rasyid, pihaknya juga akan mendorong kegiatan yang ada di Desa Tanjung Gadai apalagi di desa tersebut banyak sekali terdapat sumber daya alam seperti Sagu, Kelapa dan Karet.

    "Sagu merupakan penghasilan utama di Kabupaten Kepulauan Meranti, selain itu juga ada terdapat banyak ikan di sini. Mungkin kali ini ikan debuk, kedepannya diharapkan terdapat jenis olahan lainnya yang bisa dibuat oleh putra-putri desa ini tentunya menambah PAD sesa dan sangat menunjang ekonomi masyarakat," ujarnya.

    Selanjutnya kata Rasyid, pihaknya akan melakukan bimbingan-bimbingan terhadap pemuda-pemudi di Desa Tanjung Gadai tentang pentingnya ekonomi kreatif.

    "Kami juga akan membuka lapangan pekerjaan untuk pemuda-pemudi agar bisa berkreasi dan berinovasi untuk Desa Tanjung Gadai yang lebih baik lagi kedepannya," pungkasnya.

    Sementara itu, Sekretaris PKK Rohayati, mengungkapkan hal yang sama, menurutnya kegiatan yang bagus dan bisa menambah ilmu untuk ibu-ibu PKK dan sangat bermanfaat.

    “InshaAllah apa yang disampaikan oleh mahasiswa akan kami kembangkan dan terimakasih kami ucapkan kepada mahasiswa karena dengan adanya workshop ini, kami yang awalnya tidak bisa, Alhamdulillah nantinya kami akan bisa,” kata Rohayati.

    Dalam kesempatan itu, Ratih selaku pemudi saat kegiatan sempat diajukan pertanyakan terkait bagaimana rasa dari eskrim sagu dan siomay ikan debuk.

    "Secara keseluruhan, rasanya sudah enak namun tadi karena kita belum menggunakan es, jadi alangkah lebih enak lagi kalau pakai es. Untuk siomay ikan debuk sudah enak juga, namun menurut selera saya tekstur siomay nya agak terlalu kenyal tapi sudah enak," paparnya.

    Penulis: Ali Imroen
    Editor : Yusni Fatimah





    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0813 7176 0777
    via EMAIL: redaksi@halloriau.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)

     
    Berita Lainnya :
  • Polri Tetapkan 5 Tersangka Korporasi Kasus Karhutla, Ini Nama Perusahaannya
  • Lebih Kurang 60 Hektar Lahan di Desa Setiang Pucuk Rantau Kuansing Terbakar
  • Dukung Pengamanan Daerah Perbatasan, XL Axiata - Bakamla Bangun “Desa Maritim” di Asahan
  • PMD Bengkalis Sosialisasikan Pilkades Serentak di Wonosari
  • PT Alfa Scorpii Bagikan Masker untuk Pengguna Jalan di Depan Kantor
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Wagubri Buka Pelatihan Jurnalistik Sekolah di SMAN 1 Pekanbaru
     
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved