Pendidikan
BREAKING NEWS :
Fasilitas di Ruang Isolasi BLK Meranti Tidak Memadai, Ini Kata Jubir Gugus Tugas
 
Explore Palembang; Kunjungan Industri Teknik Kimia UR
Rabu, 12 Juni 2019 - 14:57:50 WIB
Kunjungan Industri (KI) Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Riau (UR).
Kunjungan Industri (KI) Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Riau (UR).

PEKANBARU-Kunjungan Industri (KI) adalah kegiatan tahunan yang ditaja oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Riau (UR) dengan tujuan meningkatkan pemahaman tentang proses dan alat industri sekaligus menjalin hubungan kerjasama antara UR dengan Industri yang dikunjungi.

Pada tahun ini, Mahasiswa Teknik Kimia berkunjung ke Provinsi Palembang. Kegiatan Study Tour kali ini dinamai ‘Explore Palembang’. Explore Palembang dilakukan pada tanggal 10-14 Januari 2019.

Mahasiswa dan Dosen  melakukan perjalanan menuju Kota Palembang menggunakan bus pariwisata, tempat pertama yang dikunjungi adalah Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin 1. Masjid yang dibuat dengan 3 jenis arsitektur berbeda yaitu Indonesia, China dan Eropa merupakan Masjid terbesar di Palembang. 

Selanjutnya kunjungan dilakukan ke Pulau Kemaro, sebuah Delta kecil di Sungai Musi, terletak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera. Pulau Kemaro terletak di daerah industri, yaitu di antara PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang dan Pertamina Plaju. Perjalanan dilanjutkan menuju Stadion Gelora Sriwijaya atau lebih dikenal dengan Stadion Jakabaring.

Stadion bertaraf internasional ini merupakan stadion multifungsi terbesar ketiga di Indonesia setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Stadion Utama Palaran.

Setelah mengunjungi beberapa ikon terbaik Kota Palembang. Rombongan Teknik Kimia UNRI mengunjungi PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang (PUSRI) untuk mempelajari tentang proses pembuatan pupuk Sriwidjaja Palembang. Materi disampaikan langsung oleh Bapak Riezky N. Vsema selaku Dept. Randel Pusri dan disambut antusias oleh seluruh Mahasiswa dan Dosen Teknik Kimia UR. Informasi detail yang disampaikan sangat bermanfaat dan menambah wawasan.

Kegiatan selanjutnya adalah tour pabrik PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang yang sangat berkesan. Rombongan Teknik Kimia UR diberi kesempatan untuk melakukan tour proses pembuatan pupuk sekaligus diskusi antara mahasiswa dan pihak PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang.

Produk utama dari pabrik ini adalah Urea, Amonia, dan NPK Fusion. Pupuk Urea adalah pupuk kimia mengandung Nitrogen (N) berkadar tinggi. Unsur Nitrogen merupakan zat hara yang sangat diperlukan tanaman. Pupuk urea berbentuk butir-butir kristal berwarna putih.

Proses pembuatan Urea dibuat dengan bahan baku gas CO2 dan liquid NH3 yang disupply dari Pabrik Amonia. Proses pembuatan Urea tersebut dibagi menjadi 6 unit, yaitu: Sintesa, Purifikasi, Kristaliser, Prilling, Recovery dan Proses Kondensat Treatment.

Amonia adalah senyawa kimia berupa gas yang berbau tajam. Pabrik Amonia PT Pusri Palembang ialah pabrik yang menghasilkan ammonia sebagai hasil utama dan carbon dioxide sebagai hasil samping. Bahan baku pembuatan amonia adalah gas bumi yang dengan komposisi utama metana (CH4) sekitar 70% dan Karbon dioksida (CO2) sekitar 10%. Steam atau uap air diperoleh dari air Sungai Musi setelah mengalami suatu proses pengolahan tertentu di Pabrik Utilitas.

Pupuk NPK adalah pupuk majemuk yang mengandung unsur hara N (Nitrogen), P (Phospat), dan K (Kalium) yang sangat berguna untuk tanaman. Bahan baku utama yang digunakan adalah urea produksi Pusri, Rock Phosphate, dan KCl. Keunggulan teknologi Pabrik NPK Fusion adalah fleksibilitas untuk dapat memproduksi berbagai macam formula dengan biaya investasi yang rendah.

Setelah berdiskusi dan mengexplore PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, selanjutnya rombongan melanjutkan kunjungan ke Universitas Sriwijaya dan disambut di Ruang Dekanat Fakultas Teknik UNSRI.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan hubungan kerjasama antara Pihak Universitas Sriwijaya dan Universitas Riau. Rombongan Teknik Kimia UR disambut oleh Wakil Dekan III Fakultas Teknik UNSRI oleh Bapak Ir. H. Hairul Alwani. HA, MT. Dilanjutkan dengan ucapan terima kasih dari Ibu Komalasari, ST, MT selaku Dosen Pembimbing Kunjungan Industri Teknik Kimia 2019. (rilis)

Penulis : Nada Zulmy Mayora (Mahasiswa UR)




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Pembukaan Olimpiade Ekonomi ke-8.475 Siswa-siswi SMP hingga SMA Sederajat se-Riau Bertanding di Olimpiade Ekonomi ke-8
Acara Bulan Bahasa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau (UR)782 Peserta Bersaing di Perlombaan Bulan Bahasa PBSI FKIP UR
Pelatihan bagi warga Tanjung Gadai Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Kepulauan Meranti dalam mengolah ikan Debuk menjadi siomay dan es krim dari sagu.Mahasiswa Kukerta UR Ajarkan Warga Desa Tanjung Gadai Olah Ikan Debuk Jadi Siomay dan Es Krim Sagu
  Penguatan Pre-Service Training di FK UR.BKKBN Masukkan Pre Service Training ke Kurikulum Fakultas Kedokteran UR
Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) 1 mahasiswa baru Pendidikan Kimia angkatan 2019 tajaan Himaprostpek Universitas Riau (UR).LKTD 1 Himaprostpek UR Wujudkan Generasi Millenial sebagai Pemimpin Berkarakter dan Bertanggung Jawab
 Mahasiswa Tematik Universitas Riau (UR) tampak bekerjasama dengan masyarakat sebagai bagian dari Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) di Desa Bantan Sari Kecamatan BantanKukerta di Bantan Sari, Mahasiswa Tematik UR Berbaur dengan Masyarakat

 
Berita Lainnya :
  • Fasilitas di Ruang Isolasi BLK Meranti Tidak Memadai, Ini Kata Jubir Gugus Tugas
  • Ketua DPRD Siak Dukung Bupati Pangkas Anggaran OPD Demi Penanganan Corona
  • Hari Pertama Ngantor, Sekda Inhu: Kehadiran ASN di Atas 95 Persen
  • Alhamdulillah, 3 Pasien Positif Covid-19 Bengkalis Dinyatakan Sembuh
  • Wakil Bupati Said Hasyim Kunjungi Rumah Warga yang Terbakar di Malam Lebaran
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Wagubri Buka Pelatihan Jurnalistik Sekolah di SMAN 1 Pekanbaru
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved