www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Dapat Bantuan Rumah Layak Huni, Korban Longsor Inhil Menolak Direlokasi
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Pj Gubri Hadiri Rapat Dukungan Pilkada Serentak 2024, Mendagri Beri 8 Arahan Ini
Kamis, 20 Juni 2024 - 18:59:12 WIB

PEKANBARU - Penjabat (Pj) Gubernur Riau, SF Hariyanto, mengikuti rapat fasilitasi dan koordinasi dukungan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 secara virtual yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Acara tersebut dilangsungkan di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi dan dihadiri oleh seluruh kepala daerah se-Indonesia. Pj Gubernur Riau hadir bersama Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kaban Kesbangpol) Provinsi Riau, Jenri Salmon Ginting, dan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Provinsi Riau, John Armedi Pinem.

Mendagri Tito Karnavian dalam rapat tersebut memberikan delapan arahan penting kepada para penjabat kepala daerah. Salah satu poin utama adalah mematuhi tugas dan wewenang sebagai Penjabat Kepala Daerah dan membangun sinergi antara semua elemen pendukung Pilkada.

Tito menekankan pentingnya kolaborasi antara Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Pemerintah Pusat dan Daerah, TNI-Polri, partai politik, pasangan calon, media, dan masyarakat demi kesuksesan Pilkada Serentak 2024.

"Kerja sama yang kuat antara KPU, Bawaslu, pemerintah, TNI-Polri, partai politik, media, dan masyarakat adalah kunci keberhasilan Pilkada Serentak 2024," ujar Tito Karnavian.

Tito juga menekankan bahwa para penjabat kepala daerah yang berniat mencalonkan diri sebagai gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota, atau wakil wali kota harus memenuhi syarat yang ditetapkan, termasuk tidak berstatus sebagai Pj Gubernur, Pj Bupati, atau Pj Wali Kota.

Selain itu, mereka harus mengajukan pengunduran diri kepada Mendagri selambat-lambatnya 40 hari sebelum tanggal pendaftaran pasangan calon dan tidak terlibat dalam tindakan pidana.

"Penjabat kepala daerah yang ingin mencalonkan diri harus segera mengurus administrasi pengunduran dirinya kepada Mendagri dan menjaga perilaku yang bersih dari tindakan pidana," tambah Tito dikutip dari MC.Riau.

Arahan lainnya mencakup pentingnya realisasi anggaran hibah untuk Pilkada Serentak 2024 dan menjaga netralitas serta kondusifitas dengan tidak berpihak pada salah satu partai politik atau pasangan calon.

Tito juga meminta agar penjabat kepala daerah memberikan dukungan sarana dan prasarana kepada KPU Daerah dan Bawaslu Daerah, serta memberdayakan sumber daya manusia seperti Satlinmas dan Satpol PP untuk menjaga ketertiban Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dengan arahan tersebut, diharapkan Pilkada Serentak 2024 dapat berlangsung dengan lancar, aman, dan demokratis, mencerminkan komitmen pemerintah dalam menjaga proses demokrasi yang sehat di Indonesia. (*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Pj Bupati Inhil, Herman.(foto: sri/halloriau.com)Dapat Bantuan Rumah Layak Huni, Korban Longsor Inhil Menolak Direlokasi
Ilustrasi harga emas Antam di Pekanbaru masih stagnan hari ini (foto/int)Harga Emas Antam di Pekanbaru Masih Stagnan, Ada Potensi Melonjak?
Titik panas di Riau hari ini yang tertinggi di Sumatera.(ilustrasi/int)Curah Hujan Menurun, Riau Menyala dengan 27 Titik Panas Pagi ini
Ketua Bawaslu, Syamsurizal saat hadiri Rakornas di Medan.Mantabkan Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2024 Wilayah Sumatera
Kasat Reskrim Polres Kepulauan Meranti, Iptu. Yhon Mabel, S.Tr.K., S.I.K., M.H.Kasat Reskrim Polres Kepulauan Meranti Datangi Desa Tanjung Peranap
  Tersangka AM dan MT saat diamankan di Mapolsek Peranap.(foto: andri/halloriau.com)Polsek Peranap Ringkus 2 Pengedar Sabu
Bupati Pelalawan, Zukri Misran saat hadiri magrib mengaji di Komplek Townsite II RAPP.(foto: andi/halloriau.com)Hadiri Magrib Mengaji di Townsite II RAPP, Ini Kata Bupati Pelalawan
Riau cerah hari ini.(ilustrasi/int)Prakiraan Cuaca Riau: Hujan Ringan di Beberapa Wilayah, Suhu 34°C
Anggota Bawaslu Kepulauan Meranti Rio Andika, M.Pd dan M. Hafit, S.Sos saat menyampaikan hasil pengawasan coklit pada Rakor Evaluasi Pengawasan Coklit Daftar Pemilih di Bawaslu Provinsi Riau.Koordinasi Inten Dalam Pengawasan Coklit Pilkada Serentak 2024
Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti, Syamsurizal MIP.Jelang PSU, Ini Strategi Bawaslu Meranti untuk Cegah Pelanggaran
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved